Kolom Pencarian...

10 Cara Memilih Laptop Gaming Mumpuni


10 Cara Memilih Laptop Gaming Mumpuni - Laptop semakin hari semakin bertambah saja mengenai jenis dan juga merknya, banyak sekali para vendor laptop yang bersaing untuk melahirkan sebuah laptop sesuai dengan kebutuhan para konsumenya. Mulai dari laptop berspesifikasi rendah dengan harga yang sangat bersahabat sekali hingga laptop dengan spesifikasi yang sangat luar biasa dengan harga yang akan menguras isi dompet kita sendiri. Tentunya tidak bisa kita pungkiri mengenai harga dan hasil yang akan kita dapatkan, dimana dengan harga mahal kita akan mendapatkan sebuah laptop dengan spesifikasi yang sangat baik sekali.

Terlepas dari harga laptop yang mahal maupun yang murah, terkadang ada saja salah satu perangat laptop yang sudah lengkap spesifikasinya namun ada 1 media atau hardware yang terkadang membuat kita berfikir 1000x apakah akan membelinya atau tidak. Untuk pembahasan kali ini, serbaCARA.com akan memberikan rekomendasi kepada anda yang sedang mencari sebuah laptop untuk spesifikasi gaming, dimana rekomendasi ini adalah tahap standart yang harus anda miliki untuk bermain game di perangkat laptop.

10 Cara Memilih Laptop Gaming Mumpuni

Walaupun untuk saat ini sudah ada beberapa vendor yang menghadirkan sebuah laptop gaming dengan spek khusus, namun tidak ada salahnya jika anda mengetahui apa saja yang harus di perhatikan dalam memiliki sebuah laptop gaming tersebut agar anda tidak salah dalam memilih. Baik berikut beberapa ulasanya yang akan kami berikan :


1. Keuangan / Budget / Dana
10 Cara Memilih Laptop Gaming Mumpuni
Hal yang pertama harus anda perhatikan adalah masalah keuangan anda sendiri, karena ini adalah hal yang paling penting untuk anda membeli sebuah laptop dengan spek gaming. Pantauan dari kami sendiri untuk laptop gaming itu minimal anda harus mengeluarkan dana sebesar 10 juta (dana yang paling minim), karena pantauan kami di lapangan jarang sekali ada perangkat laptop dengan spek gaming yang menjualnya dengan harga di bawah 10 juta, walapun ada itu mungkin memaksakan spek yang KW atau memang hanya rakitan rumahan saja bukan pabrik.

Jadi jangan kaget jika anda ingin membeli sebuah laptop gaming di toko – toko laptop terdekat anda menawarkan harga yang hampir sama dengan harga 1 buah motor bebek, karena bandingkan saja laptop yang core i7 saja sudah memiliki harga sekitar 8 jutaan. Jangan heran dengan spek gaming, karena sebuah game akan membuat laptop anda cepat panas jika memiliki spek yang standart.


2. VGA Laptop
10 Cara Memilih Laptop Gaming Mumpuni
Selanjutnya silahkan anda perhatikan dari VGA yang di gunakan oleh laptop tersebut yang akan anda beli, untuk hal yang satu ini silahkan anda fokuskan saja pada teknologi VGA yang di gunakanya apa dan juga seri ke berapa Vga yang di gunakan tersebut jangan dulu fokus pada hal yang lainya. Jadi maksudnya begini, anda jangan dulu fokuskan ke VRAM (memori pada VGA tersebut). Memang hal tersebut yakni VRAM cukuplah penting untuk sebuah spek gaming, namun VRAM ini hanya berpengaruh kepada grafis desainer saja bukan pada gamingnya.

Silahkan perhatikan seri VGA tersebut, silahkan perhatikan pada poin pertama nomor seri VGA tersebut generasi ke berapa. Misalkan saja seri dari VGA tersebut adalah NVIDIA GeForce 920M, maka angka yang pertama yakni 9 itu menunjukan bahwa VGA tersebut adalah generasi ke 9 (sembilan) yang sedang di kembangkan, sedangkan dua angka yang selanjutnya yakni 20 adalah sebuah skor dari performanya sendiri dari VGA tersebut.

Contoh kecilnya seperti ini, laptop yang satu menggunakan sebuah VGA NVIDIA GeForce GT 920M sedangkan laptop yang kedua menggunakan sebuah VGA dari Nvidia Ge Force GT 750M. Nah perlu di ketahui untuk performa mungkin laptop yang kedua lebih baik dan lebih bagus, karena dia memiliki skor dua angka yang lebih besar di belakang yakni 50, namun bisa di katakan ini adalah generasi yang lama dan mungkin akan tertinggal beberapa bulan kemudian dengan update game yang baru. Sedangkan laptop yang pertama tadi memamg memiliki skor yang kecil karena dua nomor di belakangnya hanya memiliki skor 20, namun ini adalah generasi yang terbaru karena angka di awalnya adalah 9 dan bukan seri lama lagi yakni 7.

Untuk anda sendiri silahkan pertimbangkan untuk membeli jenis VGA yang mana, tentunya ini harus anda pertimbangkan mulai dari seri VGA yang lama dan juga skor yang di berikanya. Yang pasti tentu saja anda harus memilih sebuah VGA dengan teknologi terbaru dan juga memiliki skor yang lebih tinggi jika bisa.

Baca Juga: Daftar Harga Laptop Asus untuk Gaming 2018


3. Prosesor Laptop
10 Cara Memilih Laptop Gaming Mumpuni
Sebuah prosesor pada sebuah laptop terkadang tidak di perhatikan oleh para pembeli laptop game, banyak yang menganggap spele karena fungsingnya tidak begitu berpengaruh pada permainan game. Namun siapa sangka saat ini prosesor sudah memiliki katogori cukup penting yakni saat ini prosesor sudah dapat terintegrasi sendiri untuk grafisnya, contoh kecilnya adalah untuk laptop yang berjenis AMD yang sedang di kembangkan dimana mereka menggunakan prosesor APU Ryzen yang peranya cukup penting bagi laptop gaming.

Prosesor yang memiliki integritas grafis akan membuatnya bekerja lebih efisien, bahwasanya karena pada saat bermain game kartu grafis yang bekerja namun ketika anda melakukan ketikan (mengetik sebuah pesan) maka pengolah grafis pada prosesorlah yang akan bekerja secara otomatis. Maka hal ini garus di pehatikan juga oleh anda dalam memilih sebuah prosesor.

Saran dari kami pilihlah sebuah prosesor dari generasi terbaru yang sudah dapat bekerja dan terintegrasi grafis sehingga akan menghasilkan sebuah kinerja yang sangat mumpuni, dan harus di ingat oleh anda semuanya janganlah membeli sebuah prosesor yang hemat daya, karena akan menghambat kinerjanya dan tentu ini tidak akan mampu bekerja secara optimal.


4. RAM Laptop
10 Cara Memilih Laptop Gaming Mumpuni
Bagian RAM mungkin tidak harus di jelaskan secara detail oleh kami, karena orang yang sudah paham dengan laptop atau PC pasti akan sangat paham sekali dengan fungsi dari RAM itu sendiri. Namun untuk ulasan saja ukuran RAM untuk laptop gaming itu yang paling kecil sekali harus berukuran 4GB, dan sangat di sarankan anda untuk menggunakan RAM yang berukuran 8 GB atau berukuran 16GB, tentunya RAM ini akan mempengaruhi harga yang cukup signifikan sekali.
Saran dari kami belilah sebuah laptop gaming yang memiliki slot tambahan untuk memasukan RAM, sehingga nanti anda bisa mengumpulkan uang terlebih dahulu untuk memiliki RAM yang baru dengan ukuran yang sangat besar sehingga nantinya laptop anda akan memiliki dorongan RAM terbaru.


5. Desain Laptop
10 Cara Memilih Laptop Gaming Mumpuni
Kenapa kami disini membahas sebuah desain juga sebagai rekomendasi, karena menurut kami desain juga terbilang cukup penting sekali bagi anda pecinta game. Desain atau sebuah dimensi dari sebuah laptop gaming juga harus anda perhatikan sebenarnya, karena walaupun spesifikasi dari laptop tersebut gahar namun bobotnya sangat ringan dan desainya jadul tentu akan membuat anda merasa sangat bosan dan terasa sedang menggunakan sebuah laptop yang biasa saja.

Tapi dari pantauan kami sendiri untuk saat ini sudah bayak sekali sebuah laptop gaming yang menyediakan sebuah desain yang sangat ciamik sekali untuk dimiliki. Jadi kembali lagi ke selera teman – teman gamers semuanya untuk menggunakan desain yang seperti apa. Saran dari kami pilihkan desain yang kokoh, karena terkadang seorang gamer akan merasa kesal ketika kalah dalam bermain, dan keamanan dari laptop pun mungkin patut di perhatikan.


6. Ruang Penyimpanan
10 Cara Memilih Laptop Gaming Mumpuni
Ruang penyimpanan atau media penyimpanan data pada sebuah laptop gaming juga menjadi sebuah penentu baik tidaknya performa laptop tersebut, karena pada dasarnya jika ruang penyimpanan yang ada pada sebuah laptop kecil terutama di drive C, maka performa dari laptop tersebut juga akan terasa sangat lambat sekali atau lemot. Disini ada dua pilihan untuk ruang penyimpanan sendiri, yakni penyimpanan Hard Disk atau HDD serta Solid State Drive SSD.

Perbedaan atara SSD dan juga HDD adalah HDD memiliki kinerja yang lebih lambat di bandingkan dengan SSD, namun dari segi performanya sendiri HDD memiliki ukuran ruang penyimpanan yang lebih besar sekali dengan harga yang mungkin lebih bersahabat dengan isi dompet kita sendiri. Sedangkan untuk SSD ini memiliki kinerja yang lebih baik di bandingkan dengan HDD namun ukuranya lebih sedikit, memang ada ukuran yang menyaingi HDD namun tentu harganya akan sangat menguras isi dompet kita sekali.

Jadi untuk hal yang satu ini kami tidak bisa merekomendasikan anda mau menggunakan yang mana, anda tinggal pilih saja mau menggunakan yang mana. Inti dari pemilihan ini mungkin anda bisa melihat terlebih dahulu akan memainkan game apa nantinya, jika game tersebut akan membutuhkan ruang penyimpanan yang sangat banyak silahkan pilih yang HDD, namun jika akan memainkan game dengan penyimpanan data sendikit anda bisa menggunakan SSD.


7. Ukuran Layar Laptop
10 Cara Memilih Laptop Gaming Mumpuni
Ukuran layar pada laptop mungkin ini termasuknya ke dalam kesukaan anda sendiri atau kebutuhan anda bermain game sendiri, pada dasarnya untuk laptop game sendiri mungkin akan lebih nyaman menggunakan layar dengan ukuran 15 sampai 17 inci agar kulitas gambar yang di hasilkan lebih luas. Namun jika anda merasa cukup nyaman dengan ukuran yang lebih kecil juga tidak ada masalahnya, namun nanti di takutkan anda akan menyesal memiliki ukuran yang lebih kecil karena dapaknya tampilan karakter yang anda gunakan lebih kecil dan terlihat kurang gagah dalam memainkanya.


8. Keyboard Laptop
10 Cara Memilih Laptop Gaming Mumpuni
Keyboard laptop juga menjadi hal yang cukup penting untuk di perhatikan oleh anda, karena ada beberapa laptop gaming yang menghadirkan keyboardnya yang sangat kurang nyaman sekali untuk di mainkan oleh para gamers. Saran atau rekomendasi dari kami silahkan pilih laptop yang memiliki sebuah keyboard backlit, karena banyak sekali yang menggunakan keyboard backlit dan memiliki kenyamanan saat bermain game.

Terlepas dari itu mungkin sebaiknya anda mencobanya terlebih dahulu ketika mau membelinya, apakah keyboard yang di berikan itu cukup nyaman anda gunakan atau malah akan menghambat anda dalam bermain game. Rekomendasi selanjutnya dalam memilih sebuah keyboard mungkin anda bisa menggunakan keyboard yang external, dimana di satu sisi keyboard bawaan laptop anda akan awet dan juga jika akan sedang merasa kesal anda cukup membantingkan keyboard externalnya saja tanpa harus merusak laptop gaming anda sendiri.


9. Port USB dan Port Lainya
10 Cara Memilih Laptop Gaming Mumpuni
Sebuah laptop gaming harus memiliki sebuah port yang sangat banyak sekali, terutama port USBnya sendiri yang harus memiliki minimalnya adalah 3 buat port USB. Port yang di bawa laptop gaming harus lengkap seperti USB 2.0, USB 3.0, Port HDMI, dan juga D-SUB, sukur – sukur anda mendapatkan sebuah laptop gaming yang memiliki port Thunderbold yang akan memiliki fungsi sangat baik sekali.


10. Garansi Laptop
10 Cara Memilih Laptop Gaming Mumpuni
Hal yang terkhir yang harus anda perhatikan adalah dari garansi laptop itu sendiri, dimana jangan sesekali anda membeli sebuah laptop gaming yang hanya memiliki garansi hanya beberapa bulan saja. Dari beberapa perusahaan laptop tentu saja berbeda dalam menawarkan masa garansinya, ada yang beberapa bulan, ada yang 1 tahun, ada juga yang 2 tahun lebih. Saran dari kami silahkan cari garansi yang minimalnya 2 tahun, sehingga jika ada kerusakan anda bisa melakukan klaim dari garansi tersebut.


Itulah beberapa ulasan dari kami mengenai 10 Cara Memilih Laptop Gaming Mumpuni yang harus di perhatikan oleh anda sebelum membelinya, karena jika anda asal – asalan saja dalam membeli sebuah laptop gaming tentunya akan merasakan kerugian yang sangat besar sekali. Dilihat dari harga saja sudah sangat berbeda sekali dengan harga laptop – laptop yang biasa, jadi jangan sampai anda kehilangan uang anda dengan sangat mudah.
Description: 10 Cara Memilih Laptop Gaming Mumpuni
Rating: 4.5
Reviewer: Yuli Hertika
ItemReviewed: 10 Cara Memilih Laptop Gaming Mumpuni

0 Komentar:

Post a Comment