Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Beberapa Cara Ampuh Mengatasi dan Menghilangkan Ngantuk

Apakah anda sering mengalami cepat ngantuk ketika anda beraktivitas maupun tidak? Jika demikian anda bisa melakukan beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan gejala cepat ngantuk pada diri anda. Semua orang akan mengatakan sering mengantuk penyebab dari kurang tidur, tapi penyebab mengantuk secara terus menerus bermacam-macam. Stres dan makan siang terlalu banyak juga bisa menjadi penyebab ngantuk. Rasa ngantuk memang wajar dan alamiah, tetapi rasa ngantuk terus menerus saat anda beraktifitas akan mengganggu performa kerja anda dan tentu saja itu bukan suatu yang wajar karena pada umumnya rasa ngantuk seseorang akan dirasakan pada malam hari karena keletihan.

Ngantuk bisa di bilang sebuah warning system, karena ngantuk adalah notifikasi atau pemberitahuan pada tubuh kita bahwa kita harus segera tidur. Seperti halnya smartphone jika baterai sudah mulai habis akan ada notifikasi atau pemberitahuan kepada penggunanya untuk segera mengisi baterai tersebut. Apabila anda merasa ngantuk yang tidak wajar, maka anda harus mengenali ngantuk yang tidak wajar tersebut.
Cara Menghilangkan Ngantuk

Penyebab dari Ngantuk Berlebihan

1. Dehidrasi
Dehidrasi juga memicu terjadinya ngantuk tidak wajar karena tubuh kita kekurangan cairan. Untuk mengatasi ini anda bisa minum air putih secukupnya.

2. Depresi
Depresi sangat mempengaruhi kebugaran anda sehingga anda kehilangan semangat, dan timbullah malas. Bisa malas kerja, malas minum, malas berfikir hingga menyebabkan anda ngantuk. Dan ngantuk jenis ini lebih sulit untuk di hilangkan.

3. Kurang Tidur Karena Begadang
Ini paling umum penyebab dari rasa ngantuk yang tak terhindari. Begadang semalaman akan membuat anda ngantuk di siang harinya. Tetapi kadang kita sudah tidur sesuai durasi tetapi jadwal tidurnya berbeda, hal seperti ini juga akan membuat kita lebih cepat ngantuk walau jam tidur sudah terpenuhi.

4. Sering Ngantuk Karena Penyakit Jantung
Apabila anda tidak mempunyai gejala ngantuk yang tidak wajar lainnya, maka kemungkinan anda terkena penyakit jantung. Anda bisa segera memeriksa kesehatan jantung anda ke ahlinya. Jika kerja jantung anda kurang baik maka anda akan merasakan lebih cepat lelah sehingga hal ini akan menyebabkan ngantuk berlebihan.

5. Anemia
Anemia adalah kekurangan darah. Nah kekurangan darah ini kebanyakan terjadi pada wanita saat sedang datang bulan atau haid. Pada saat seperti ini tubuh wanita akan mengalami kekurangan zat besi untuk menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh. Sehingga tubuh menjadi kurang fit dan membuat ngantuk berlebihan. 

6. Ngantuk Setelah Makan
Setelah makan tubuh kita akan memerlukan energi untuk memproses makanan yang kita makan, apalagi jika anda makan terlalu banyak maka akan lebih menimbulkan ngantuk yang berlebihan.

Baca Juga: 10 Cara Cepat Tidur di Malam Hari

7. Ngantuk Karena Kurang Olahraga
Mudah mengantuk juga bisa di sebabkan oleh kurangnya berolahraga. Tubuh yang kurang melakukan olahraga akan mengakibatkan tubuh menjadi tidak berenergi dan lelah. Anda bisa melakukan olahraga secara rutin agar rasa ngantuk yang tidak wajar bisa hilang. Tetapi tidak bagus juga berolahraga secara keras dan berlebihan karena hal ini malah membuat tubuh menjadi lelah dan mengantuk. Jadi berolahragalah secukupnya saja.

8. Menguap
Menguap memang wajar ketika seseorang sudah mulai mengantuk. Tetapi menguap di sela-sela kegiatan merupakan hal yang tidak wajar juga. Dan menguap bukan karena kita mengantuk tetapi kadar oksigen dalam otak berkurang, untuk mengatasinya anda bisa menghirup udara dalam-dalam dan tahan hingga 5 detik, kemudian keluarkan secara perlahaan selama 5 detik. Ulangi cara tersebut sampai anda merasa lebih baik dan segar kembali.

Cara Mengatasi dan Menghilangkan Ngantuk Berlebihan

Diatas merupakan penyebab dari ngantuk berlebihan yang tidak wajar, sekarang kita coba menghilangkan ngantuk tidak wajar tersebut dibawah ini.
  1. Tidur dengan durasi waktu normal dan tidur sesuai jadwal normal akan menghilangkan rasa ngantuk tidak wajar anda. Untuk itu tidurlah selama 8 jam dan tidur mulai jam 9 malam.
  2. Minumlah banyak air dan makan makanan yang mengandung banyak air juga. Seperi makan sayuran dan buah-buahan.
  3. Saat mengantuk melanda diri anda ketika beraktifitas cucilah muka anda dengan air dingin.
  4. Sering-seringlah minum teh hijau karena teh hijau juga dapat mengatasi rasa ngantuk berlebihan daripada kopi yang kurang baik juga untuk kesehatan.
  5. Ngantuk saat kerja atau belajar lakukanlah sedikit gerak seperti mergangkan tangan, pinggang, kaki, tau lainnya.
  6. Jika tempat kerja atau belajar anda terang maka secara otomatis akan membuat otak menjadi lebih respon. Jadi buatlah meja kerja atau belajar anda lebih terang karena cahaya dari jendela.
  7. Jika serasa ngantuk mulai melanda maka mengobrollah dengan orang lain. Tapi jangan mengobrol di depan guru atau bos anda, bisa-bisa anda kena semprot.
  8. Jika bisa menontonlah secukupnya karena kadang menonton dapat mengurangi waktu tidur. Mungkin bisa melakukan hal lain yang menraik daripada menonton.
  9. Jika ngantuk sudah mulai melanda maka segera bangkit dari meja kerja anda, bisa pergi toilet atau sekedar mengunjungi teman kerja atau juga segera minum air putih.
  10. Meja kerja atau belajar anda sudah mulai berantakan dan kotor maka mulailah membersihkan dan merapikan agar mata anda lebih segar dengan meja yang rapi dan bersih, sehingga membuat pikiran lebih baik.

Demikianlah artikel kami tentang cara mengatasi dan menghilangkan ngantuk tidak wajar. Semoga tips ini bermanfaat untuk anda.

3 komentar: Leave Your Comments

  1. kayaknya aku kurang olahraga deh.. stamina terlalu banyak jadi susah ngantuk -_-

    BalasHapus
  2. Kalo ngntuk ane ya tidur gan hehehe
    Kalo laper makan kalo aus minum hehe

    BalasHapus
  3. cara nya, kayak nya ampuh banget nih gan, lumayan buat tahan ngantuk saat bergadang hehe :v

    BalasHapus