Bagaimana Cara Kerja Teknologi Face ID pada Smartphone? & Apakah Itu Terjamin Aman?

Model ponsel iPhone terbaru sejak iPhone X tahun 2017 memungkinkan pengguna untuk membuka kunci layar dengan wajah mereka. Dan model 2018 (XS, XS Max dan XR) telah menghapus Touch ID sehingga Anda tidak dapat lagi menggunakan sidik jari untuk mengakses perangkat Anda. Apple mendorong orang untuk percaya pada teknologi pengenalan wajah sebagai opsi default yang aman. Memang, perusahaan telah mengatakan bahwa peluang orang secara acak dapat membuka kunci ponsel Anda dengan Face ID adalah 1 banding 1.000.000. Touch ID dengan perbandingan adalah 1 dalam 50.000, jadi ini adalah peningkatan yang signifikan. Namun bagaimana cara kerja teknologi Face ID pada iPhone tersebut? Dan apakah aman untuk digunakan? Baca terus untuk mengetahui lebih jelas lagi.

Bagaimana Cara Kerja Teknologi Face ID pada Smartphone? & Apakah Itu Terjamin Aman?

Facial biometrics adalah jenis teknologi biometrik fisiologis. ID Wajah Apple berfungsi berkat sistem kamera TrueDepth perusahaan yang memetakan geometri (atau bentuk) wajah pengguna. Ini bekerja dengan menggunakan berbagai sensor termasuk flood illuminator (lampu), kamera inframerah, kamera depan, proyektor titik, sensor jarak dan sensor cahaya sekitar. Proses pendeteksian wajah dan pencocokan wajah untuk verifikasi / identifikasi sangat cepat.

Saat Anda menghidupkan telepon untuk pertama kalinya, Anda akan diminta memetakan wajah Anda. Anda juga dapat mengaktifkannya nanti dengan masuk ke Settings -> Face ID & Passcode.

Kamera TrueDepth menangkap data wajah Anda dеngаn mеmрrоуеkѕіkаn dаn mеngаnаlіѕіѕ lеbіh dari 30.000 tіtіk tаk terlihat untuk membuat реtа kеdаlаmаn wajah Andа. Pada saat yang sama, gambar inframerah wajah Anda juga dipotret. Ini kemudian berubah menjadi representasi matematis dan setiap kali Anda ingin membuka kunci ponsel, wajah Anda akan dirasakan lagi dan dibandingkan dengan data yang disimpan. Jika ini cocok, telepon akan terbuka. Untuk keamanan tambahan, data wajah Anda tidak pernah akan hilang dari telepon dan tidak ditransfer kemanapun sehingga tidak ada yang dapat mengaksesnya.

Fitur smart lainnya adalah kemampuan Face ID untuk berevolusi saat wajah Anda berubah. Jadi, jika Anda merias wajah atau menumbuhkan jenggot, Anda masih bisa masuk dan masih tetap work.

Bagaimana Cara Kerja Teknologi Face ID pada Smartphone? & Apakah Itu Terjamin Aman?

Keamanan
Satu pertanyaan yang dimiliki banyak orang adalah dapatkah sistem Face ID diakali atau diretas?

Pertama, Face ID tidak dapat dibodohi oleh foto wajah Anda. Beberapa telah mencoba membuat patung 3D dari wajah pengguna tetapi ini adalah pendekatan yang sangat canggih yang membutuhkan waktu berjam-jam sehingga pengguna tidak perlu khawatir tentang hal itu.

Juga, perlu ditunjukkan bahwa meskipun seseorang membodohi atau menipu iPhone agar tidak terkunci, mereka tidak memiliki cara untuk mengakses data pengenalan wajah Anda yang sebenarnya. Informasi itu disimpan dengan aman, dan tidak ada yang bisa mengekstraknya.

Teknologi pengenalan wajah aman dan cara yang sangat nyaman untuk mengakses perangkat Anda. Ini juga menarik karena lebih banyak orang akan terbiasa menggunakannya dan mulai membayar barang-barang dan mengakses layanan. Selain itu, meningkatnya penggunaan eGates di bandara untuk verifikasi ID yang cepat dan aman dalam perjalanan udara, berarti bahwa kami akan dapat memanfaatkan peluang yang diberikan oleh pengenalan wajah dengan lebih cepat.

Ini semua adalah bagian dari gerakan untuk menciptakan otentikasi biometrik yang aman, yang menggunakan berbagai teknik (seperti wajah dan sidik jari) untuk memastikan Anda adalah siapa Anda. Beri tahu kami jika Anda memiliki pertanyaan tentang Face ID atau biometrik. Ini semua adalah bagian dari gerakan untuk menciptakan otentikasi biometrik aman yang menggunakan berbagai teknik (seperti wajah dan sidik jari) untuk memastikan Anda adalah siapa Anda. Beri tahu kami jika Anda memiliki pertanyaan tentang cara kerja teknologi Face ID atau biometrik di kolom komentar.

Atas

Tengah 2

Bawah