Kolom Pencarian...

5 Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi Di PC Atau Laptop


Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi Di PC Atau Laptop – Sebuah Laptop atau PC tentu tidak akan bisa langsung menjalankan beberapa media yang lain tanpa adanya pengaturan terlebih dahulu, dimana memang perangkat lunak atau hardware memang harus dilakukan dahulu sebuah settingan agar bisa berfungsi sebagai mana mestinya. Dalam pembahasan kali ini serbaCARA.com akan memberikan pencerahan kepada anda semua dalam mengatasi headset yang tidak berfungsi, ada beberapa penyebab yang memang headset tersebut tidak bisa berfungsi pada perangkat PC atau laptop.

Beberapa penyebab tersebut bisa saja kita tidak menyadarinya sendiri, dimana kita hanya menyadari kalau headset di colok ke perangkat PC atau Laptop itu seharusnya menyala namun ini tidak. Hal semacam ini mungkin cukup bermasalah bagi anda yang senang sekali dengan adanya musik dalam menemani kita memainkan PC, karena dengan headset ini kita akan mendengarkan musik dengan lebih tenang dan tidak menggagu orang di sekitar kita (kalau mendengarkan melalu sound besar atau salon aktif.)

Baik di bawah ini akan kami bahas megenai apa saja penyebab headset anda tidak berfungsi dan bagaimana cara mengatasinya dan memperbaikinya agar bisa berjalan kembali seperti biasanya.

Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi Di PC Atau Laptop

1. Pertama Lakukan Scan Hardware
Ketika anda menyambungkan headset anda ke perangkat PC atau laptop anda dan tidak mengeluarkan suara sama sekali, jangan anda simpulkan bahwa headset anda rusak atau yang lainya. Kemungkinan besar hal ini terletak pada hardwarenya sendiri, bisa hardware tersebut mengalami perubahan, softwarenya yang berbeda, atau lain sebagainya. Baik lihat cara mengatasinya di bawah ini, karena anda juga bisa melakukanya sendiri tanpa di bantu oleh seorang ahli dalam bidang komputer :


  • Silahkan klik tombol start pada perangkat anda lalu pada bagian komputer di klik kanan dan pilih yang manage.
  • Setelah itu akan ada tampilan baru dan silahkan klik yang namanya device manager.
  • Dan di sampingnya akan muncul nama  Sound, video and game controllers, silahkan klik yang itu (panah yang ke sampingnya). 
    Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi Di PC Atau Laptop
  • Disitu akan ada keterangan perangkat sudah terinstall atau belum, biasanya kalau belum akan ada icon kuning.
  • Setelah itu silahkan icon yang kuning tersebut di klik kanan, lalu pilih scan for hardware change.
  • Setelah proses selesai silahkan tutup semua aplikasi yang berjalan, lakukan restart komputer.
  • Silahkan coba lagi untuk memasukan headset ke perangkat PC atau Laptop kalian.
  • Done.



2. Kedua Lakukan Update Driver Software Anda
Cara yang satu ini hampir sama dengan cara yang di atas, namun untuk menggunakan cara ini posisi anda harus dalam keadaan online atau perangkat anda terhubung dengan koneksi internet untuk melakukan sebuah update. Kegagalan dalam memasang sebuah headset di perangkat anda sendiri, mungkin karena driver software anda memerlukan sebuah update layaknya seperti kita melakukan pembaruan aplikasi di playstore untuk memiliki fitur yang terbaru. Berikut caranya.


  • Lakukan hal yang sama seperti yang di atas, yang membedakan hanyalah ketika di bagian klik sound video and game controller.
  • Silahkan masuk sama seperti di atas tadi lalu pas bagian sound video and game controller langsung klik kanan saja. 
    Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi Di PC Atau Laptop
  • Setelah itu pilih update driver software.
  • Tunggu hingga proses selesai, dan silahkan restart kembali perangkat anda sendiri.
  • Done.



3. Mengubah Sampel Rate dan Bit Depth
Jika kalau kedua cara di atas masih belum bisa mengatasi permasalahan anda, mungkin bisa lakukan dengan cara yang ketiga ini. Mungkin dengan cara yang satu ini juga cukup bermanfaat dan memiliki kualitas yang cukup ampuh. Berikut caranya :


  • Pertama silahkan lihat di bagian pojok kanan bawah pada perangkat anda.
  • Disitu ada sebuah icon sound atau speaker, lalu di klik kanan icon tersebut.
  • Setelah itu silahkan pilih yang playback devices.
  • Disitu akan muncul tampilan baru dengan 4 pilihan kotak, pilih yang playback dan di dalamnya ada pilihan juga silahkan pilih sound / headphones.
  • Setelah di klik lalu pilih yang properties. 
    Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi Di PC Atau Laptop
  • Maka akan muncul kembali sebuah tampilan baru, dan pilih yang bagian paling ujung yaitu advance.
  • Silahkan pilih yang ada scroll kebawah (123 bit, 123 GHZ ) coba satu persatu untuk mencocokan mana saja yang cocok buat headset anda.
  • Setelah ada yang cocok silahkan di apply.
  • Done



4. Mengecek Soundcard Perangkat
Setelah cara di atas memang tidak bisa berfungsi dan tidak bisa di gunakan sama sekali, mungkin alangkah baiknya anda mengecek terlebih dahulu kondisi hardware yang ada pada perangkat anda sendiri. Tidak menutup kemungkinan soundcard yang anda gunakan saat ini sudah memiliki kerusakan yang tidak anda ketahui sendiri.

5 Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi Di PC Atau Laptop

Untuk mengecek soundcard pada perangkat anda rusak atau tidaknya mungkin cukup sulit untuk menjelaskanya disini, namun untuk cara simpelnya cobalah anda gunakan headset yang lain untuk mencobanya atau menggunakan sebuah speaker untuk mencobanya sendiri. Jika memang semua perangkat headset atau speaker sekalipun memang tidak menghasilkan suara, kemungkinan besar memang perangkat soundcard anda yang bermasalah dan harus di ganti.

Bagi anda pengguna PC mungkin ini bsa di katakan akan sangat mudah menggantinya karena tidak memiliki resiko yang sangat besar dalam mengganti sebuah soundcard (hardware), namun bagi pengguna laptop mungkin ini memiliki resiko yang cukup tinggi.


5. Cek Kondisi Headset
Dari beberapa cara di atas juga tidak menutup kemungkinan bahwa memang headset anda yang mengalami kerusakan sehingga tidak dapat memunculkan sebuah buara ketika di sambungkan ke perangkat anda, banyak juga kasus yang seperti ini yang menganggap headsetnya baik – baik saja namun pada kenyataanya memang headset anda yang mengalami kerusakan.

5 Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi Di PC Atau Laptop

Cobalah headset anda tersebut di smartphone atau HP yang saat ini anda gunakan, jika memang headset tersebut di gunakan di smartphone atau di HP tidak berfungsi maka memang headset anda yang sudah mengalami kerusakan. Intinya anda harus cermat – cermat saja dalam menggunakan teknolgi di masa sekarang ini, karena ada banyak penyebab yang tidak berjalanya sebuah teknologi.


Itulah beberapa pembahasan dari kami mengenai cara mengatasi headset tidak terdeteksi di PC atau Laptop, semoga bisa membantu anda semuanya dan memberikan pencerahan kepada anda dalam menghadapi masalah ini, silahkan lihat ulasan yang lainya di website kami, karena mungkin saja ada pembahasan yang telah kami buat yang sangat bermanfaat bagi anda semuanya. Terimakasi sudah berkunjung ke website kami.
Description: 5 Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi Di PC Atau Laptop
Rating: 4.5
Reviewer: Miko Virgoez
ItemReviewed: 5 Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi Di PC Atau Laptop

0 Komentar:

Post a Comment