Kolom Pencarian...

Cara Menggunakan Dan Manfaat OTG Pada Smartphone


Cara Menggunakan OTG - USB flash drive yang ada pada perangkat PC atau laptop memang di rasakan oleh para penggunanya untuk mempermudah dalam mentransfer data atau file, dalam hal ini di pengaruhi oleh sebuah teknologi yang terus berkembang dari hari ke hari. Seperti kita ketahui di tahun 2001 teknologi masih menggunakan sebuah disket untuk memindahkan sebuah data, setelah itu berubah ke media CD, dan terus berkembang sampai saat ini menjadi ada perangkat melalui USB flash untuk memermudahnya.

Dari waktu ke waktu sebuah USB kini tidak hanyabisa di pakai oleh perangkat PC atau laptop untuk mentransfer sebuah data saja, melainkan semenjak kehadiran dari smartphone sendiri kini memiliki banyak fungsi mulai dari mengecas smartphone, dan juga untuk USB OTG (on the go). OTG sendiri memiliki fungsi untuk perangkat tablet atau smartphone lalu bagaimana menggunakan dari OTG ini sendiri terutama bagi beberapa kalangan perangkat ini sangat penting, berikut beberapa ulasanya mengenai OTG.

Cara Menggunakan Dan Manfaat OTG Pada Smartphone

Mengetahui Android Anda Sudah Support USB OTG atau Belum

Untuk cara mengetahui hal ini anda harus mengingatnya, bahwa sebuah perangkat android (Smartphone atau tablet) ada yang sudah  support dan juga ada yang belum tergantung dari spesifikasinya sendiri, namun untuk perangkat smartphone atau tablet terbaru sepertinya sudah support. Untuk mengetahui hal ini, silahkan anda kunjungi website mengenai tipe smartphone anda atau anda bisa melihat di kotak headset anda di bagian pengaturanya sendiri.

Untuk di bagian pengaturan atau di bagian kontak headset sendiri biasanya ada sebuah keterangan USB OTG, dan untuk melihat pada sebuah website biasanya juga tertulis mengenai spesifikasi lengkap mengenai tipe smartphone anda. Selain dari website – website resminya, anda bisa melihat di website yang khusus mengulas tentang sebuah smartphone, dimana kalau ada kalimat mengenai USB Host maka smartphone anda sudah support dengan USB OTG. Salah satu website yang kami ketahui yang terus mengulas sebuah smartphone adalah phonearena, sidomi, dan lain – lain.

Cara yang lebih simpel untuk mengetahui smartphone atau tablet anda sudah support atau belumnya, anda bisa menggunakan bantuan dari playstore sendiri. Silahkan cari di google playstore dengan nama aplikasinya USB OTG Checker dan silahkan di install, dengan aplikasi tersebut anda akan bisa mengetahui apakah perangkat anda sudah support atau tidaknya.

Alat Bantu Pendukung USB OTG

Sesudahnya anda memastikan perangkat anda support atau tidaknya dengan USB OTG, namun tetap saja anda akan membutuhkan sebuah alat pendukung yang harus support untuk menjalankanya sendiri. Disini anda harus memiliki sebuah kabel USB OTG yang khusus, dimana anda tidak bisa menggunakan kabel biasa. Namun untuk beberapa smartphone terbaru juga kini pihak vendor sudah memberikan sebuah charge yang lengkap dengan fungsinya untuk kabel USB OTG, jika memang anda belum memilikinya silahkan beli di toko smartphone untuk harganya sendiri kini berkisar sekitar 50 ribuan.
Cara Menggunakan Dan Manfaat OTG Pada Smartphone
Saran dari kami jika anda ingin membeli sebuah kabel USB OTG di pasaran, kami sarankan untuk membawa perangkat anda sendiri ke tempat tersebut untuk melakukan uji coba secara langsung. Perlu di ingat biasanya beda tipe smartphone terkadang berbeda juga kabel USB OTG nya, jadi tidak ada salahnya jika anda membawanya dan mencobanya langsung di tempat pembelian tersebut.

Cara Menggunakan USB OTG

Jika anda sudah memeriksa perangkat anda support tidaknya dan juga sudah menyiapkan kabel yang bersangkutan, kini saatnya anda mencoba USB OTG tersebut apakah berfungsi atau tidaknya. Silahkan anda siapkan sebuah flashdisk yang sudah terisi Foto, Musik, Video atau media yang lainya untuk bahan perobaan saja, berikut beberapa langkah penggunaanya.

  1. Silahkan sambungkan terlebih dahulu USB Flash Drive (flashdisk) ke kabel OTG yang sudah anda miliki tadi.
  2. Lalu sambungkan ke perangkat anda untuk dapat mengkoneksikanya.
  3. Selanjutnya silahkan buka bagian file manager (pengelola file) yang ada di perangkat anda, namun perlu di ingat anda jangan masuk ke bagian galeri karena ini bukan galeri melainkan file manager.
  4. Untuk smartphone yang tidak memiliki file manager bawaan, silahkan download dahulu di playstore untuk mendapatkanya.
  5. Setelah masuk ke file manager silahkan cari folder dengan nama USB Flash Manager, namun biasanya nama folder tersebut juga berbeda – beda ada yang removable, USB Disk 1, dan lain sebagainya. Intinya cari saja folder yang isinya sama dengan isi dari flashdisk yang anda gunakan.
  6. Setelah di temukan folder tersebut, silahkan salin beberapa file yang ada di folder tersebut ke perangkat smartphone anda sendiri.
  7. Selesai.

Perhatian penting : setelah anda menggunakan ini, jangan langsung anda mencabut USB OTG tersebut dari perangkat anda karena akan dapat merusak USB dan juga perangkat anda sendiri. Untuk menghentikanya silahkan masuk ke bagian setting –> storage –> USB Storage –> unmount external storage – tunggu beberapa saat hingga proses selesai – baru anda dapat mencabutnya.


Manfaat Menggunakan USB OTG
Menggunakan USB OTG sebenarnya tidak hanya bisa di lakukan untuk sebuah pemindahan data saja melainkan masih banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan, berikut beberapa manfaat yang bisa anda rasakan dalam menggunakan USB OTG ini di smartphone anda sendiri.

Bermain Game Dengan Controller
Salah satu kesukaan pengguna smartphone adalah bermain game, apalagi para kalangan anak remaja yang kemungkinan tidak ada sebuah game di smartphonenya itu sangatlah 10% apalagi sekarang ini ada game mobile legend yang sangat diminati oleh para pengguna smartphone. Salah satu controller yang sudah support dengan USB OTG adalah Xbox 360 Controller, dimana controller ini dapat di gunakan di smartphone dan juga tablet yang sudah support USB OTG.

Cara Menggunakan Dan Manfaat OTG Pada Smartphone

Jadi bisa di katakan USB OTG ini sangat di rekomendasikan bagi anda semuanya yang sangat suka sekali dengan yang namanya game, dimana nantinya anda bermain game tidak perlu menekan perangkat anda dengan sekencang – kencangnya karena dapat merusak layarnya sendiri. Dengan adanya controller ini mau anda tekan bagaimanapun juga terserah, karena yang akan mengalami kerusakan hanyalah sebuah controller bukan perangkat smartphone anda sendiri.


Melakukan Print Dokumen
Smartphone saat ini sudah sangat canggih sekali dimana di dalamnya kita memilki sebuah email dari google yang akan menghubungkan ke semua fitur yang ada di perangkat android kita, dimana tidak sedikit juga dengan adanya email yang aktif di perangkat kita sendiri ada yang mengirimkan beberapa file dokumen yang sangat penting sekali. Khususnya bagi anda yang masih pelajar yang terkadang membutuhkan sebuah email untuk menerima dokumen atau lain sebagainya, dan dengan menggunakan USB OTG ini kita bisa langsung mencetak dokumen penting tersebut ke alat printer.

Cara Menggunakan Dan Manfaat OTG Pada Smartphone

Anda tinggal menghubungkan USB OTG anda saja ke sebuah perangkat printer dan anda bisa langsung mencetaknya, sebelum adanya atau hadirnya USB OTG ini tentunya anda harus memiliki sebuah perangkat PC atau laptop yang harus menghubungkan ke printer. Dengan hadirnya USB OTG ini tentu membuat anda lebih mudah dalam mencetak dokumen, tanpa harus menyalakan terlebih dahulu PC atau Laptop anda.


Menghubungkan Keyboard
Walaupun di perangkat tablet atau smartphone sudah tersedia aplikasi microsoft office yang bisa di dapatkan di google playstore, mungkinan besar tetap saja untuk melakukan pengetikan tugas yang sangat banyak sekali menggunakan media PC atau laptop. Hal ini memang di rasakan juga oleh siapapun juga karena kenyamananya lebih enak, namun bagaimana jika kasusnya anda tidak memiliki sebuah perangakt PC atau laptop namun harus mengerjakan sebuah tugas dengan mengetik kalimat dengan sangat banyak sekali contohnya saja adalah sebuah skripsi.

Cara Menggunakan Dan Manfaat OTG Pada Smartphone

Dengan bantuan USB OTG ini sebenarnya anda bisa menggunakan smartphone atau tablet anda dalam membuat sebuah tulisan yang banyak sekali di microsoft office, anda juga akan merasa nyaman dengan mengerjakan pengetikan menggunakan sebuah keyboard external yang harganya sangat terjangkau sekali. Kalau setiap anda mengetik harus pergi ke warnet secara otomatis keuangan anda akan membengkak, jadi manfaatkan USB OTG ini untuk membantu pengerjaan skripsi anda.


Itulah beberapa pembahasan mengenai cara menggunakan OTG yang bisa kami berikan kepada anda, sebenarnya untuk manfaat sendiri masih banyak lagi yang bisa di sampaikan oleh kami seperti untuk Mengontrol Kamera DSLR, Merekam Suara Gitar, dan lain sebagainya. Semoga ulasan dari kami ini cukup bermanfaat bagi anda semuanya, terimakasih sudah berkunjung ke website kami.
Description: Cara Menggunakan Dan Manfaat OTG Pada Smartphone
Rating: 4.5
Reviewer: Miko Virgoez
ItemReviewed: Cara Menggunakan Dan Manfaat OTG Pada Smartphone

0 Komentar:

Post a Comment