Kolom Pencarian...

Cara Mengatasi Flashdisk Yang Tidak Terbaca


Cara Mengatasi Flashdisk Yang Tidak Terbaca -  Flashdisk adalah sebuah media atau alat yang cukup di butuhkan oleh para pengguna PC, laptop, Pekerja, Pelajar, Guru, dan lain sebagainya, dimana flashdisk ini memang sangat membantu dalam menyimpan sebuah file yang bisa di bawa kemana – mana. Contoh kecilnya bagi seorang pelajar (Mahasiswa), dimana mereka sangat membutuhkan sebuah flashdisk untuk mengerjakan tugas atau dalam menghadapi sebuah presentasi di dalam kampus.

Flasdisk disini bisa di katakan sebagai hardisk mini yang portable, dimana ukuranya yang sangat kecil namun memiliki ruang penyimpanan yang cukup besar sekali untuk menampung sebuah file data. Ukuran dari flasdisk juga sangat bervariasi sekali, pantauan dari serbaCARA.com sendiri ukuran atau ruang penyimpanan paling kecil yakni 2 GB dan yang paling besar sendiri mencapai 64 GB. Ukuran yang sangat besar menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki oleh flashdisk di masa sekarang ini.

Cara Mengatasi Flashdisk Yang Tidak Terbaca

Namun terkadang sebuah flasdisk tidak selamanya selalu benar dan bisa di gunakan kapan saja, dimana ada beberapa kendala yang sering sekali di hadapi oleh para pengguna flasdisk itu sendiri. Salah satu keluhan yang dirasakan oleh pengguna flashdisk adalah tidak terbacanya flashdisk ketika di sambungkan ke PC atau laptop, dan ini menjadi masalah yang cukup besar jika memang orang tersebut tidak mengetahui bagaimana cara menyelesaikanya. Dalam pembahasan kali ini serbaCARA.com akan memberikan beberapa tips bagi anda yang memiliki permasalahan flashdisk tidak terbaca, dan semoga Cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca yang kami share ini bisa memberikan pencerahan bagi anda semuanya. Berikut ulasanya.

Langkah Cara Mengatasi Flashdisk Yang Tidak Terbaca

1. Cek Port USB PC atau Laptop
Petama yang harus anda lakukan adalah mengecek kondisi dari port usb yang ada pada PC atau laptop anda sendiri, karena tidak sedikit yang mengalami hal seperti ini dimana port tersebut sudah rusak atau sudah karatan sehingga tidak bisa membaca flashdisk yang di sambungkan. Ketika kondisi port tersebut rusak atau karatan, besar kemungkinan akan mengalai kerusakan sambungan jika hal ini terjadi pada PC atau laptop anda sendiri.

Cara Mengatasi Flashdisk Yang Tidak Terbaca

Untuk mengecek atau melakukan pengecekan terhadap port anda sendiri sangat mudah sekali dalam melakukanya, silahkan colokan atau sambungkan dahulu flashdisk ke PC atau Laptop yang lainya bukan menggunakan PC atau Laptop anda yang tadi tidak bisa terbaca, jika hal ini lancar – lancar saja di perangkat lain maka memang port PC atau Laptop anda yang mengalami permasalahan dan harus melakukan pembenaran.


2. Mengecek Kondisi Flashdisk
Selain dari perihal yang di atas, anda juga harus cermat mengamati flashdisk yang anda gunakan apakah flashdisk anda yang bermasalah atau memang tidak. Biasanya flashdisk yang rusak itu di karenakan port yang rusak atau karatan, terkena air dan anda tidak mengeringkanya terlebih dahulu, terkena sebuah virus pengunci, dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Flashdisk Yang Tidak Terbaca

Cara cek kondisi atau mengecek kesehatan dari flasdisk anda sendiri caranya cukup simpel sekali, anda bisa menggunakan peragkat PC/laptop teman anda atau anda menggunakan flashdisk yang memang berjalan. Untuk menggunaan perangkat PC lain kalau hanya flashdisk anda saja yang tidak bisa terbaca sudah pasti flashdisk anda yang rusak, atau anda menggunakan flasdisk teman anda yang sehat dan coba sambungkan di port yang sama di PC atau Laptop yang anda gunakan saat ini.

Baca Juga:
Tips Cara Merawat Flashdisk Yang Baik dan Benar
Cara Mengembalikan File Flashdisk Yang Hilang Karena Virus

3. Menggunakan Fitur Windows
Cara yang ketiga ini terbilang cara yang sangat jarang sekali di lakukan oleh kebanyakan pengguna flashdisk, karena bisa di katakan cara yang satu ini hanya di ketahui oleh para pengguna flasdisk yang sudah mahir sekali atau ilmu pengetahuan tentang dunia komputer sudah sangat dalam. Cara ini bisa di katakan kita melakukan sebuah scan flasdisk sendiri, dan kelebihanya menggunakan cara ini adalah bisa di katakan sebagai pemindai flasdisk sendiri untuk mengatasi kerusakan – kerusakan ringan. Berikut caranya di bawah ini :
  • Silahkan sambungkan terlebih dahulu flashdisk anda ke PC atau laptop.
  • Tunggu beberapa saat (tunggu sekitar 30 detik).
  • Selanjutnya silahan pada tombol windows (Start) di klik kanan.
  • Pilih yang bagian Disk Management.
  • Lalu silahkan pilih disk flashdisk anda sendiri. Disk flashdisk biasanya ada di E atau F, tergantung anda membagi partisi disknya menjadi berapa. 
    Cara Mengatasi Flashdisk Yang Tidak Terbaca
  • Setelah itu silahkan di klik kanan lalu pilih properties.
  • Setelah muncul menu atau tab baru, silahkan klik Tools lalu pilih Check.
  • Setelah itu akan muncul kembali tampilan baru, silahkan klik Scan And Repair Drive.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses selesai, maka akan ada keterangan flashdisk anda dalam kondisi seperti apa.

Biasanya setelah melakukan proses yang satu ini, flashdisk anda yang tadinya memiliki kendala – kendala atau kerusakan – kerusakan ringan, biasanya akan kembali berjalan dengan normal dan akan berjalan kembali seperti biasanya.


4. Melakukan Format Dengan Bantuan CMD
Kebayakan pengguna flashdisk ketika melakukan formating biasanya mereka hanya melakukanya di bagian klik kanan saja, namun sapa sangka sebenarnya cara yang satu ini adalah cara yang biasa saja dan kurang joss untuk melakukan formating pada flashdisk. Pemformatan pada flashdisk yang bertujuan untuk menghilangkan semua file dengan tuntas bisa di lakukan dengan bantuan CMD, dimana dengan cara ini ini flashdisk akan benar – benar terhapus.
  • Silahkan sambungkan terlebih dahulu seperti cara yang pertama di atas tadi.
  • Setelah itu pada bagian windows, silahkan di klik biasa (bukan klik kanan).
  • Setelah muncul menu, silahkan klik CMD di bagian pencarian program atau bisa juga tekan Windows+R ketik CMD dan tekan Enter.
  • Setelah itu silahkan di klik CMD tersebut dan akan memunculkan sebuah aplikasi baru yakni CMD. 
    Cara Mengatasi Flashdisk Yang Tidak Terbaca
  • Pada tampilan tersebut, silahkan anda ketikan saja FORMAT F:/FS:FAT (keterangan : huruf F tersebut itu menunjukan lokasi disk flashdisk sendiri, silahkan ini sesuai lokasi disk flashdisk anda sendiri). Dalam memilih lokasi drive dimana flasdisk berada harus hati-hati karena jika salah memilih drive maka bisa-bisa yang diformat bukan flasdisk tersebut.
  • Setelah selesai, silahkan anda klik enter saja untuk melakukan eksekusi.

Melakukan tindakan format dengan cara yang satu ini (CMD) adalah cara yang sangat efektif sekali, namun bagi anda yang terbilang masih asing dengan CMD ini sebaiknya anda jangan mencoba – coba karena nanti dampaknya sangat besar sekali jika anda salah memasukan kode atau perintah.


Itulah beberapa pembahasan cara mengatasi flashdisk tidak terbaca dari kami untuk anda yang saat ini mengalami permasalahan dengan flashdisknya sendiri, semoga ulasan dari kami ini bisa membantu teman – teman semuanya dalam mengatasi masalah di dunia teknologi. Terimakasih sudah berkunjung, silahkan di SHARE dan LIKE jika ulasan dari kami ini di rasa sangat bermanfaat bagi semua pengguna sosial media.
Description: Cara Mengatasi Flashdisk Yang Tidak Terbaca
Rating: 4.5
Reviewer: Yuli Hertika
ItemReviewed: Cara Mengatasi Flashdisk Yang Tidak Terbaca

0 Komentar:

Post a Comment