Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

3 Cara Memperbaiki Kartu Memori Tidak Terbaca di Android


Apa Kartu Memori itu? Kartu Memori (Micro SD) adalah sebuah perangkat yang berukuran yang kecil dan merupakan perangkat tambahan yang sangat penting untuk HP. Fungsi Kartu Memori ini tidak lain adalah sebagai media penyimpanan file dengan ukuran atau kapasitas yang berbeda-beda. Karena fungsinya yang sangat penting tersebut, banyak orang yang menggunakan kartu memori atau SD Card ini untuk menyimpan berbagai file dalam handphone atau smartphone Android mereka dalam ukuran mulai dari yang kecil hingga yang besar. Kartu memori atau SD Card ini disediakan dengan kapasitas yang berbeda, mulai dari 2 GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB, 32 GB, 64 GB, hingga 128 GB. Itu tergantung keperluan Anda dalam hal simpan menyimpan file-file penting di HP Android Anda.
Kartu Memori - SD Card
Nah, yang menjadi masalah adalah terjadinya kartu memori yang error, rusak atau tidak terbaca sama sekali (corrupt) di perangkat Android. Bukan hanya itu saja, melainkan ada file-file penting di dalamnya baik itu seperti file, dokumen, foto, musik, video, dan lainnya. Sebenarnya untuk mengatasi atau memperbaiki kartu memori atau SD Card yang tidak terbaca/terdeteksi itu tidak terlalu sulit jika Anda mau mencobanya. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena kali ini saya akan bahas mengenai cara memperbaiki kartu memori rusak atau tidak terbaca di Android dengan Mudah.

Cara Memperbaiki Kartu Memori Tidak Terbaca di Android:

Berikut 3 Cara Memperbaiki Kartu Memori Tidak Terbaca di Android:

Cara Pertama:
Langkah-langkah:
1. Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah matikan terlebih dahulu ponsel Android Anda, lalu keluarkan kartu memori atau SD Card Anda dari HP Android Anda.
2. Kemudian bersihkan lempengan tembaga yang berwarna kuning keemasan dengan penghapus pensil berwarna putih, caranya dengan menggosoknya secara perlahan hingga terlihat bersih.
3. Masukkan kembali kartu memori tersebut ke dalam slot Micro SD dan periksa apakah kartu memorinya sudah terbaca atau belum.

Cara Kedua:
Langkah-langkah:
1. Pertama silahkan Anda buka Settings atau Pengaturan.
2. Scroll ke bawah lalu pilih menu Storage atau Penyimpanan.
3. Kemudian klik Erase SD Card/Hapus Kartu SD, dimana akan menghapus seluruh data dalam kartu memori Anda, dalam artian kartu memori Anda akan kembali seperti semula/saat baru dibeli.
Baca Juga: Tujuh Alasan Mengapa Android Lebih Baik Dari iOS

Cara Ketiga:
Langkah-langkah:
1. Pertama-tama hubungkan perangkat Android Anda dengan PC/Laptop menggunakan kabel USB.
2. Pada Windows Explorer, klik kanan pada drive SD Card Anda lalu pilih Properties >> Tools >> pilih Scan Disk >> tunggu prosesnya hingga selesai.
3. Eject dan cabut kabel USB Anda, lalu periksalah apakah kartu memori sudah terbaca atau belum.

Penyebab Kartu Memori Tidak Terbaca di HP

Penyebab dari kartu memori tidak terbaca atau menjadi error itu bermacam-macam, yakni sering memasang di berbeda HP, mencabut kartu memori tanpa mematikan HP terlebih dahulu, sering memasang banyak aplikasi di kartu memori. Jadi bisa Anda hindari penyebab-penyebab kartu memori error tersebut. Mungkin sampai disini tentang cara mengatasi/memperbaiki kartu memori yang error, rusak atau tidak terbaca di Android dengan mudah, semoga dapat bermanfaat untuk Anda semua.

0 komentar:

Poskan Komentar