Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Cara Melihat/Cek Spesifikasi Komputer/Laptop Dengan Benar


Sebenarnya mudah sekali cara melihat spesifikasi komputer pada windows xp, 7, atau 8. Tetapi bagaimana jika seorang pemula yang baru mengenal komputer ataupun baru menyentuh komputer atau laptop, pastinya akan membuat anda bingung dan tidak tahu cara melihat spesifikasi komputer.

Apalagi jika anda sedang ingin membeli komputer atau laptop seseorang tetapi anda tidak tahu, dan kadang orang sering menipu dengan cara mengubah tampilan sepsifikasi komputer atau laptop dengan spesifikasi yang tinggi tetapi aslinya tidak setinggi yang ada di tampilan spesifikasi yang telah dirubah tersebut. Jadi jika anda sedang ingin membeli komputer maupun laptop bekas maka anda harus tahu cara melihat spesifikasi komputer agar anda bisa melihat sepsifikasi PC dengan benar.

Spesifikasi pada laptop maupun komputer merupakan cepat/lambatnya kinerja pada sebuah komputer/laptop. Jika spesifikasi pada komputer tinggi dan semakin tinggi maka kinerja pada komputer juga semakin cepat dan kuat untuk menjalankan program-program berat seperti game HD, edit video, dan lain sebagainya.

Baiklah, langsung saja pada pokok pembahasan. Ada tiga cara untuk cek/melihat spesifikasi pada komputer maupun laptop. Berikut cara melihat spesifikasi komputer dengan benar.

Cara Melihat/Cek Spesifikasi Komputer Atau Laptop

Metode 1
  1. Pertama cek spesifikasi komputer dengan cara klik kanan pada "My computer", lalu pilih "Properties". Cara ini merupakan cara yang paling simpel.
  2. Disitu akan terlihat versi windows yang anda gunakan, jenis prossesor yang di gunakan, sytem tipe yang digunakan dan besar kecilnya kapasitas memori Ram. 
    Cara Lihat Spesifikasi Komputer
     
  3. Jika anda menggunakan windows 7 maupun windows 8 maka akan terlihat rating dari spesifikasi komputer atau laptop anda sendiri. Jika rating makin tinggi maka semakin bagus sesifikasi komputer/laptop anda.

Metode 2
  1. Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan dxdiag. Pertama tekan timbol "Windows+R".
  2. Lalu pada kolom Run ketik "dxdiag" lalu tekan Enter. 
    Melihat Spesifikasi Laptop
     
  3. Disitu anda kan disuguhkan tampilan spesifikasi komputer atau laptop anda. Bagian ini akan menampilan spesifikasi komputer lebih lengkap dari pada menggunakan cara pertama.
  4. Dan klik "Next Page" untuk melihat spesifikasi kartu grafis/VGA dan yang lainnya.
Baca Juga: Cara Memperbaiki Flashdisk

Metode 3
  1. Cara berikutnya menggunakan aplikasi tambahan yang bernama CPU-Z. Dengan CPU-Z akan menampilkan informasi spesifikasi komputer anda lebih lengkap. Jika anda belum mempunyai software CPU-Z maka anda bisa download di link berikut secara gratis karena mereka juga mempublikasikan secara gratis juga: http://www.cpuid.com/softwares/cpu-z.html  
    Spesifikasi Komputer
     
  2. Caranya buka file .exe nya sudah di download.
  3. Lalu tinggal instal seperti biasa klik next dan seterusnya.
  4. Setelah selesai instal buka aplikasinya dan terlihat spesifikasi komputer anda denga lengkap.

Demikian lah cara melihat spesifikasi komputer dengan baik dan benar. Jika ada pertanyaan bisa anda tanyakan melalui kolom komentar dibawah artikel ini dan jangan lupa like dan share ke fb, twitter, dan google+ dengan cara menekan tombol share atau like dibwah artikel ini juga. Selamat mencoba..!

3 komentar: Leave Your Comments

  1. ternyata mudah
    untuk lihat spesifikasi laptop cepat juga
    terima kasih banyak

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Terimakasi atas petunjukknya dan sangat bermanfaat

    BalasHapus