Manfaat Daun Kelor Serta Bunga, Biji, Akar dan Buahnya

Daun kelor adalah tanaman yang mulai mendapatkan reputasi sebagai "makanan super" karena mengandung banyak unsur bermanfaat bagi kesehatan. Penuh nutrisi dan memiliki sifat anti-inflamasi.

Apa itu DaunKkelor?
Moringa oleifera, lebih dikenal sebagai "kelor", adalah pohon kecil yang dapattumbuh mencapai 10 meter yang dapat ditemukan di India, Pakistan, Nepal dan tentunya di Indonesia. Tanaman ini telah digunakan selama beberapa generasi dalam mode pencegahan, serta untuk pengobatan penyakit tertentu seperti diabetes, masalah jantung dan banyak lagi.

Bagaimana kelor dapat dimakan?
Daun kelor adalah bagian yang paling banyak dikonsumsi, meskipun seluruh tanaman (akar, kulit kayu, bunga, biji dan buahnya) dapat dimakan. Kelor dijual dalam bentuk bubuk, kapsul, teh herbal atau bahkan dalam jumlah besar dengan daun kering utuh.

Menurut pengobatan tradisional, dan kepercayaan Ayurvedic, daun kelor dikatakan menyembuhkan lebih dari 300 penyakit.


Bagaimana kita mengkonsumsi daun kelor?
Di India, kelor ditanam untuk buahnya, yang dimakan segar atau dijadikan makanan kalengan.

Di Kamboja, daun muda dimasak dalam sup. Terkadang menambahkan buah dari pohon nya juga.

Di Sahel, daun dimakan sebagai sayur apa pun.


Kelor dan Fitoterapi
Bubuk daun kelor direkomendasikan dalam pengobatan herbal untuk mengatasi kelelahan, membantu menurunkan tekanan darah, merangsang sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan pencernaan.

Manfaat Daun Kelor Serta Bunga, Biji dan Buahnya

Apa manfaat dari kelor?

Tumbuhan yang kaya nutrisi
Kelor kaya akan vitamin, mineral, dan asam amino. Ini mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, serta kalsium, kalium dan protein.


Daun Kelor Dapat melawan radikal bebas
Kelor kaya akan antioksidan (flavonoid, polifenol dan asam askorbat), ditemukan pada daun, bunga, dan biji pohon. Sebuah studi ilmiah menunjukkan bahwa ekstrak dari daun kelor memiliki sifat antioksidan lebih tinggi daripada bunga atau biji kelor. Ini berarti daun kelor bertarung lebih efektif melawan radikal bebas yang merusak tubuh Anda.


Mengurangi Peradangan
Peradangan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Kelor mengurangi peradangan dengan menekan enzim radang dan protein dalam tubuh.


Kelor oleifera: sekutu terhadap gejala diabetes
Serbuk ekstrak daun kelor efektif dalam mengurangi kadar lipid dan glukosa, serta mengatur stres oksidatif pada pasien diabetes. Sederhananya, ramuan ini membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol sambil meningkatkan perlindungan terhadap kerusakan sel-sel dalam tubuh manusia.


Pelindung sistem kardiovaskular
Serbuk ekstrak daun kelor memiliki manfaat kesehatan bagi jantung Anda, terutama untuk membantu mengontrol kadar lipid dalam darah, serta untuk melawan pembentukan plak di arteri. Di sisi lain, khasiat obatnya membuatnya menjadi suplemen yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol.


Bantu menjaga kesehatan otak
Kesehatan otak dan pemeliharaan fungsi kognitif sangat penting. Inilah sebabnya mengapa konsumsi kelor disarankan. Bahkan, tanaman ini sedang diuji untuk pengobatan terhadap penyakit Alzheimer. Vitamin E dan C yang terkandung dalam pohon ini melawan oksidasi yang mengarah pada degenerasi neuron.


Penjaga kesehatan hati Anda
Konsentrasi tinggi polifenol dalam daun dan bunga kelor menjadikannya suplemen yang sangat baik untuk melindungi hati Anda dari serangan alami sehari-hari (oksidasi, toksisitas, kerusakan, dll.).


Sifat antiseptik dan anti-mikroba
Sifat antibakteri dan antijamur dari kelor membantu melawan infeksi. Tanaman ini sangat efektif melawan infeksi kulit yang disebabkan oleh berbagai jenis jamur dan bakteri tertentu yang merupakan penyebab infeksi saluran kemih dan masalah pencernaan.


Mempercepat penyembuhan luka
Daun, akar dan biji pohon kelor mempercepat penyembuhan luka berkat sifat pembekuan tanaman. Ini berarti cedera kecil sehari-hari seperti goresan, luka kecil atau luka akan berhenti berdarah lebih cepat jika Anda mengonsumsi tanaman ini secara teratur.

Singkatnya, kelor adalah bahan yang sangat serbaguna yang memiliki banyak khasiat obat. Ini merupakan tambahan yang bagus untuk diet harian Anda.

Mungkin itu saja manfaat daun kelor serta bunga, biji, akar dan buahnya. Semua yang ada pada tanaman kelor ini ternyata banyak manfaatnya ya, dan tidak hanya pada daunya saja.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Daun Kelor Serta Bunga, Biji, Akar dan Buahnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel