Kolom Pencarian...

14 Istilah Instagram Yang Harus Diketahui Oleh Anda


Instagram setelah di akuisisi oleh pemiliki facebook kini semakin terus melesat saja penggunaanya, dimana pengguna instagram semakin banyak dan semakin bertambah dari hari ke hari. Isi atau tampilan dari instagram pun kini sudah di rubah sepenuhnya oleh pemiliki facebook ini, dimana seperti kita ketahui sendiri tampilan dari instagram sangatlah kuno dan kurang friendly sekali di mata penggunanya. Tampilan yang baru dan juga fitur – fitur yang sangat keren sekali menjadi daya tarik dari sosial media ini, tak sedikit juga para artis menggunakan sosial media ini untuk keperluanya salah satunya adalah endorse.

Terlepas dari keunikan instagram sendiri ada beberapa istilah yang nampaknya masih asing di telinga para penggunanya (IGers), terutama mereka yang baru saja bergabung dengan instagram yang mungkin belum mengetahui secara rinci apa saja istilah yang ada di instagram ini. Pada kesempatan kali ini, serbaCARA.com akan mengulas 15 istilah yang ada di instagram yang harus anda ketahui, berikut beberapa istilah tersebut.

14 Istilah Instagram Yang Harus Diketahui Oleh Anda

Beberapa Istilah Instagram Yang Harus Diketahui

1. Activity Feed
Activity feed adalah sebuah notifikasi yang ada di sosial media lainya seperti facebook, WA, Twiter, dan lain sebagainya, dimana di instagram ini istilahknya adalah Activity feed. Jadi setiap kali ada yang mengetag instagram anda (username) atau ada pemberitahuan follower baru, semuanya akan masuk ke dalam activity feed. Intinya adalah semua aktifitas yang ada di instagram yang berbentuk notifikasi, akan masuk ke dalam activity feed.

Activity feed ini bisa kamu buka setiap saat dengan icon yang ada di paling bawah dengan bentuk hati, ketika anda klik icon hati tersebut akan muncul sebuah pemberitahuan yakni followers dan juga you. Untuk melihat atau mengetahui semua aktifitas kamu sendiri anda bisa mauk ke bagian you, sedangkan seperti komentar, tag nama, dan aktifitas teman lainya anda bisa mengklik bagian following.


2. Bio
Tidak hanya sosial media facebook saja yang memiliki sebuah deskripsi tentang diri anda, di instagram pun sudah menyediakanya namun perbedaanya di instagram lebih singkat dan padat jika akun anda ingin terlihat lebih baik dan lebih bagus. Tujuan dari bio sendiri sebenarnya sama dengan sosial media yang lainya, intinya anda ingin memberitahukan identitas secara singkat kepada pengguna IG yang lainya mengenai diri anda sendiri.

Banyak sekali contoh bio yang bisa anda ambil di google, dimana bio tersebut sangatlah bagus sekali untuk di ambil atau di kutip oleh anda sendiri sesuai dengan kepribadian anda sendiri. Intinya bio ini sama saja dengan sosial media yang lain mengenai pengertianya contohnya adalah facebook, namun di IG ini anda harus kreatif untuk bisa menuliskanya dengan lebih singkat dan juga lebih padat.


3. Caption
Caption mungkin beberapa pengguna sudah mengerti dengan istilah ini, karena menurut pantauan kami banyak sekali pengguna instagram yang menggunakan caption ini. Caption adalah sebuah deskripsi singkat dari media (foto atau video) yang anda unggah atau di upload ke akun instagram, jadi anda bisa memberikan sebuah deskripsi dari media yang anda bagikan ini ke instagram, istilah simpelnya adalah anda memberikan keterangan maksud dari media foto atau video tersebut adalah apa.

Caption ini biasanya sering sekali di guakan oleh para selegram terkenal, namun tidak menutup kemungkinan para pengguna IG seperti kita pun bisa melakukan hal ini untuk mempercantik akun IG kita sendiri.

Baca Juga:
6 Cara Memperbanyak Followers di Instagram Dengan Baik dan Benar
Cara Login Dua Akun Instagram Dalam Satu Aplikasi/HP


4. Feed
Feed adalah sebuah wadah untuk emnyimpan beberapa media yang sudah anda bagikan di instagram, dimana bisa di katakan ini adalah sebuah foldernya PC atau Laptop. Bagi anda yang mungkin sangat memperhatikan akun instagram anda sendiri, biasanya anda akan merapikan beberapa foto dan juga video agar terlihat lebih cantik dan juga rapi terutama para wirausaha yang sangat banyak sekali melakukan upload produknya ke instagram.

Jadi secara singkat feed ini sebuah folder di PC atau laptop, nah untuk istilah di smartphone ini adalah sebuah galeri atau penyimpanan datanya. Namun khusus feed ini anda bisa melakukan pengaturan apakah anda membuka feed in secara umum atau tidak, istilahnya akun kita menjadi privasi atau tidak.


5. Geotag
Geotag mungkin sebagian pengguna IG baru mengetahuinya, karena pada dasarnya banyak sekali pengguna instagram yang menyebutkan ini adalah location seperti istilah umumnya. Untuk istilah location di instagram sendiri yakni geotag, namun kita juga tidak bisa menyalahkan jika memang kebanyakan pengguna menyebutnya location karena pada dasarnya artinya sama saja hanya istilah atau penyebutanya saja yang berbeda.

Fungsi dari geotag sendiri adalah untuk meberitahukan kepada followers anda mengenai lokasi anda pada saat mengupload media terbaru, contohnya adalah ketika anda ada di jakarta anda mengaktifkan GPS dan memberikan lokasi anda ketika anda mengupload foto liburan di jakarta. Jadi untuk melakukan kegiatan menandai lokasi anda saat ini dalam mengupload sebuah media, maka geotag ini lah yang akan membantu anda.


6. Ghost Followers
Ghost followers ini sebenarnya bukan hanya di instagram saja melainkan ada juga di sosial media yang lainya, namun istilah ini baru ada di instagram karena memang banyak sekali pengguna dari instagram yang melakukan kegiatan ini. Ghost follower bukan di kaitkan dengan akun bodong atau akun mahluk halus, melainkan akun ini hanya mengikuti kita saja tanpa pernah satukalipun dia melakukan like atau komentar kepada anda. Hal ini biasanya bisa di katakan sebagai silent reader, jadi dia hanya menyimak saja apa yang anda kerjakan dan apa yang anda lakukan mengenai kegiatan sehari – harinya.

Biasanya yang mendapatkan ghost followers ini adalah para artis yang sangat populer (pengikutnya adalah fansnya), sang mantan kekasih yang masih menyimpan perasaan, orang yang sedang atuh cinta tapi anda sudah memiliki kekasih, dan lain sebagainya.


7. News Feed
News feed mungkin sudah tidak usah di jelaskan secara detailnya lagi kepada kamu, karena pada dasarnya news feed adalah sebuah tampilan awal ketika anda membuka akun instagram anda sendiri. dimana di tampilan awal itu ada banyak sekali postingan dari akun yang anda ikuti dan juga ada history akun yang anda ikuti, intinya news feed ini adalah tampilan awal dari akun instagram ketika anda masuk ke akun instagram anda (bagian homepage instagram).


8. Private
Seperti yang kami jelaskan tadi pada bagian istilah feed, dimana akun anda bisa di atur mengenai privasinya dimana bisa di lihat oleh banyak orang atau tidak bisa di lihat oleh pengguna yang belum di setujui follownya. Private ini masuk ke kategori privasi akun kita sendiri, dimana akun instagram kita tidak akan bisa di lihat oleh sembarangan orang, jadi setidaknya jika orang tersebut ingin melihat publikasi media foto atau video kita di instagram mereka harus di setujui dahulu follownya oleh kita.

Perbedaan akun kita di private atau tidak adalah dengan munculnya sebuah gambar gembok, jadi jika ada pengguna akun baru ketika masuk ke akun kita secara otomatis postingan kita di IG tidak akan ada karena privasi kita di aktifkan.


9. OOTD
Istilah OOTD mungkin ada yang sudah paham dan tidak sedikit juga yang belum memahaminya, OOTD sendiri adalah singkatan dari Outfit Of The Day. Pengertian dari OOTD sendiri adalah menunjukan pakaian atau sesuatu yang sedang ia kenakan pada saat itu juga dan langsung mempostingnya di IG, hal ini biasanya di lakukan oleh para pemain IG yang eksis di dunia maya atau juga para pengusaha dan juga artis yang melakukan endors.


10. Selebgram
Selebgram mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita sendiri, saya yakin anda juga sedikitnya sudah paham dengan istilah selebgram ini. Selebgram bisa di artikan sebagai artinya di dunia instagram, dimana pengikut mereka sangat banyak sekali bisa di katakan mungkin hingga ribuan sampai jutaan. Selebgram ini tentunya memiliki keuntungan sendiri, selain dia biasanya akan mendapatkan sebuah finansial dari beberapa endor yang di tawarkan ke mereka.

Seorang selebgram juga biasanya memiliki centang biru (verified account) yang sudah di berikan langsung oleh instagramnya sendiri, namun proses menjadi seorang selebgram itu tidaklah mudah seperti yang kita bayangkan.


11. LFL
LFL mungkin masih asing di telinga anda untuk saat ini, LFL ini adalah singkatan dari Like For Like. Fitur LFL ini baru saja di munculkan beberapa tahun yang lalu, dimana kita memiliki fitur untuk melakukan aktifitas like pada postingan orang lain atau kita melakukan like kepada postingan diri sendiri.


12. DMF
Berbeda dengan istilah LFL, DMF adalah sigkatan dari Do Mine First yang mengartikan anda harus melakukan tindakan terlebih dahulu kepada akun lawan anda sendiri. Contoh simpelnya seperti ini, jadi ketika anda meminta like kepada teman anda untuk postingan yang telah di buat oleh anda tapi dia berkata DMF, berarti anda harus melakukan like dahulu ke postingan dia nah baru setelah itu dia akan melakukan like ke postingan anda tersebut.


13. F4F
F4F ini bisa di artikan sebagai permohonan untuk melakukan follow balik, jadi mungkin istilah kerenya kita meminta untuk folback ke akun instagram yang telah kita follow. Istilah F4F ini juga sering di tulis sebagai FFF, yang intinya sama saja kita memohon untuk dia melakukan folbek ke akun kita.


14. TnF
TnF ini adalah singkatan dari tap And Follow, dimana artinya kita  meminta para pengguna instagram yang lainya untuk melakukan following ke akun yang sudah dia berikan di keterangan tersebut. Hal ini biasanya di gunakan oleh para pengguna instagram yang bergelut di online shot, para endorse, dan mungkin oleh seorang selebgram.


Itulah beberapa istilah instagram yang mungkin harus anda ketahui di dunia instagram, karena mungkin saja anda suatu saat nanti akan menemukan istilah ini yang di lontarkan oleh pengguna IG lainya dan anda tidak akan kebingungan untuk menjawabnya. Semoga ulasan dari kami ini dapat memberikan informasi dan pengetahuan yang lebih baik kepada anda, terimakasih sudah berkunjung ke website kami.

0 Komentar:

Post a Comment