Kolom Pencarian...

Cara Menyambungkan Laptop ke TV Dengan Berbagai Alat


Cara Menyambungkan Laptop ke TV Dengan Berbagai Alat - Tidak bisa di pungkiri kini teknologi semakin pesat saja perkembanganya yang dapat di manfaatkan oleh banyak orang, selain teknologi dapat memudahkan manusia dalam bersosialisasi atau pekerjaan, teknologi juga dapat memberikan hiburan kepada manusia dengan kesan yang lebih menarik. Disini kami akan memberikan beberapa pembasahan mengenai kecanggihan teknologi yakni menyambungkan layar yang ada di laptop anda ke televisi, dimana anda bisa menikmati layar yang lebih besar dalam memainkan sebuah laptop.

Keuntungan kita menggunakan layar televisi sebagai layar laptop kita adalah akan menikmati sebuah tampilan yang lebih jelas, contohnya saja ketika kita akan menonton sebuah film yang ada di laptop tentunya akan lebih menarik jika di putar melalui layar televisi yang ukuranya lebih besar ketimbang di laptop yang ukuranya paling sekitar 17 inci. Selain dari itu juga bagi anda yang senang sekali melakukan presentasi, mungkin cara ini menjadi salah satu cara alternatif jika anda tidak memiliki sebuah proyektor.
Cara Menyambungkan Laptop ke TV Dengan Berbagai Alat
Hasil gambar yang di berikan oleh layar televisi sendiri tergantung dari jenis tv yang di gunakan, apakah TV tersebut sudah memiliki sebuah gambar dengan resolusi minimal HD 720p atau belumnya. Bagi anda yang memiliki TV dengan resolusi 1080p secara otomatis kualitas gambar tidak akan mengecewakan sama sekali. Berikut beberapa ulasan yang akan serbaCARA.com berikan kepada anda mengenai cara menyambungkan layar laptop ke televisi.

Menggunakan Kabel HDMI

Di masa sekarang ini untuk televisi dengan jenis LED atau LCD kebanyakan sudah menyediakan sebuah fasilitas atau fitur HDMI, dimana colokan HDMI ini sudah di sediakan oleh perusahaan tv tersebut untuk dapat di manfaatkan oleh para produsenya. Namun sangat di sayangkan sekali hanya segelintir masyarakat indonesia yang mengetahui hal ini, sebenarnya dengan bantuan HDMI ini kita bisa menyambungkan laptop kita ke TV. Port HDMI ini biasanya berada di belakang bagian tv, dimana port ini berbeda dengan port USB yang seperti biasanya yang ada pada sebuah laptop.
Cara Menyambungkan Laptop ke TV Dengan Berbagai Alat
Untuk menyambungkanya sendiri silahkan anda beli dulu kabel HDMI di toko elektronik, silahkan gunakan kabel yang bagus dan jangan yang murah karena nanti akan merusak dari segi gambar yang di hasilkan dan juga akan cepat panas (usahakan beli dengan ukuran yang lebih panjang). Caranya cukup sambungkan saja kabel tersebut ke port HDMI yang ada di TV anda dan juga sambungkan ke port HDMI laptop anda sendiri.

Untuk cara yang pertama ini sangat kami rekomendasikan oleh kami karena bisa di katakan cara ini adalah cara yang paling simple dan juga cara yang paling mudah sekali, karena dengan cara ini juga anda akan mendapatkan sebuah hasil gambar yang terbaik di bandingkan dengan cara yang akan kami berikan bawah. Perlu di ketahui juga HDMI ini juga akan mampu mengambil alih bukan hanya gambar saja, melainkan audio pun akan ikut terbawa ke TV anda sendiri.
Berikut cara lengkapnya mengenai cara menyambungkan laptop ke tv dengan menggunakan HDMI ini :
  1. Silahkan cek terlebih dahulu apakah anda sudah menggunakan windows terbaru atau belum, usahakan windows di laptop anda sudah menggunakan sistem yang update.
  2. Silahkan nyalakan laptop dan TV yang akan anda gunakan.
  3. Silahkan sambungkan kabel HDMI tadi ke port yang ada di laptop dan juga di TV.
  4. Setalah itu pada bagian TV silahkan pindahkan siaranya ke Input HDMI, biasanya ada di bagian tombol AV.
  5. Terakhir ini untuk anda yang laptopnya tidak merespon secara otomatis ke layar TV, silahkan masuk ke control panel – >display –> adjust resolution – >pilih TV pada menu display drop down box dan Selesai.

Menggunakan Kabel VGA

Apakah ada yang merasakan terheran – heran dengan perbedaan kabel VGA dan juga HDMI? Tentu saja memiliki perbedaan yang cukup signifikasn sekali mengenai perbedaanya, karena bisa di katakan HDMI itu adalah fitur terbaru yang di ciptakan di masa sekarang ini, sedangkan untuk VGA adalah fitur lama yang sudah di ciptakan beberapa tahun yang lalu. Bisa di katakan VGA adalah cara alternatif saja untuk anda sambungkan ke TV, karena ini adalah media yang sudah tua yang di peruntukan bagi televisi yang belum support dengan HDMI.
Cara Menyambungkan Laptop ke TV Dengan Berbagai Alat
Untuk kabel VGA ini bisanya bisa di lakukan untuk sebuah TV yang jenisnya masih tabung atau televisi jaman dulu, bisa juga untuk menyambungkan pada sebuah monitor PC dan proyektor yang belum support dengan HDMI. Kekurangan dari menggunakan Kabel Vga sendiri adalah tidak terbawanya audio, dimana VGA ini hanya akan mengambil alih sebuah layar saja tanpa mengabil alih sebua audio.

Sama dengan HDMI juga ketika anda menyambungkan kabel ini secara otomatis gambar akan di alihkan ke perangkat TV, namun jika tidak maka harus ada tindakan manual seperti yang di atas. Berikut beberapa cara menyambungkanya:
  1. Silahkan nyalakan terlebih dahulu laptop dan juga TV yang akan anda gunakan.

  2. Silahkan anda sambungkan kabel VGA tersebut ke laptop dan juga ke TV.

  3. Seperti biasa, jika secara otomatis sambungan gagal anda masuk di laptop anda ke start –> control panel – >display – >adjust resolution – >dan pilih TV di display drop down box.

  4. Sayangnya dengan menggunakan kabel VGA ini anda tidak akan bisa menyambungkan sebuah audio, karena pada dasarnya menggunakan VGA ini hanya bisa menyambungkan sebuah gambar saja. Jadi silahkan gunakan perangkat lain untuk membesarkan audio anda di perangkat laptop anda sendiri (menggunakan sebuah speaker).

Catatan Penting : jika cara manual juga tidak bisa di lakukan oleh kabel VGA ini, silahkan cek terlebih dahulu VGA yang anda gunakan di laptop anda sendiri, biasanya software VGA yang ada gunakan atau driver itu belum selesai di instalasi atau memang belum menggunakan software VGA yang terbaru.

Baca Juga: Cara Membuat Android Menjadi Remot TV Itu Sangat Mudah

Menyambungkan Tanpa Bantuan Kabel

Jika anda rasa menyambungan layar laptop ke TV harus selalu menggunakan kabel tentu itu adalah deskripsi atau penilaian yang salah, karena berkat kecanggihan sebuah teknologi kita juga bisa menyambungkan gambar tanpa menggunakan kabel yakni dengan bantuan sebuah alat canggih dengan dukungan dari wireless.

Alat yang kami maksud adalah Chromecast, dimana dengan alat ini anda bisa menyambungkan laptop anda ke televisi tanpa menggunakan kabel melainkan dengan menyambungkanya melalui wireless. Alat chromecast ini adalah alat yang di luncurkan oleh perusahaan raksaksa yakni Google, dimana anda bisa dengan sangat mudah menyambungkan gambar tanpa harus memikirkan panjangnya kabel harus seberapa.

Cara Menyambungkan Laptop ke TV Dengan Berbagai Alat

Menggunakan alat ini bisa di katakan adalah media yang sangat praktis sekali, namun dari segi harga tentunya saja ini melebihi harga dari kabel HDMI karena memang di rancang sangat praktis sekali. Kekurangan dari alat ini adalah hanya bisa support dengan perangkat windows dan juga MAC saja, untuk sistem operasi lainya belum di dukung. Dan untuk keunggulanya sendiri, alat ini bukan hanya bisa di gunakan oleh laptop saja melainkan sudah bisa di gunakan oleh smartphone atau tablet dengan Operasi Sistem dari windows dan juga IOS. Dengan kata lain alat besutan google ini sangat di senangi oleh para pengguna smartphone di manapun juga, terlebih lagi bagi mereka yang senang sekali mengoleksi sebuah film box office.


Berikut Cara Menggunakan Alat Mumpuni ini :

  • Alat ini sudah di lengkapi dengan sebuah kabel ektensi HDMI yang sangat pendek sekali, dimana nantinya kabel pendek ini untuk TV anda dan silahkan sambungkan ke port HDMI TV anda. Namun perlu di ingat oleh anda, kabel yang pendek ini tidak di sambungkan ke laptop anda sendiri. Setelah itu ada port USB silahkan sambungkan ke port USB yang ada di TV anda juga bukan dilaptop. 
    Cara Menyambungkan Laptop ke TV Dengan Berbagai Alat
  • Silahkan nyalakan terlebih dahulu TV anda yang tadi sudah di pasang dengan port HDMI dan juga Port USB, lalu coba pindahkan ke saluran HDMI yang biasanya ada di tombol AV.

  • Jika anda saat ini posisinya menggunakan sebuah smartphone atau tablet, silahkan download dulu aplikasi chromacast di playstore, dan silahkan di install.

  • Jika anda saat ini menggunakan perangkat laptop, silahkan download juga aplikasi tersebut di google lalu instal juga di perangkat laptop anda lalu masuk ke bagian setupnya.

  • Silahkan anda masuk ke bagian setup di aplikasi tersebut (untuk pengguna laptop ataupun smartphone sama saja), tujuanya untuk menghubungkan ke jaringan wifi anda sendiri. Silahkan pilih negara untuk melanjutkanya ke tahap yang berikutnya

  • Tunggu hingga proses selesai sampai perangkat anda (laptop atau smartphone) sudah terhubung dengan aplikasi tersebut, setelah itu silahkan gunakan kode yang tertera untuk memverifikasi sambungan.

Itulah beberapa ulasan mengenai Cara Menyambungkan Laptop ke TV yang bisa anda lakukan di rumah, namun seperti yang kami bilang di awal pembahasan, tetap yang paling efisien dan paling praktis sekali adalah menggunakan cara yang pertama. Cara yang pertama tidak memiliki banyak sekali setingan yang membingungkan, kekuranganya hanya panjangnya kabel saja yang terkadang suka di keluhkan oleh penggunanya sendiri.

0 Komentar:

Post a Comment