Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Cara Mengembalikan File Flashdisk Yang Hilang Karena Virus

Flashdisk atau bisa juga disebut sebagai USB Drive atau MicroDisk adalah sebuah perangkat keras (hardware) komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data yang memiliki kapasitas yang berbeda-beda, mulai dari 2 GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB, 32 GB, dan seterusnya.

Selain sebagai media penyimpanan, flashdisk juga memiliki beberapa fungsi lainnya antara lain untuk melindungi file-file dari virus dan sejenisnya, sebagai partisi harddisk, menjalankan aplikasi portabel, dan lain sebagainya. Flashdisk sendiri memiliki bentuk yang kecil dan berbeda-beda, itulah mengapa banyak orang yang menyukai alat media penyimpanan yang satu ini dikarenakan bentuknya yang kecil, ringan dan mudah untuk disambungkan ke PC atau Laptop mereka.

Cara Mengembalikan File Flashdisk Yang Hilang Karena Virus

Namun seiring berkembangnya teknologi, semakin banyak pula masalah yang sering muncul khususnya pada keamanan flashdisk itu sendiri. Meskipun salah satu fungsi flashdisk adalah untuk membuat file-file aman dari virus, namun seperti yang kita ketahui bersama bahwa flashdisk ini sering digunakan untuk memindahkan data-data dari berbagai komputer, sehingga menimbulkan celah virus-virus yang masuk terutama adalah virus shortcut yang mengakibatkan file-file atau data dalam flashdisk tersebut menjadi hilang atau dapat dikatakan disembunyikan dalam bentuk shortcut (file tiruan).

Untuk Anda yang mengalami masalah ini maka Anda tidak perlu khawatir, karena kali ini serbaCARA.com akan berbagi tutorial mengenai cara mengembalikan file flashdisk yang hilang karena virus. Langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

Berikut Cara Mengembalikan File Flashdisk Yang Hilang Karena Virus:

1. Pertama-tama colokkan atau sambungkan flashdisk yang bermasalah ke PC atau Laptop Anda.
2. Kemudian buka Command Prompt (CMD), caranya adalah dengan klik tombol Start >> All Programs >> Accessoriess >> Command Prompt.

Cara Mengembalikan File Flashdisk Yang Hilang Karena Virus

3. Setelah CMD-nya Anda buka, langkah selanjutnya adalah dengan mengetikkan nama atau huruf drive flashdisk tersebut, contohnya drive flashdisk yang Anda sambungkan berada di F:, maka ketikkan huruf "F:" (tanpa tanda petik) pada CMD dan tekan Enter.

Cara Mengembalikan File Flashdisk Yang Hilang Karena Virus

4. Berikutnya ketik attrib -s -h *.* /s /d (perhatikan penulisan huruf dan spasinya), dan tekan Enter lagi. Baca Juga: Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak Tidak Terbaca Oleh Komputer/Laptop

Cara Mengembalikan File Flashdisk Yang Hilang Karena Virus

5. Setelah selesai, sekarang Anda dapat melihat hasilnya pada flashdisk Anda, maka semua file atau data yang hilang akan kembali seperti semula.

Demikianlah artikel tentang tutorial, tips dan trik komputer mengenai cara mengembalikan file flashdisk yang hilang karena virus, semoga dapat bermanfaat untuk Anda semua.

0 komentar:

Poskan Komentar