Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Cara Membuat Android Menjadi Remot TV Itu Sangat Mudah

Kecanggihan dari ponsel Android ini sudah banyak orang ketahui, tetapi mungkin belum ada yang tahu tentang smartphone Android dijadikan remote TV. Iya... benar sekali..!! Ponsel android anda juga dapat digunakan untuk remote TV. Jadi anda tidak perlu repot-repot lagi menggunakan remot TV yang kadang jauh dari tangan kita. Tentu saja akan memudahkan kita jika smartphone android kita bisa dijadikan sebagai Remot TV karena ponsel Android yang kita miliki selalu melekat ditangan sehingga memudahkan anda dalam mengganti channel TV dengan menggunakan ponsel Android.

Cara ini juga sangat membantu anda ketika remote TV anda rusak saat anda seru menonton acara di TV. Hanya dengan menggunakan smartphone Android anda bisa mengganti fungsi dari remote TV. Tidak hanya bisa sebagai remot TV saja, tetapi Android juga bisa menjadi remot elektronik lainnya, seperti AC, DVD Player, Sound Sistem, dan lainnya. Intinya dapat me-remote semua alat elektonik di rumah anda.

Tetapi tidak semua smartphone Android bisa dijadikan sebagai Remot TV. Anda harus mengetahui beberapa hal yang diperlukan di Android, misalnya koneksi Wifi, Bluetooth, atau Infrared (IR). Namun sudah banyak perangkat Android yang sudah dibekali aplikasi remot TV, Contohnya pada smartphone Android Samsung Galaxy Note 3, Samsung Galaxy S4, Galaxy S5, dan juga Sony Xperia Z2.

Dengan artikel ini serbaCARA.com akan sedikit berbagi dengan anda tentang cara membuat android menjadi remot TV dengan menggunakan aplikasi bawaan atau menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Inilah Aplikasi Remote TV Android

1. Menggunakan Aplikasi Remot TV Bawaan HP Android
Apabila ponsel Android anda terdapat aplikasi bernama "WatchOn" maka kemungkinan ponsel android anda dapat digunakan sebagai remot TV. Misalnya pada ponsel Samsung terdapat aplikasi bawaan untuk me-remot berbagai merek TV seperi Samsung, Sharp, Sony, Toshiba, Panasonic, dan LG. Untuk cara penggunaanya bisa ikuti panduan di bawah ini.
  1. Buka aplikasi WatchOn
  2. Kemudian tekan tombol SELECT COUNTRY or REGION
  3. Selanjutnya pilih negara yang saat ini anda tempati, contoh Indonesia
  4. Lalu pilih TV berbayar yang sedang anda gunakan, jika tidak punya bisa pilih Indovision, dan pilih Skip dan Agree.
  5. Kemudian tekan ikon berbentuk remot untuk mengatur TV anda dan tekan Continue.
  6. Selanjutnya memilih merek TV anda, jika merek TV anda tidak nampak bisa tekan "Show Other Brands" untuk menampilkan merek TV lainnya.
  7. Kemudian tekan tombol Power untuk menghidupkan TV anda.
  8. Apabila TV anda dapat menyala setelah menekan tombol Power maka pilih YES, This Code One Work. Tetapi jika TV tidak dapat menyala maka bisa klik Send This Code One Again, dan kemudian klik MY TV.
  9. Kemudian klik DONE, sekarang proses pembuatan Android menjadi remote TV sudah selesai dan smartphone Android anda sudah siap digunakan sebagai remot TV anda.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga Untuk Android Jadi Remote TV
Selanjutnya kita menggunakan aplikasi pihak ketika jika HP android anda tidak terdapat aplikasi remot TV bawaan. Ada banyak sekali aplikasi untuk remote TV di Play Store, tetapi disini saya akan menjelaskan cara membuat Android menjadi remot TV menggunakan aplikasi bernama IR Remote. Bahkan beberapa brand elektronik sudah membuat aplikasi yang bisa membuat HP Android menjadi remot TV.
  1. Pertama-tama download dan instal aplikasi IR Remote melalui Play Store.
  2. Kemudian buka aplikasinya. Lalu pilih Quick Remotes, kemudian pilih merek TV anda.
  3. Selanjutnya anda aka dibawa ke sebuah interface yang menampilkan remot sungguhan yang bisa digunakan untuk mengganti channel dan mengubah volume pada TV. 
    Android Menjadi Remot TV

Demikianlah artikel tentang cara membuat Android menjadi remote TV. Aplikasi remote tv android tersebut bisa digunakan untuk membuat android menjadi sebuah remot TV. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semua orang. Saya berharap artikel ini dapat membantu anda. Sekian dan selamat mencoba..!!

0 komentar:

Poskan Komentar