Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Cara Mengatasi Task Manager yang Tidak Bisa Dibuka (Disabled)

Pada kesempatan kali ini SerbaCara.com akan membagikan bahasan tentang tutorial, tips dan trik komputer mengenai cara mengatasi task manager yang tidak bisa dibuka atau tidak muncul karena disabled. Mungkin sudah banyak diantara kalian yang tau apa itu task manager, namun sebagian juga mungkin ada yang belum tahu tentang task manager ini. Menurut Wikipedia, Task Manager (TaskMgr) adalah sebuah aplikasi pada sistem operasi Windows yang menyediakan informasi rinci komputer, diantaranya mengenai kinerja komputer dan menjalankan aplikasi, proses dan penggunaan CPU, melakukan informasi muatan dan memori, aktivitas jaringan dan statistik, log-in pengguna, dan sistem pelayanan. Untuk mengakses Task Manager ini biasanya dapat dilakukan dengan cara klik kanan pada Taskbar lalu pilih pada Start Task Manager, bisa juga dengan melalui shortcut keyboard yaitu Ctrl + Alt + Delete atau bisa juga Ctrl + Shift + Esc.

Cara Mengatasi Task Manager yang Tidak Bisa Dibuka (Disabled)

Namun bagi sebagian pengguna komputer atau laptop, Task Manager ini juga terkadang tidak bisa dibuka atau tidak muncul pada taskbar. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh virus atau malware yang menyebabkan task manager tidak dapat dijalankan dalam artian didisabled oleh virus, biasanya keluar pesan "Task Manager has been disabled by your administrator". Tetapi untuk Anda yang mengalaminya maka Anda tidak perlu cemas dan khawatir berkepanjangan, karena hal tersebut dapat diatasi dan tepat sekali Anda menemukan blog ini karena akan dibahas mengenai cara mengatasi atau mengaktifkan task manager yang tidak bisa dibuka, dikunci ataupun didisabled. Langsung saja simak tutorialnya di bawah ini.

Berikut Cara Mengatasi Task Manager yang Tidak Bisa Dibuka (Disabled):

Cara Pertama: Mengaktifkan Task Manager Melalui Local Group Policy Editor
Langkah-langkah:
1. Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuka Run, caranya klik tombol Start, lalu cari "Run" (bisa juga dengan menekan "windows + R"). Setelah itu pada Run, ketikkan "gpedit.msc" dan tekan tombol Enter.
2. Setelah terbuka, klik pada User Configuration >> Administrative Templates
3. Pilih System >> Ctrl+Alt+Del Options.
4. Klik dua kali pada Remove Task Manager >> Pilih Disabled >> klik tombol Apply dan OK.
5. Lakukan Restart pada komputer Anda.

Cara Kedua: Mengaktifkan Task Manager Melalui Registry Editor
Langkah-langkah:
1. Pertama-tama jalankan Run, caranya klik tombol Start, lalu cari "Run" (bisa juga dengan menekan "windows + R"). Setelah itu pada Run, ketikkan "regedit" dan tekan tombol Enter.
2. Pada Registry Editor, pilih HKEY_CURRENT_USER pada sisi kiri.
3. Pilih Software >> Microsoft >> Windows >> CurrentVersion >> Policies >> System.
4. Beralih ke samping kanan, silahkan Anda hapus DisableTaskMgr atau bisa juga dengan mengganti valuenya menjadi 0.
5. Lakukan Restart pada komputer Anda.

Cara Ketiga: Mengaktifkan Task Manager Melalui Notepad
Langkah-langkah:
1. Pertama-tama buka Notepad.
2. Lalu salin script di bawah ini dan letakkan atau paste ke dalam notepad.
[Version]
Signature=”$Chicago$”
Provider=mailplus
[DefaultInstall]
DelReg=del
[del]
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System,DisableTaskMgr
3. Kemudian simpan file ke komputer Anda dengan nama "aktifkan.inf".
4. Setelah disave, klik kanan pada file tersebut lalu klik install. Dengan demikian file tersebut akan memperbaiki regedit task manager dan mengembalikannya ke settingan default.

Demikianlah postingan tentang Cara Mengatasi Task Manager yang Tidak Bisa Dibuka (Disabled), semoga dapat bermanfaat untuk Anda semua.

0 komentar:

Poskan Komentar