Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Cara Mengatasi Komputer Hang / Not Responding

Pada kesempatan kali ini SerbaCara.com akan membahas postingan tutorial, tips dan trik komputer mengenai Cara Mengatasi Komputer Hang / Not Responding. Di era yang serba modern ini, penggunaan perangkat komputer desktop ataupun laptop menjadi sebuah kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi dalam membantu menyelesaikan pekerjaan manusia, seperti pekerjaan sekolah, kuliah, maupun kantor. Namun, tak jarang kebanyakan pengguna komputer atau laptop yang sering mengalami hang/error pada komputer mereka. Sebenarnya apa itu yang dimaksud dengan komputer hang, error, atau not responding?

Cara Mengatasi Komputer Hang / Not Responding

Bagi pengguna komputer atau laptop pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah komputer hang atau not responding, terutama bagi Anda yang sudah sering mengalami komputer hang atau macet. Lantas apa itu yang disebut sebagai hang? pengertian hang secara umum berarti "Rusak", yaitu kondisi atau keadaan dimana suatu sistem atau program berhenti memberikan input atau masukkan, dalam artian pada komputer yang hang akan mengalami not responding atau tidak dapat merespon segala perintah yang dimasukkan baik oleh mouse maupun keyboard.

Ada beberapa penyebab sebuah komputer mengalami hang atau not responding, antara lain cpu yang terlalu panas atau over heat, harddisk bermasalah atau bad sector, kondisi memory RAM yang buruk, kerusakan pada sistem operasi, adanya virus atau malware yang menyerang komputer, dan lain sebagainya. Untuk itu kali ini saya akan memberikan solusi yang tepat bagaimana cara mengatasi komputer yang sering hang atau not responding, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

Berikut Cara Mengatasi Komputer Hang / Not Responding:

1. Lakukan Pembersihan Debu dan Kotoran di Komputer
Cara yang paling umum dilakukan adalah dengan membersihkan komponen-komponen di dalam komputer Anda dari debu dan kotoran secara rutin. Meskipun hal ini terbilang sepele, namun dengan melakukannya secara rutin minimal 1 bulan sekali, maka nanti Anda akan melihat hasilnya sendiri komputer Anda akan terhindar dari hang atau not responding.

2. Periksa Power Supply atau Sumber Tegangan Listrik
Power Supply biasanya digunakan komputer untuk menghantarkan tegangan listrik secara langsung kepada komponen atau perangkat keras lainnya yang terdapat di dalam komputer. Apabila terjadi kerusakan atau drop pada power supply maka akan berakibat pada panasnya suhu pada power supply, sehingga komputer tidak bisa berjalan secara normal atau secara semestinya. Langkah yang paling tepat adalah dengan menempatkan cpu Anda pada tempat yang sirkulasi udaranya cukup agar tidak cepat panas.

3. Lakukan Defrag Harddisk
Harddisk menjadi salah satu komponen utama komputer atau laptop. Harddisk berperan sebagai tempat penyimpanan berbagai data dalam komputer. Dikarenakan waktu penggunaan komputer sehari-hari yang mengakibatkan harddisk mengalami kerusakan atau bad sector, sehingga data yang disimpan pada harddisk tidak dapat dibuka. Solusinya adalah dengan rutin melakukan defrag harddisk, caranya klik Start > All Programs > Accessoriess > System Tools > Disk Defragmenter.

Baca Juga: Cara Mengatasi Task Manager yang Tidak Bisa Dibuka (Disabled)

4. Hapus Program yang Bermasalah
Suatu program perangkat lunak atau software yang mengalami kerusakan atau error seringkali menyebabkan komputer menjadi hang atau not respond. Solusinya adalah dengan meng-uninstall terhadap program yang bermasalah atau yang mengalami error saat dijalankan. Dengan demikian akan membuat komputer Anda terhindar dari hang atau not responding.

5. Install Ulang Sistem Operasi
Sistem operasi merupakan bagian dari komputer yang sangat berperan penting dalam penggunaan komputer Anda. Sistem operasi atau OS yang bermasalah seringkali disebabkan oleh kerusakan pada program dan juga bisa dikarenakan oleh virus yang terjangkit. Solusi yang paling tepat adalah dengan menginstall ulang sistem operasi Anda untuk mengatasi komputer yang hang.

Demikianlah postingan tentang tutorial, tips dan trik komputer mengenai cara mengatasi komputer hang atau not responding, semoga dapat bermanfaat untuk Anda semua.

2 komentar: Leave Your Comments

  1. oke ane coba deh nanti kalo pas hang hehehe, salam dari www.dapurtips.com gan

    BalasHapus
  2. makasih gan infonya :)


    Isi Ulang Voucher Pulsa , Token , Maupun Bayar PPOB Secara Online Selain Mudah Juga Bisa di Lakukan Kapan dan Di mana saja Anda Membutuhkannya.Klik Sekarang www.serbabayar.com Layanan Beli Online Terpercaya Buka 24 Jam.

    BalasHapus