Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Inilah Perbedaan Dari Laptop, Notebook, dan Netbook

Jaman modern seperti saat ini merupakan jamannya teknologi, yang dimana komputer menjadi benda paling wajib dimiliki oleh seseorang sebagai kegiatan sehari-hari. Apakah kamu tahu, bahwa sebagian orang pengguna komputer belum tahu perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook. Banyak orang yang beranggapan bahwa Netbook dan Notebook adalah Laptop atau sebaliknya. Sebenarnya beranggapan tersebut salah, karena Laptop, Notebook, atau pun Netbook itu berbeda.  Mungkin yang membuat orang beranggapan Laptop, Notebook, dan Netbook itu sama adalah karena bentuk dari benda tersebut sama, yakni sebagai Komputer Portable, atau komputer yang bisa dibawa kemana-mana.

Perlu anda ketahui bahwa Laptop, Notebook, dan Netbook merupakan kata dari bahasa Inggris. Banyak sekali orang Indonesia juga beranggapan Laptop adalah bahasa Indonesia. Sebenarnya untuk bahasa Indonesia ada kata sendiri, yakni Komputer Jinjing.

perbedaan laptop dan notebook

Masing-masing dari Laptop, Notebook, dan Netbook ini berbeda-beda ukurannya.  Dan pada spesifikasi juga berbeda-beda, sehingga Laptop, Notebook, dan Netbook bukanlah benda yang sama.

Perbedaan Laptop dan Notebook Serta Netbook

1. Laptop
Nama laptop ini sudah 20 tahun sejak dibuatnya, dan yang paling utama untuk nama komputer portable adalah Laptop. Laptop ini mempunyai ukuran yang lebih tebal dan berat, ukuran layar sekitar 18 inci lebih. Spesifikasi pada laptop ini hampir setara dengan komputer yang berjenis PC.  Dengan begitu Laptop akan di bekali dengan Hardisk berukuran besar, Prosesor kuat, Ram yang tinggi dan juga mempunyai DVD-ROM.

2. Notebook
Kalau untuk Notebook yakni mempunyai ukuran layar 13.1 hingga 18 inchi, sehingga ada yang lebih besar dan ada juga yang lebih kecil. Notebook bisa dibilang kelanjutan dari jenis Laptop. Pada spesifikasi Notebook ini sama dengan Laptop. Namun kadang ada yang tidak memiliki DVD-ROM karena tidak ada ruang untuk itu, sehingg harus menggunakan DVD-ROM portable juga.

3. Netbook
Netbook mungkin bisa dibilang dengan kata komputer mini karena paling kecil di antara Laptop dan Notebook. Netbook hanya memiliki 6-13 inci pada layarnya.  Tentu saja hal ini membuat Netbook tidak memiliki spesifikasi yang tinggi!! Netbook akan dibekali sebuah Ram 2 GB dan tidak lebih. Dan dengan Prosesor kelas menengah kebawah dan juga grafis layar yang standard dan juga tidak dibekali dengan DVD-ROM. Sehingga Netbook cocok untuk mengetik, mendengarkan musik, dan nonton video.

Baca Juga: Perbedaan Android Lollipop Dengan Kitkat

Memang sulit sekali membedakan Laptop, Notebook, dan Netbook karena semua bisa dibilang sama pada kegunaanya. Menurut saya sendiri Notebook merupakan reinkarnasi dari Laptop karena memiliki komponen dan juga model yang tidak begitu jauh berbeda. Untuk Netbook memang sudah bisa dilihat bahwa memang sudah beda sekali karena dari kecilnya ukuran layar dan tidak adanya DVD-ROM.

Demikianlah artikel tentang perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook. Intinya mereka sama, yakni Komputer Portable. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberi pengetahuan tentang perbedaan dari Laptop, Notebook, dan juga Netbook. Terimakasih sudah berkunjung!!

0 komentar:

Poskan Komentar