Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak Tidak Terbaca Oleh Komputer/Laptop

Pada artikel kali ini kami akan mengulas sebuah tips komputer, yaitu tentang cara memperbaiki flashdisk yang tidak tebaca oleh komputer maupun laptop. Penyebab pada kerusakan flashdisk itu bermacam-macam, bisa karena virus, bisa juga karena anda sering memasang dan mencabut flashdisk dari USB tanpa perintah terlebih dahulu, dan bisa juga karena sering dibuat untuk menginstal windows.

Tetapi sebelumnya bisa anda lihat penyebab dari rusaknya flashdisk anda. Jika masalahnya pada hal-hal tertentu dan tidak bisa terbaca oleh komputer atau laptop anda maka bisa anda coba perbaiki dengan cara yang kami jelaskan pada artikel cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca.

Kadang memang membuat kita jengkel apabila flashdisk yang kita punya mengalami masalah/error, apalagi jika file-file yang ada di dalam flashdisk tersebut sangat penting. Tetapi jika anda menggunakan flashdisk tidak dengan cara asal-asalan dan anda gunakan sesuai prosedur pemakaian maka flashdisk itu sendiri tidak akan mengalami masalah yang serius. Kebanyakan orang saat mencabut flashdisk pada komputer atau laptop tanpa menggunakan "Safely Remove" sehingga flashdisk akan mengalami pemaksaan cabut. Baiklah bagi anda yang sedang bingung karena flashdisk tidak terbaca oleh PC maka bisa ikuti langkah-langkah cara memperbaiki flashdisk rusak tidak terbaca oleh komputer/laptop berikut ini.

Langkah-langkah Cara Memperbaiki Flashdisk

Cara Memperbaiki Flashdisk - Metode 1
  1. Pertama masukkan flashdisk pada port USB komputer atau laptop.
  2. Apabila sudah sekarang menuju "Start" > Run, pada klom Run ketik: compmgmt.msc
    Cara Memperbaiki Flashdisk
     
  3. Lalu klik "Storage" > "Disk Management".
  4. Disitu flashdisk akan terdeteksi.
  5. Klik kanan pada flashdisk anda lalu pilih "Creat Partition".
  6. Setelah itu bisa anda format flashdisk-nya dengan cara klik kanan pada flashdisk lalu pilih "Format". (Jangan sampai salah format, biasanya orang kurang teliti yang di format malah drive D atau yang lainnya).

Baca juga: Cara Merubah PDF ke Word Secara Online dan Gratis

Cara Memperbaiki Flashdisk - Metode 2
  1. Pertama-tama masukkan flashdisk ke port USB laptop atau komputer anda.
  2. Selanjutnya buka "Control Panel", kemuadian cari dan pilih "Add device". 
    Cara Mudah Memperbaiki Flashdisk
      
  3. Lalu klik "Next", dan pilih "Yes, I have already connected the hardware".
  4. Sampai disini jika sudah muncul ikon "Removable hardware" di sebelah kanan bawah, dan munculnya menu Autorun, dan munculnya drive yang baru pada "My computer" maka flashdisk anda sudah berhasil terdeteksi dan dikenali oleh komputer atau laptop anda.
  5. Apabila sudah seperti itu maka proses pendektesian bisa anda cancel.

Sebuah Pembahasan Tentang Cara Memperbaiki Flashdisk

Itulah artikel tentang cara memperbaiki flashdisk rusak yang tidak terbaca oleh komputer atau laptop. Jika flashdisk tidak bisa diperbaiki dengan cara di atas coba anda gunakan software bernama "MiniTool", apabila memang tidak bisa diperbaiki kemungkinan flashdisk anda sudah rusak total.

0 komentar:

Poskan Komentar