Kolom Pencarian...

14 Cara Agar Smartphone Tidak Cepat Rusak (Terawat)


14 Cara Agar Smartphone Tidak Cepat Rusak (Terawat) - Smartphone atau ponsel pintar kini sudah hampir dimiliki oleh semua orang dari berbagai kalangan dan juga dari berbagai umur, seperti kita ketahui sendiri smartphone atau ponsel pintar memang menjadi salah satu perangkat komunukasi yang sekaligus memberikan fasilitas yang sangat lengkap sekali untuk kebutuhan kita sehari – hari. Fitur – fitur yang di berikan oleh sebuah smartphone di bantu dengan hadirnya beberapa aplikasi salah satunya adalah sosial media, dimana dengan adanya sosial media kitabisa berinteraksi dengan orang yang jaraknya sangat jauh sekalipun.

Terlepas dari kecanggihkan sebuah smartphone yang hadir di masa sekarang ini, tetap saja sebuah smartphone adalah teknologi yang di buat oleh manusia yang memiliki usia atau masa yang akan berakhirnya smartphone tersebut. Walaupun suatu saat nanti smartphone yang kita gunakan ini akan rusak dan akan mati total, tentu saja kita bisa merawatnya terlebih dahulu agar usia yang dimiliki oleh smartphone kita sendiri bisa jauh lebih panjang jika benar – benar kita mengurusnya.

Pada pembahasan kali ini serbaCARA.com akan memberikan ulasan mengenai cara merawat sebuah smartphone yang di gunakan oleh kita semuanya, dan dengan cara merawat smartphone kita sendiri semoga saja kerusakan sistem atau yang lainya akan terhindar dari smartphone kita sendiri. Berikut beberapa ulasan dari kami untuk merawat smartphone agar tidak cepat rusak.

Cara Agar Ponselmu Tidak Cepat Rusak

1. Gunakan Charge & Baterai Original
Smartphone yang kita gunakan ini bisa di katakan adalah smartphone yang sangat kuat sekali, bagaimana tidak bisa di katakan smartphone kita ini aktif 24 jam tiada henti tanpa adanya tindakan dari kita untuk mematikanya. Hasil dari seringnya di gunakan tentu akan mempercepat habisnya daya baterai dari smartphone kita sendiri, dan tentu kita akan melakukan charging atau pengisian daya agar smartphone kita bisa menyala lebih lama lagi.

14 Cara Agar Smartphone Tidak Cepat Rusak (Terawat)

Berjalanya waktu biasanya sebuah baterai dan juga charge akan mengalami kerusakan jika terus – terusan di gunakan, dan ketika anda mengelami hal ini janganlah membeli sebuah charge atau baterai yang memiliki kualitas KW atau KW super sekalipun. Menggunakan baterai dan juga charge yang bukan original tentunya akan membahayakan smartphone anda sendiri salah satu dampak yang akan di rasakan adalah smartphone anda akan lebih cepat panas dan akan merusak hardware – hardware smartphone anda sendiri secara perlahan. Selain itu juga beresiko ponsel meledak jika menggunakan charger yang salah. Baca juga untuk mengetahui Ciri-ciri Baterai Smartphone yang Harus Diganti.

Hal ini bisa saja terjadi yang di sebabkan dari watt yang dimiliki oleh charge dan juga baterai yang KW tersebut, dimana watt tersebut tidak cocok untuk di gunakan oleh smartphone anda sendiri. Saran dari kami belilah baterai dan juga charge original di toko online terkemuka, biasanya tersedia di lazada, bukalapak, dan juga tokopedia.


2. Memakai Smartphone Ketika Di Charge
Yang kedua adalah anda harus menghindari pemakaian smartphone yang berlebihan ketika posisi smartphone anda dalam kondisi di charge (entah itu langsung dari listrik atau menggunakan powerbank), kalau dalam kondisi pengisian daya baterai cukup menggunakan samrtphone anda sewajarnya saja dan tidak di rekomendasikan untuk melakukan permainan game dan lain sebagainya.

14 Cara Agar Smartphone Tidak Cepat Rusak (Terawat)

Kenapa hal ini harus anda hindari, karena jika terus – terusan anda lakukan hal seperti ini maka secara perlahan baterai anda akan mengembung karena arus keluar dan masuknya daya baterai tidak beraturan. Dampak yang akan terasa pertama adalah smartphone anda akan terasa lebih cepat panas, dan yang lebih parah lagi adalah smartphone anda akan meledak pada saat itu juga. Jadi sayangilah kesehatan smartphone anda, dan yang lebih penting sayangilah kesehatan anda sendiri sebelum hal yang tidak di inginkan terjadi. Baca Juga: 8 Hal Sepele dan Dianggap Biasa Saja ini Ternyata Dapat Merusak Smartphone Lebih Cepat


3. Membersihkan Debu atau Kotoran
Sebagian pegguna smartphone nampaknya tidak terlalu mementingkan debu atau kotoran yang menempel di smartphonenya, karena banyak sekali pengguna smartphone yang menganggap hal ini adalah hal yang biasa saja dan tidak akan membahayakan smartphonenya sendiri. Banyaknya kotoran atau debu yang menempel di smartphone anda sebenarnya akan menyebabkan overheating atau panas, karena sebenarnya smartphone sudah di desain khusus untuk memiliki sebuah ventilasi udara yang berfungsi untuk mengatur keluar masuknya udara.

14 Cara Agar Smartphone Tidak Cepat Rusak (Terawat)

Silahkan anda dalam waktu 1 bulan sekali atau 1 bulan 2x melakukan pembersihan samrtphone anda dari kotoran yang menempel dan juga dari debu – debu yang membandel. Cara membersihkan smartphone anda sendiri bisa menggunakan sebuah cotton buds atau tisu, silahkan bersihkan bagian – bagian tertentu terutama di bagian lubang – lubang yang berfungsi untuk memberikan ventilasi udara smartphone anda sendiri.


4. Berikan Masa Istirahat
Kelalaian pengguna smartphone saat membuka sebuah sosial media, youtube, bermain game, chattingan, dan lain sebagainya terkadang suka keasikan dan lupa waktu, sehingga smartpohone anda terus bekerja tanpa henti dan tanpa adanya istirahat. Ingat walaupun smartphone anda memiliki spesifikasi yang sangat bagus dan memiliki RAM yang sangat besar, tetap saja itu adalah sebuah teknologi yang harus di istirahatkan. Sama seperti manusia sehebat apapun manusia atau sekuat apapun manusia, mereka membutuhkan istirahat dalam bekerja dan tidak akan terus – terusan bekerja setiap saat tanpa henti.

14 Cara Agar Smartphone Tidak Cepat Rusak (Terawat)

Bagi anda yang sering sekali melakukan kegiatan mengotak – atik smartphone dengan waktu berjam – jam, biarkan smartphone anda untuk beristirahat sejenak untuk memberikan istirahat kepada hardwarenya dalam bekerja. Tentu saja jika smartphone anda terus – terusan di gunakan tanpa henti sama sekali, dia akan cepat panas dan di takutkan akan meledak.


5. Menggunakan Aplikasi Pendingin
Smartphone anda tentunya akan ada masa panasnya ketika di gunakan, dan disini google sudah menyediakan sebuah aplikasi yang saat mendinginkan smartphone anda. Silahkan download aplikasi yang menurut anda baik untuk mendinginkan smartphone anda sendiri, agar aplikasi ini mampu mengatur suhu yang ada di smartphone anda. Salah satu aplikasi yang banyak di gunakan oleh para pengguna smartphone saat ini adalah Cool Master, dimana aplikasiini cukup di rekomendasikan oleh para pengguna smartphone.
Cara Agar Smartphone Tidak Cepat Rusak (Terawat)
Namun tetap saja yang namanya apikasi hanyalah aplikasi, dimana aplikasi tidak akan bisa berbuat banyak jika anda juga tidak bisa ikut berkontribusi untuk mewarat smartphone anda sendiri.


6. Menggunakan Aplikasi Penghapus Sampah
Selain dari penghapus dingin yang harus anda gunakan, disini anda juga mungkin membutuhkan sebuah penghapus sampah yang ada di smartphone anda sendiri. Namun untuk smartphone di masa sekarang ini, menurut pantauan kami mereka sudah memiliki pembersih sampah sendiri sehingga anda tidak perlu repot – repot untuk mendownloadnya di playstore.
14 Cara Agar Smartphone Tidak Cepat Rusak (Terawat)
File sampah pengaruhnya cukup besar sekali bagi kesehatan smartphone anda sendiri, dimana dia kan menghambat dapur pacu smartphone anda terutama kinerja dari Ram sendiri, dan hasilnya smartphone anda akan cepat panas. File sampah adalah file yang sudah tidak di gunakan namun masih berjalan di smartphone anda, secara otomatis file sampah yang berjalan ini akan membutuhkan bantuan dari RAM untuk menjalankanya. Jadi silahkan sering – seringlah melakukan pembersihan file sampah di smartphone anda sendiri.


7. Terhindar Dari Panas
Terhindar dari tempat anas disini banyak sekali pengertianya, intinya smartphone anda harus di hindari dari tempat – tempat yang akan menyembabkan smartphone anda ini cepat panasnya. Salah satu cntohnya adalah di tempatkan di alas yang berpotensi sangat panas sekali, di letakan di dasbord mobil yang tersorot langsung oleh sinar matahari, dan lain sebagainya.
14 Cara Agar Smartphone Tidak Cepat Rusak (Terawat)
Teori simpelnya adalah jika smartphone anda di tempatkan di sebuah penyimpanan yang berpotensi panas yang berlebihan maka akan membuat hardware dan perangkat yang ada di dalam smartphone anda juga memanas, terutama bagian baterai yang sangat rentan sekali mengalami ledakan yang bisa merusak smartphone anda sekaligus.


8. Terhindar Dari Air
Hal yang satu ini juga mungkin sudah anda bisa tebak sendiri mengapa smartphone harus terhindar dari air, pasalnya jika anda memiliki smartphone yang tidak tahan air secara otomatis smartphone anda akan rusak mengenai hardware – hardware yang ada di dalamnya (mengalami konsleting arus).
14 Cara Agar Smartphone Tidak Cepat Rusak (Terawat)
Bagi anda yang memiliki smartphone tidak tahan air ketika mendapati smartphone anda tercelup atau tersiram air, segeralah lepas baterai anda dan keringkan dahulu selama beberapa hari sampai benar – benar smartphone anda kering dari air.

Bagi anda yang khususnya memiliki smartphone anti air hal ini juga harus dihindari dari tekanan air yang berlebihan, walaupun sistem keamanan dari smartphone tersebut sudah sangat baik untuk menahan air tetap saja ada kemungkinan tidak akan kuat menahan tekanan air terlalu lama. Hal yang harus di hindari adalah air asin (air laut), karena air laut memiliki kadar yang berbeda yang dapat merusak komponen dari casing smartphone anda sendiri.


9. Tutup Aplikasi Latar Belakang
Kesalahan selanjutnya dalam merawat sebuah smartphone adalah seringnya pengguna tidak menutup beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang, hal ini sering sekali di lakukan oleh pengguna smartphone terutama anak – anak dan para pengguna smartphone yang belum paham akan latar belakang. Hal ini akan menyebabkan smartphone anda berjalan lebih keras karena memori RAM akan melakukan kinerjanya terus menerus, sehingga smartphone anda akan cepat panas sekali. Baca juga: 8 Aplikasi Yang Wajib di Smartphone Anda
Cara Agar Smartphone Tidak Cepat Rusak (Terawat)
Latar belakang yang kami maksduskan adalah seperti ini, jadi ketika anda sedang menjalankan sebuah game lalu anda langsung saja menekan tombol home di smartphone anda, secara otomatis sebenarnya aplikasi tersebut terus berjalan sebenarnya. Jadi silahkan tutup aplikasi di latar belakang dengan benar agar smartphone anda tidak bekerja secara extra.


10. Wifi yang Terus Menyala
Kesalahan para pengguna wifi di rumahnya menjadi kesalahan yang cukup fatal ketika mereka berpergian ke luar rumah, dimana wifi tidak di matikan dan secara otomatis wifi tersebut akan terus mencari koneksi wifi yang bisa di tangkap oleh smartphonenya sendiri. Silahkan matikan wifi jika anda tidak ada di kawasan wifi, karena akan berpotensi smartphone anda menjadi panas.
14 Cara Agar Smartphone Tidak Cepat Rusak (Terawat)
Pencarian otomatis wifi di arena yang tidak ada wifinya tentu bukan hal yang spele sebenarnya, aplikasi wifi yang ada di smartphone anda akan terus – terusan mencari koneksi wifi secara otomatis dan akan terus bekerja selama mereka belum mendapatkan koneksi wifi tersebut. Baca Juga: 5 Fungsi WIFI di Smartphone yang Belum Diketahui oleh Banyak Orang


11. Anti Cryptocurrency Mining
Crypto saat ini sedang mengalami kelonjakan atau sedang naik daun, dimana di awal tahun 2017 namanya sudah mulai di kenal oleh banyak orang untuk menghasilkan uang tanpa harus bekerja keras. Jenis crypto yang sangat terkenal untuk saat ini adalah pertambangan bitcoin, dimana pertambangan bitcoin ini memerlukan sebuah resource dari device dari situs yang akan menghubungkan ke pengguna device tanpa ada izin sebelumnya.

Di google play sendiri sudah banyak sekali aplikasi untuk pertambangan bitcoin yang mungkin akan merugikan sebagian pengguna smartphone saat ini, tapi untung saja hal ini sudah di antisipasi oleh google sendiri dengan menghapus beberapa aplikasi yang berhubungan dengan pertambangan bitcoin.

Untuk hal ini sudah di upayakan sepenuhnya oleh google, namun tidak ada salahnya kita menggunakan sebuah aplikasi yang akan mengamankan smartphone kita dari pertambangan tersebut yang orang lain lakukan ke smartphone kita. Karena bisa saja orang lain menggunakan aplikasi yang di luar playstore untuk tetap bisa melakukan pertambangan dengan bantuan dari smartphone kita sendiri, dan akibatnya smartphone kita akan terasa sangat berat karena ada pertambangan yang dilakukan oleh orang lain terhadap smartphone kita.

Silahkan gunakan aplikasi yang ada di playstore untuk mencegah pertambangan bitcoin di smartphone kita sendiri, ada banyak sekali aplikasi yang dapat mencegah hal tersebut.


12. Aplikasi Berat (Game)
Setiap smartphone tentunya memiliki spesifikasi yang berbeda, dan tidak semua smartphone memiliki spek yang sama mulai dari ukuran RAM, jenis dapur pacu, dan lain sebagainya. Bagi anda yang ingin smartphonenya terawat dan tidak cepat rusak, silahkan hapus beberapa aplikasi yang dampaknya akan memberatkan kinerja smartphone anda sendiri, intinya jangan memaksakan sebuah aplikasi terpasang di samrtphone anda jika smartphone anda tidak bisa menjalankanya, salah satunya adalah game – game online yang memiliki data sangat besar.


13. Hindari Penyimpanan Tertutup
Kesalahan selanjutnya adalah anda menyimpan smartphone anda di tempat yang tertutup, misalnya anda sering sekali menyimpan smartphone anda di saku celana yang sangat ketat sehingga tidak ada ventilasi udara di smartphone anda. Sama halnya dengan point yang di atas mengenai debu. Penyimpanan smartphone di tempat yang sangat rapat juga akan mengakibatkan smartphone anda cepat panas karena tidak adanya saluran udara untuk mendinginkan smartphone anda.


14. Factory Reset
Factory reset atau mengembalikan ke pengaturan pabrik mungkin menjadi salah satu ide yang cukup baik untuk merawat smartphone anda sendiri, dimana hal ini akan memberikan penyegaran kepada smartphone anda yang selama ini terus – terusan bekerja dengan sangat maksimal. Namun perlu di perhatikan, tindakan ini tidak harus selalu anda lakukan setiap saat melainkan hanyalah beberapa waktu saja. Kami rekomendasikan dalam 4 bulan 1 kali silahkan lakukan ke pengaturan pabrik agar smartphone anda tetap terawat.


Demikianlah Cara Agar Smartphone Tidak Cepat Rusak, dengan sedikit informasi ini mungkin bisa sedikit membantu anda untuk tetap menjaga smartphone anda tetap awet dan selalu menemani ketika anda sedang kesepian.
Description: 14 Cara Agar Smartphone Tidak Cepat Rusak (Terawat)
Rating: 4.5
Reviewer: Yuli Hertika
ItemReviewed: 14 Cara Agar Smartphone Tidak Cepat Rusak (Terawat)

0 Komentar:

Post a Comment