Cara Mengetahui Foto Asli atau Hasil dari Edit Photoshop

Kita semua tahu ungkapan "Sebuah gambar bernilai ribuan kata." Sekarang, bayangkan apa yang akan terjadi jika gambar ini palsu atau dimanipulasi. Photoshop tidak diragukan lagi adalah program pengeditan foto terbaik yang pernah ada. Dan berkat tutorial Photoshop di YouTube, manipulasi foto tidak lagi hanya untuk para ahli. Siapa pun dapat mempelajari dasar-dasar Photoshop hanya dalam beberapa jam. Namun seperti segala sesuatu yang bermanfaat, Photoshop juga dapat digunakan dengan niat salah. Mayoritas "Photoshop fakes" tidak berbahaya. Tetapi, terkadang, Photoshop dapat digunakan untuk memalsukan dokumen, memanipulasi gambar untuk mengubah konteks, dan melakukan hal-hal ilegal lainnya.

Kecuali orang yang memanipulasi gambar memanglah ahli, maka dia akan meninggalkan jejak yang cukup. Kita dapat mencari jejak-jejak ini dan memeriksa apakah suatu gambar dipotret langsung atau tidak. Jadi, mari kita lihat bagaimana kita bisa melakukan itu.

Cara Mengetahui Foto Asli atau Hasil dari Edit Photoshop
via: Achmed Reza Jr

Cara Mengetahui Foto Asli atau Telah di Edit Photoshop

1. Cari Tanda-Tanda Kompresi Gambar
Trik ini paling cocok untuk mendeteksi dokumen palsu. Ketika ragu apakah dokumen itu dimanipulasi atau tidak, Anda dapat mengambil bantuan alat online yang disebut FotoForensics. Mulailah dengan mengunggah gambar yang Anda curigai dan klik tombol "Upload File." Ini akan menjalankan beberapa tes pada gambar yang diunggah dan menampilkan "compression heat map" sebagai output.

Misalnya, jika gambar akhir dalam format JPEG, maka seluruh gambar harus berada pada tingkat kompresi yang sama, namun ketika bagian dari gambar diedit kemudian, bagian tertentu akan memiliki tingkat kompres yang berbeda yaitu tampak lebih cerah dari yang lainnya

Jika itu masalahnya, gambar mungkin dimanipulasi. Namun, dalam semua kasus ini mungkin tidak 100% benar. Dalam situasi tersebut ikuti panduan detail dan tutorial video tentang cara menganalisis compression map untuk mengevaluasi apakah gambar yang Anda unggah adalah di edit dengan photoshop atau tidak.


2. Periksa Metadata atau Data Exif
Saat Anda mengambil gambar menggunakan kamera, informasi meta tambahan seperti tanggal, waktu, model kamera, geolokasi, dll. Secara otomatis ditambahkan ke dalamnya. Dalam beberapa kasus, metadata mungkin juga memiliki informasi tentang perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit atau memanipulasi gambar.

Meskipun informasi ini tidak dapat dilihat secara langsung, kami dapat menggunakan image metadata viewer dan photoshop edit detector untuk menarik semua metadata. Jika metadata memberi info yang berbeda maka apa yang dikatakan penyedia gambar maka itu bisa menjadi kasus manipulasi gambar.

Cara Mengetahui Foto Asli atau Hasil dari Edit Photoshop

Namun, metode ini bukan bukti lengkap. Lebih sering daripada tidak, foto yang sah harus dimanipulasi untuk menghapus objek latar belakang dan membuatnya terlihat lebih baik. Oleh karena itu, jika metadata mengatakan bahwa gambar itu diedit menggunakan Photoshop maka itu tidak berarti bahwa itu palsu. Selain itu, jika seseorang memiliki keterampilan yang cukup untuk memanipulasi gambar menggunakan Photoshop, mereka dapat dengan mudah memodifikasi dan menyembunyikan data Exif yang relevan dengan mudah.


3. Cari Bayangan
Jika gambar terdiri dari beberapa pemandangan atau hal-hal serupa maka selalu mencari bayangan dan lampu yang tidak cocok. Memanipulasi bayangan adalah salah satu hal paling sulit bahkan bagi seorang ahli Photoshop. Seringkali, pemula Photoshop tidak dapat membuat bayangan dan sudut pandang yang sempurna. Dengan demikian meninggalkan blind spot untuk mendeteksi apakah gambar itu telah di edit dengan photoshop atau tidak.


4. Perhatikan Ukuran Gambar
Gambar atau gambar yang dipalsukan menggunakan Photoshop seringkali berukuran terlalu besar dibandingkan dengan ukuran rata-rata yang seharusnya. Ini karena Photoshop bekerja dengan lapisan dan ketika sebuah gambar banyak dipotret, ukuran gambar cenderung meningkat karena semua lapisan dan konten tambahan. Namun, ingatlah bahwa orang dapat dengan mudah mengompres gambar untuk mengurangi ukuran. Jadi, metode ini tidak terlalu dapat diandalkan tetapi ada baiknya untuk diingat ketika mencari gambar-gambar photoshop palsu.


5. Gunakan Common Sense
Cara mengetahui foto asli atau hasil edit photoshop suatu gambar dimanipulasi adalah dengan menggunakan common sense. Misalnya, apa yang Anda pikirkan ketika Anda melihat gambar "Alien yang makan sushi di restoran Cina" atau "ular kobra raksasa menelan manusia dewasa." Demikian pula, jika Anda yakin, resep dimanipulasi, cukup hubungi toko dan tanyakan apakah pembelian itu dilakukan.


Untuk mengetahui apakah suatu gambar telah di edit dengan Photoshop atau bukan hanyalah pertanyaan tentang "siapa yang melakukan pengeditan". Misalnya, jika editornya kurang berpengalaman, ia akan meninggalkan jejak yang cukup jelas. Namun, jika tersangkanya adalah seorang ahli maka Anda juga akan membutuhkan seorang ahli. Dan itulah sebabnya kami memiliki orang yang bekerja di departemen forensik foto.

Atas

Tengah 1

Bawah