Kolom Pencarian...

Cara Melihat Kemacetan Jalan di Google Maps


Cara Melihat Kemacetan Jalan Di Google Maps – Google kini sudah terus berkembang dari waktu ke waktu yang terus memperlihatkan kehebatanya melalui beberapa aplikasi yang dimilikinya, dulu kala google belum begitu di kenal karena pesaingnya yakni Yahoo memiliki sejuta peralatan yang sangat di sukai oleh pengguna internet. Seperti yang kita ketahui seperti sekarang ini, bisa di katakan Yahoo sudah bangkrut total karena Google memilki inovasi – inovasi yang sangat luar biasa sekali, dan hingga saat ini google sudah menjadi perusahaan raksaksa yang menguasai dunia internet (kecuali sosial media).

Salah satu aplikasi yang sangat di sukai oleh para pengguna internet saat ini adalah Youtube, Google Maps, Gmail, dan juga Google Drive, dimana keempat aplikasi ini banyak sekali di gunakan oleh para pengguna internet khususnya pengguna PC dan juga smartphone. Salah satu aplikasi google yang sering di gunakan adalah Google Maps, dimana aplikasi ini mampu memberikan sebuah peta yang sangat luar biasa dan juga mampu memberikan arah petunjuk jalan bagi pengguna jalan yang tidak mengetahui rute lokasi atau tempat tujuan.

Di google maps ini penggunanya akan di tunjukan secara online mengenai rute mana saja yang bisa di lalui oleh pengguna jalan dalam melakukan aktifitasnya, dimana akan ada sebuah tampilan rute jalan dan juga ada perintah suara untuk melakukan perjalanan belok ke kiri atau ke kanan.

Cara Melihat Kemacetan Jalan di Google Maps

Terlepas dari fasilitas google maps yang di berikan kepada penggunanya, ada beberapa pengguna yang masih belum paham mengenai bagaimana menggunakan aplikasi ini dan bagaimana cara membaca petunjuk serta fasilitas yang lainya. Untuk kesempatan kali ini, serbaCARA.com akan memberikan beberapa pencerahan kepada anda mengenai apa saja yang bisa anda dapatkan di google maps. Berikut ulasanya:

Cara Melihat Jalan Macet di Google Maps

Untuk fitus yang satu ini sebenarnya sangat mudah sekali untuk kita melihat apakah rute yang kita tempuh ini macet atau tidak, dimana jika kita mengetahui rute yang akan kita tempuh itu macet total, tentunya kita bisa menggunakan rute yang lain untuk kenyamanan berkendara. Cara yang satu ini anda jangan merasa khawatir, karena ini adalah real time dan bukan data yang kemarin atau yang lalu, intinya google akan memberikan kondisi keadaan jalan macet atau tidaknya secara langsung. Berikut cara untuk melihat kondisi rute jalan atau macet tidaknya:

1. Pertama silahkan aktifkan terlebih dahulu GPS pada smartpone anda ini untuk memudahkan google menemukan titik lokasi anda melalui satelit. Jika anda tidak tahu caranya bisa baca Cara Mudah Mengaktifkan GPS di Smartphone Android

2. Silahkan buka aplikasi googel maps yang sudah anda install di smartphone anda.

Cara Melihat Kemacetan Jalan di Google Maps

3. Setelah itu silahkan masukan lokasi atau tempat yang ingin anda tuju, bisa menggunakan alamat, atau menggunakan nama lokasi seperti SPBU, Kantor Pemerintahan, dan lain sebagainya.

4. Setelah memasukan alamatnya sendiri, silahkan anda langsung saja klik direction untuk google maps menentukan rute mana saja yang bisa anda gunakan saat ini. Atau jika anda menggunakan aplikasi google maps terbaru bisa langsung ketuk Mengemudi> Lalu lintas lengang di areamu.

5. Setelah itu biasanya google akan memberikan rute jalan yang berbeda – beda (jika memang memungkinkan).

6. Ketika google maps memberikan rute ada beberapa warna yang di berikan sendiri yakni merah, kuning dan juga biru. Disini anda hanya memperhatikan jalur yang memiliki warna merah saja, karena warna merah itu memiliki arti rute tersebut sangat macet total. Silahkan anda pilih warna yang kuning dengan tingkat kemacetan standart atau hijau yang jalurnya lancar.

Cara ini hanya bisa berlaku untuk tujuan lokasi yang memang memiliki rute yang lain (rute alternatif), namun jika memang rute tersebut tidak memilii rute alternatif maka warna tersebut biasanya tidak akan muncul.


Informasi Warna Jalan Yang Ada di Google Maps

Untuk informasi tambahan saja jika kalau anda masih kurang paham dengan warna yang di berikan oleh google maps, dimana google maps akan memberikan 3 buah warna yang berbeda dalam menunjukan rute jalanya sendiri. Disini ada 3 buah warna yakni Merah, Kuning, dan juga Biru, berikut keteranganya:

Cara Melihat Kemacetan Jalan di Google Maps

  • Warna merah memiliki keterangan kalau rute tersebut sangatlah macet dan mungkin perjalanan anda akan terhambat hingga waktu yang cukup lama. Bisa di katakan jalur ini adalah jalur yang sering sekali di gunakan oleh para pengguna jalan angkutan umum.

  • Warna orange memiliki arti bahwa jalur ini bisa di katakan jalur yang sedang – sedang saja, atau sering kita dengar dengan istilah padat merayap. Jalur dengan warna kuning ini memiliki kemacetan yang tingkatnya rendah, jadi walaupun banyak sekali kendaraan yang lalu lalang, anda tetap bisa mengendarai kendaraan anda tanpa berhenti total.

  • Warna hijau memiliki keterangan bahwa jalan tersebut sangatlah lenggang atau lancar – lancar saja, sehingga perjalanan anda akan lebih cepat dan tepat waktu. Namun di jalan – jalan kota area warna hijau ini biasanya hanya bisa di lalui oleh kendaraan roda dua saja.
Note: Bagi anda yang saat ini sering sekali menggunakan layanan dari Google Maps, warna jalan bisa berubah sewaktu – waktu tanpa kita sadari, karena pada dasarnya memang google maps memberikan data yang akurat dan juga real time.

Baca Juga: Cara Melacak No HP Berada Dimana Menggunakan GPS

Fitur Yang Dimiliki Google Maps

Google maps memiliki banyak sekali fitur sebenarnya, karena pada dasarnya google maps tidak hanya memberikan fasilitas mengenai maps dan juga petunjuk jalan saja melainkan banyak juga fitur yang lainya. Berikut beberapa fitur yang dimiliki oleh google maps:

Melihat Lalu Lintas
Melihat lalu lintas atau melihat arus jalan adalah fitur utama dari aplikasi yang satu ini, dimana memang aplikasi ini di peruntukan pengguna android agar mudah mengakses rute jalan yang akan di laluinya sendiri. Keadaan lalu lintas juga akan di berikan secara real time yang akan sangat membantu pengguna jalan untuk saat ini dengan syarat terhubung dengan koneksi internet.

Jalur Angkutan Umum
Aplikasi besutan Google ini tidak hanya memberikan fasilitas mengenai rute jalan saja untuk para pengguna jalan yang memiliki kendaraan sendiri, namun aplikasi ini juga memberikan kemudahan bagi anda yang tidak memiliki kendaraan pribadi untuk bisa menggunaan sarana angkutan umum seperti bus, angkot, dll.

Aplikasi ini akan memberikan rute angkutan umum apa saja yang akan di laluinya, sehingga anda tidak akan kebingungan untuk memilih angkutan umum apa saja untuk sampai ke tujuan anda. Google akan memberikan terus update mengenai rute – rute angkutan umum yang ada di daerah anda sendiri, sehingga anda tidak perlu repot – repot bertanya ke orang ini dan juga itu yang akan hanya membuat anda kebingungan.

Rute Pengguna Sepeda
Bagi anda yang sangat senang sekali dengan bepergian menggunakan sepeda untuk berangkat kerja, ke sekolah, ke kampus, dan aktifitas lainya, google juga sudah memberikan beberapa jalur untuk anda pengguna sepeda. Google maps akan memberikan jalur – jalur alternatif yang sangat cepat bagi anda yang sering mengendarai sepeda, dan tentunya jalan yang di berikan akan sangat aman sekali untuk di lalui.

Fasilitas Umum
Fasilitas umum yang tidak di ketahui masyarakat ternyata menjadi salah satu hal yang di incar oleh google maps, dimana google maps akan memberikan beberapa informasi mengenai fasilitas umum yang dapat di gunakan oleh masyarakat sekitar. Informasi fasilitas umum ini sangat di support sekali oleh para pengguna smartphone dan juga memiliki banyak respon yang sangat positif, dimana kita pengguna smartphone bisa mengetahui fasilitas umum seperti pom bensin, ATM, hotel atau penginapan, rumah makan, cafe, dan lain sebagainya.

Google sudah memberikan sebuah explore yang sagat luar biasa sekali, di samping kita bisa mengetahui beberapa jalur jalan, tapi kita juga bisa mengetahui lokasi – lokasi fasilitas umum yang ingin kita cari sendiri. Untuk menemukan fasilitas umum yang ingin kita cari bisa melalui menu lalu klik explore (ada di bagian bawah), dsitu anda tinggal masukan saja fasilitas umum apa yang ingin anda cari.


Itulah beberapa pembahsan dari kami mengenai google maps atau cara melihat kemacetan jalan di google maps, dimana sebenarnya masih banyak sekali fasilitas yang bisa kita gunakan di google maps sendiri, namun dari kebanyakan orang yang menggunakan mungkin itu saja yang harus di ketahui oleh para pengguna smarphone saat ini. Semoga ulasan dari kami ini memberikan informasi yang sangat baik sekali bagi anda.
Description: Cara Melihat Kemacetan Jalan di Google Maps
Rating: 4.5
Reviewer: Yuli Hertika
ItemReviewed: Cara Melihat Kemacetan Jalan di Google Maps

0 Komentar:

Post a Comment