Perbedaan Jangkauan Jaringan Antara 3G, 4G dan 5G

Pertanyaan tentang perbedaan dalam cakupan jaringan antara 3G, 4G dan 5G tampaknya menarik bagi banyak pembaca kami, jadi serbaCAR.com memutuskan untuk mendedikasikan postingan tentang hal tersebut.

Karena jumlah pengguna ponsel di dunia melonjak, jaringan seluler harus beradaptasi untuk menangani lebih banyak pengguna dan permintaan data yang sangat besar agar pelanggan tetap puas dengan seberapa cepat mereka dapat mengakses layanan berbasis internet. Setiap lompatan dalam kinerja atau kemampuan jaringan disebut generasi baru. Misalnya, 3G adalah generasi ketiga setelah 1G dan 2G.

Dengan 3G, smartphone umumnya melihat kecepatan download hingga sekitar 2Mbps (megabit per detik). Sebagai perbandingan, 4G sekitar 3 hingga 5Mbps; kira-kira kecepatan yang diterima banyak komputer rumah melalui modem kabel atau DSL. Kecepatan download 5G hingga 20.480 Mbps, lompatan besar dari generasi sebelumnya. Dengan generasi jaringan yang lebih tinggi datang kapasitas yang lebih tinggi, artinya dapat mendukung lebih banyak pengguna pada waktu tertentu. Ini juga akan memungkinkan kecepatan data yang lebih tinggi, sehingga aplikasi multimedia seperti video call, atau streaming video YouTube berfungsi lebih lancar.

Perbedaan Jangkauan Jaringan Antara 3G, 4G dan 5G

Dengan tower 3G, sekitar 60 hingga 100 orang dapat berbagi sinyal dan mendapatkan layanan yang cepat dan andal. Menara 4G, bagaimanapun dapat melayani sekitar 300 atau 400 orang. Ketika generasi jaringan berevolusi, para insinyur dan programer mengemas data digital sebanyak mungkin ke dalam setiap sinyal radio untuk memaksimalkan kecepatan dan efisiensi jaringan. Perbedaan antara generasi-generasi ini hanyalah sebuah jaringan yang meningkatkan pengalaman internet sebelumnya, jadi bukan 4G yang dua kali lebih baik dari 3G.

4G lebih efisien secara spektral daripada 3G, sama seperti 5G lebih efisien secara spektral daripada 4G. Setiap generasi memberikan lebih banyak data per hertz daripada yang sebelumnya. 3G bekerja pada frekuensi hingga 2.1Gigahertz, 4G hingga 2.5Gigahertz dan 5G dapat mencapai 95 Gigahertz. Itu sebabnya ada banyak hype di sekitar 5G. Jaringan nirkabel generasi ke-5 membahas evolusi di luar internet seluler hingga IoT kuat (Internet of Things). Kemampuan jaringan jauh lebih cepat daripada generasi sebelumnya dan karena itu dapat menghubungkan lebih banyak objek daripada sebelumnya, termasuk hal-hal seperti kendaraan yang terhubung, rumah yang terhubung dan kota pintar, sedangkan kecepatan dan keandalan 5G akan berarti bahwa era baru ehealthcare menjadi mungkin. Jaringan 5G juga akan menggunakan 'sel kecil' dibandingkan dengan 'sel makro' yang digunakan dalam jaringan 4G. Sederhananya, ini berarti ukurannya lebih kecil, membutuhkan daya lebih sedikit dan dapat dipasang lebih cepat.

Perbedaan Jangkauan Jaringan Antara 3G, 4G dan 5G

Dengan jaringan telepon seluler apa pun itu mereknya, sinyal berasal dari frekuensi yang digunakan. Secara umum, frekuensi rendah paling dapat diandalkan dan mampu menembus penghalang seperti bangunan, itulah sebabnya 3G akan sering bekerja di lebih banyak tempat daripada 4G. Frekuensi yang lebih tinggi lebih langsung tetapi juga lebih mudah tersebar oleh objek. Operator seluler yang ingin memberikan layanan yang lebih andal akan bertujuan untuk menggunakan frekuensi yang lebih rendah, namun mereka yang ingin pelanggan mereka memiliki akses ke kecepatan download yang lebih cepat juga akan bertujuan untuk menawarkan frekuensi yang lebih tinggi. Karena 5G akan menggunakan frekuensi yang lebih tinggi, yang memiliki jangkauan yang lebih terbatas, lebih banyak tower 5G perlu dipasang untuk mendukung keandalan jaringan. Namun, karena ini lebih kecil dan tidak memerlukan tower, mereka dapat ditempatkan di bangunan dan tiang lampu, misalnya.

Perbedaan Jangkauan Jaringan Antara 3G, 4G dan 5G

Karena sinyal 4G lebih jarang daripada 3G dan 5G, telepon mengeluarkan lebih banyak daya untuk mencari penerimaan 4G atau 5G, yang berarti usia baterai Anda lebih cepat habis menggunakan generasi yang lebih tinggi. Perlu juga dicatat bahwa Anda akan memerlukan ponsel yang mendukung 5G agar dapat mengakses jaringan ini. Karena 5G menggunakan lebih banyak data, Anda mungkin mendapati bahwa kuota data internet telepon Anda habis dengan sangat cepat!

Terlebih lagi, 5G juga memberikan kesempatan untuk membawa tingkat kepercayaan yang lebih tinggi dibangun di atas perlindungan privasi.

Itulah perbedaan jangkau jaringan 3G, 4G, dan 5G yang mungkin perlu Anda ketahui karena selama ini hanya menggunakanya saja tanpa mengetahui lebih dalam mengenai jaringan tersebut.

Atas

Tengah 1

Bawah