Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Ternyata Cara Membuat Android Jadi Modem Itu Sangat Mudah

Sistem Operasi Android kini menjadi primadona banyak orang karena kebanyakan orang akan lebih memilih smartphone yang bersistem operasi Android karena kemudahan dalam tampilan dan benyak sekali fitur yang ada di Android. Banyak juga brand smartphone yang menggunakan sistem operasi Android, seperti Samsung, Asus, Lenovo, Nexus, Huawei, Oppo, Sony, dan masih banyak sekali yang lainya. Tentunya setiap merek ponsel yang menggunakan sistem operasi Android berbeda-beda juga kualitasnya dan berbeda-beda harganya.

Dengan menggunakan smartphone Android sudah mendukung jaringan 3G (HSDPA) dan bahkan sekarang sudah ada yang mendukung jaringan 4G (LTE) dengan rata-rata sudah mampu mengakses internet dengan kecepatan 7,2Mbps hinga 4,2Mbps. Tentu itu koneksi internet yang sudah sangat cepat. Nah dengan adanya dukungan jaringan tersebut membuat banyak orang masih tetap memilih smartphone Android. Dengan ponsel yang mampu mengakses internet super cepat ini, banyak orang yang bertanya-tanya "Apakah bisa ponsel Android di jadikan sebagai modem?". Sudah saya katakan diatas, bahwa smartphone Android merupakan ponsel yang banyak sekali fiturnya sehingga banyak orang yang menggunakan ponsel Android. Jadi kini anda bisa menjadikan ponsel Android anda sebagai modem komputer. Menggunakan modem Android akan lebih cepat dan stabil daripada menggunakan modem biasa.

Nah untuk cara membuat android jadi modem ada dua cara, yaitu melalui tethering hotspot dan melalui kabel USB. Untuk cara Android jadi modem melalui tethering hotspot/Wifi portable lebih mudah dilakukan karena tanpa harus menggunakan kabel USB, tapi komputer/PC harus memiliki Wifi router, jika menggunakan Laptop tidak perlu menggunakan Wifi router karena sudah di lengkapi dengan wifi. Jika ingin menggunakan cara membuat Android menjadi Modem Wifi bisa baca artikel kami yang berjudul: Inilah Cara Membuat Jaringan Wifi di Android

Pada artikel ini saya akan berbagi cara menjadikan Android sebagai modem menggunakan kabel USB. Tentu saja cara ini sangat berguna bagi yang tidak mempunyai modem dan Wifi router pada PC. Ikuti langkah demi langkah yang saya jelaskan di berikut ini, untuk menghindari kegagalan maka anda perlu mengikuti dengan hati-hati karena cara ini sedikit rumit bagi orang awam.

Yang Perlu Anda Siapkan:
  • -Smarthpone Android
  • -Kabel USB untuk menghubungkan perangkat Android ke Komputer. (Kabel USB biasanya sudah di sediakan saat kita membeli ponsel Android baru)
  • -Dan terakhir memiliki paket internet yang masih aktif


Jika persiapan sudah lengkap sekarang ikuti langkah-langkahnya di berikut ini:
  1. Hubungkan ponsel Android anda ke Komputer menggunakan kabel USB yang sudah anda siapkan.
  2. Apabila perangkat Android sudah terhubung maka akan ada notifikasi bahwa USB sudah tersambung.
  3. Selanjutnya menuju ke Pengaturan>NIRKABEL & JARINGAN>Selengkapnya>Hotspot portabel. 
    Android Jadi Modem
     
  4. Apabila perangkat Android sedang terhubung ke komputer melalui kabel USB maka akan muncul pilihan "USB tethering".
  5. Selanjutnya tinggal anda aktifkan opsi tersebut dengan cara mencentangnya atau mode ON.

Nah sekarang anda sudah selesai membuat HP Android anda menjadi modem. Selanjutnya bisa anda coba membuka browser di komputer anda lalu buka facebook atau google, jika berhasil terbuka berarti anda sudah berhasil membuat Android menjadi modem komputer. Perlu anda ketahui, jika ingin koneksi internetnya tetap stabil pastikan sinyal pada smartphone Android anda tetap penuh. 

Demikianlah artikel tentang cara Android jadi Modem. Semoga artikel ini berguna bagi anda yang sedang membutuhkan dan berharap artikel ini mudah dipahami, jika ada yang salah kata dalam penulisan atau tutorial yang kurang lengkap mohon di maafkan karena saya hanya manusia biasa yang tidak bisa membuat tutorial yang sempurna. Selamat mencoba dan Selamat berinternetan menggunakan modem Android.

0 komentar:

Poskan Komentar