Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

8 Cara Meningkatkan Kinerja Otak Dengan Makan-makanan Tertentu

Apabila seseorang sering mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat meningkatkan ingatan dan fungsi otak. Tentu saja itu akan membuat proses kemampuan belajar anda juga semakin meningkat dan anda menjadi lebih pintar. Apalagi jika anda adalah orang tua dari anak-anak anda, tentu anda ingin anak anda menjadi lebih cerdas dalam hal belajar. Untuk itu anda perlu memperhatikan kebutuhan gizi dan nutrisi anak anda.

Nah apabila anda bingung bagaimana cara meningkatkan kinerja otak dengan makanan, maka pada artikel ini kami akan berbagi beberapa jenis makanan yang bisa dibilang sebagai "Brain Food" karena dipercaya banyak orang dapat membantu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan mampu merangsang pertumbuhan sel-sel otak. Jadi apa saja makanan-makanan tersebut? Berikut ini beberapa makanan yang dapat meningkatkan kinerja otak.
Cara Meningkatkan Kinerja Otak

8 Cara Meningkatkan Kinerja Otak Melalui Makanan

1.Sayur-sayuran
Walapun kadang tidak disukai sebagian orang, tetapi sayur-sayuran seperti brokoli dan bayam sangat tinggi antioksidan seperti beta-karoten dan Vitamin C dan juga mengandung folat yang dapat meningkatkan kecepatan otak dalam hal mengingat atau mendapat informasi. Jadi sayur bayam dan brokoli sangat baik untuk mengingkatkan kinerja otak. Selain itu juga anda dapat mengkonsumsi sayur-sayuran yang berwarna seperti tomat, ubi jalar, labu, dan wortel karena dalam kandungannya terdapat antioksidan dan nutrisi yang dapat membuat sel otak menjadi lebih sehat dan kuat.

2. Ikan-ikanan
Ikan-ikanan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti makarel, salmon, sarden, dapat meningkatkan daya ingat pada otak. Jika anda banyak sekali tugas-tugas yang banyak sekali yang harus anda ingat maka anda bisa memasukan ikan dalam menu makanan anda, setidaknya 2 kali dalam seminggu.

3. Telur
Telur juga salah satu makanan yang dapat meningkatkan daya ingat otak karena mengandung vitamin dan mineral. Selain itu juga mengandung vitamin B12, zat besi, yodium. Kandungan tersebut sangat bagus untuk otak seperti zat besi yang dapat membuat sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen ke otak. Untuk menambah ingatan anda bisa menambahkan telur pada makanan anda.

Baca Juga: 10 Makanan yang Dapat Melindungi Jantung Anda

4. Teh Hijau
Otak merupakan sebuah cairan sehingga anda perlu terhidrasi agar otak tetap berfungsi dengan baik. Biasa orang akan menium 8 gelas perhari tetapi anda juga bisa menyempatkan minum teh hijau setiap hari karena menurut penelitian teh hijau bisa membuat kewaspadaan mental dan memori semakin meningkat.

5. Daging Sapi Tanpa Lemak
Daging sapi juga dapat meningkatkan anak-anak berkonsentrasi dan berenergi ketika sekolah khususnya pada daging sapi tanpa lemak yang mengandung zat besi dan seng. Seng ini dapat membantu daya ingat tetap terjaga.

6.Oatmeal
Oatmeal atau juga disebut Oat adalah makanan sejenis sereal. Oatmeal sangat bagus untuk sarapan karena dapat memberi energi pada otak ketika anda memulai aktivitas dipagi hari. Oatmeal mengandung seng, vitamin B, vitamin E, dan potasium. Dengan banyaknya kandungan Oatmeal membantu tubuh dan otak kita berfungsi dalam kondisi prima.

7. Cokelat
Mungkin belum banyak yang tahu bahwa mengkonsumsi cokelat hitam juga dapat meningkatkan kinerja otak karena mengandung flavonoid yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja otak. Menurut penelitian flanovoid ini juga mampu menciptakan neuron baru pada otak. Dengan begitu akan membentuk memori baru dan juga meningkatkan aliran darah pada otak.

8. Gandum
Gandum yang murni dapat membantu proses pelepasan glukosa pada tubuh. Selain itu gandum murni mampu memelihara sistem saraf karena mengandung vitamin B yang memang berfungsi untuk itu.

Nah demikianlah artikel tentang cara meningkatkan kinerja otak dengan memakan makanan tertentu dan tentunya makanan tersebut juga sehat untuk tubuh. Jadi untuk menyiapkan makanan yang sehat untuk otak tidak perlu membuat makanan yang mahal.

0 komentar:

Poskan Komentar