Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Cara Instal Windows 7/8.1 Melalui Memory Card Micro SD

Pada postingan kali ini kami akan berbagi cara instal Windows 7/8.1 melalui Memory Card Micro SD yang biasanya di gunakan di ponsel. Cara ini bisa anda lakukan jika anda sudah mengerti cara instal windows melalui CD/DVD, jika tidak anda akan kesulitan untuk melakukan cara ini. Dan ini biasanya di gunakan pada pengguna notebook, dimana notebook tidak memiliki DVD Room.

Beberapa tahun yang lalu, pada saat bumingnya memakai Windows XP dan Vista, kita semua menggunakan CD dan DVD untuk menginstal sistem operasi Windows. Peluncuran Windows 7 Beta pada bulan Januari 2009, sejumlah program mulai bermunculan di web, yaitu program untuk membuat windows 7 bootable di flashdisk yang membantu Anda menginstal Windows 7 dari USB drive/flashdisk.

Microsoft juga merilis sebuah program resmi, beberapa minggu sebelum rilis Windows 7 RTM kepada publik yang bernama "Windows 7 USB/DVD Download Tool" untuk membantu pengguna membuat windows bootable di flashdisk dari file ISO. Software seperti Rufus dan WinUSB mampu menciptakan windows bootable di flashdisk yang kompatibel dengan kedua BIOS dan sistem baru UEFI.

Tapi mungkin ada situasi di mana Anda memiliki Windows 8.1 file ISO tapi tidak memiliki flashdisk untuk mempersiapkan dan menginstal/meng-instal ulang Windows 8.1 dari flashdisk/USB drive. Untungnya, Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1 dapat diinstal dari memory card ponsel Anda juga. 

Jaman sekarang hampir semua dari kita memiliki setidaknya satu smartphone dan sebagian besar smartphone ini mendukung kartu memori Micro SD. Sehingga saat membutuhkan memori card Micro SD tidak sulit, dan karena kita semua selalu membawa ponsel, kita dapat dengan cepat memindahkan data di memory card Micro SD ke PC, siapkan memori card Micro SD, dan kemudian menginstal Windows dari kartu memori Micro SD. 

Dalam panduan ini, kami akan menunjukkan cara untuk membuat windows bootable di Micro SD dan menggunakannya sebagai media bootable untuk menginstal Windows 8.1. Ikuti petunjuk yang diberikan di bawah untuk mempersiapkan Windows 8.1 bootable di memori Micro SD dan kemudian menginstal Windows 8.1 pada laptop maupun komputer anda.

Baca juga: Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak Tidak Terbaca Oleh Komputer/Laptop

Membuat Windows 7/8.1 bootable cukup pekerjaan sederhana dan Anda harus mengikuti prosedur yang sama yang Anda ikuti untuk membuat Windows 8,1 bootable drive USB. 

CATATAN 1: Memori card, selain Micro SD juga dapat digunakan untuk membuat windows 7/8.1 bootable. Gunakan memory card berkapasitas 4GB ke atas.

CATATAN 2: Sebelum menggunakan Command Prompt untuk mempersiapkan media bootable, saya mencoba program Rufus yang populer untuk membuat windows bootable tapi gagal. Alat serupa lainnya di luar sana mungkin membantu Anda dalam membuat windows bootable, tapi disini kita akan menggunakan cara 100% bekerja.

Panduan Cara Intal Windows 7/8.1

Langkah 1: Keluarkan kartu memori Micro SD dari ponsel Anda dan pasangkan ke PC Anda baik menggunakan kabel usb bawaan HP atau card reader.

Langkah 2: Back up semua data dari memori card Anda ke lokasi yang aman, karena kita akan memformat kartu memori yang akan menghapus semua data dari memori.
 


Langkah 3: Buka Command Prompt pada komputer. Untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator, ketik CMD di layar Start atau menu Start dan kemudian tekan CTR+Sift+Enter.

Langkah 4: Dalam Command Prompt, ketik atau jalankan perintah berikut:
 


Diskpart 

Tekan Enter.

Lisk Disk

Tekan Enter.

Perhatikan nomer disk kartu memori Micro SD Anda. Misalnya, nomor disk kartu memori saya adalah 1.


Langkah 5: Berikutnya, ketik perintah berikut satu demi satu dan tekan Enter setelah mengetik setiap perintah. 

Select Disk 1

(Pada perintah di atas, ganti "1" dengan nomor disk kartu memori Anda yang telah Anda diperoleh pada Langkah 4.)

Clean

Create Partition Primary

Select Partition 1

Active

Format Fs=NTFS Quick

Assign

Exit


Jangan menutup Command Prompt dulu. 

Cara Instal Windows 7


Langkah 6: Berikutnya, me-mount file Windows 7 / 8.1 ISO. Jika Anda menggunakan  Windows 8 / 8.1, klik-kanan pada file ISO dan kemudian klik Mount. Dan jika Anda menggunakan Windows 7, silahkan ikuti petunjuk cara me-mount file ISO di Windows 7.
 
Langkah 7: Jalankan tiga perintah berikut:

G: Cd Boot

(Di mana "G" adalah drive dari file ISO mount)

Bootsect.exe / NT60 F:

(Pada perintah di atas, ganti "F" dengan drive dari kartu memori Micro SD Anda. Sekarang Anda dapat menutup Command Prompt.
)


Cara Intsal Windows 8.1


Langkah 8: Copy semua file (termasuk yang tersembunyi, jika ada) dari virtual drive (file ISO mount drive) ke kartu memori Anda. Apabila sudah di kopy semua maka Windows bootable di kartu memori Micro SD sekarang sudah siap digunakan.

Langkah 9: Nyalakan PC yang ingin anda instal Windows dari Windows bootable di kartu memori Micro SD, hubungkan kartu memori bootable, boot ke BIOS atau UEFI, ubah urutan boot untuk bootable dari memori card / USB, save dan restart PC.


CATATAN: Jika PC Anda tidak menunjukkan kartu memori di BIOS / UEFI dan tidak mendukung booting dari kartu memori, Anda dapat menempatkan kembali kartu memori (setelah mempersiapkan bootable satu) ke dalam telepon Anda, hubungkan telepon Anda ke PC menggunakan kabel yang didukung atau kabel USB dan kemudian restart PC Anda untuk boot dan menginstal Windows. Setidaknya Itu bekerja pada PC kita.  

Artikel Cara Instal Windows 7/8.1 Dengan Micro SD

Demikianlah Cara Instal Windows 7/8.1 Melalui Memory Card Micro SD. Perlu di ingat juga gunakanlah sistem operasi Windows yang berlisensi resmi dari Microsoft. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan jangan lupa untuk like dan share ke fb, twitter, google+ dengan cara menekan tombol share yang telah di sediakan dibawah artikel ini. Semoga berhasil..!!

23 komentar: Leave Your Comments

  1. makasih gan infonya :)


    [Transaksi Online]Misi Min,
    Kalau ada yang simple kenapa cari yang ribet , Klik sekarang www.serbabayar.com Isi Voucher Pulsa , Token PLN , Maupun Bayar Tag.Listrik Secara ONLINE Lebih Mudah & Cepat. Only at : serbabayar.com

    BalasHapus
  2. Ga ngerti langkah 7 gan, mohon di jelaskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langkah 7 adalah mengetik "G: Cd Boot" di Command Prompt-nya, tergantung letak windows berupa ISO yang kamu mount sebelumnya, mungkin di G, E, F, H, atau lainnya.

      Kemudian ketik perintah "Bootsect / NT60 F:" , Dari huruf F tersebut merupakan drive dimana memory card berada, bisa di E, F, G, H, I dan lainnya. Untuk melihatnya tinggal menuju ke My Computer dan lihat letak file ISO Windows yang kamu mount dan memory card yang kamu hubungkan ke komputer.

      Jika sudah pada langkah nomor 8 tinggal copy semua file dan folder Windows yang kamu mount termasuk file yang tersembunyi juga, kemudian paste ke memory card. Jika sudah sekarang kartu memori sudah siap digunakan untuk instal ulang.

      Hapus
  3. sorry bosku.. mau nanya...
    masih belum ngerti di awalnya...

    selain menggunakan card reader menggunakan kabel usb juga berarti micro sd nya ngak di keluarin dari hp kan bos ku..?
    mhon tanggapannya bos ku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau menggunakan kabel usb langsung dari ponsel gak perlu dikeluarin dari ponsel. Tapi akan lebih efektif menggunakan card reader,.!

      Hapus
  4. maaf mas kalo setelah mengetikkan bootsect.exe /NT60 F: keluar tulisan
    bootsect.exe is not recognized as internal or external command. operable program or batch files. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bootsect.exe/NT60 F. Ganti huruf "F" dengan letak Memori Card MicroSD yang ada di menu "My Computer". Coba agan lihat di My Computer dan lihat MicroSD berada di drive apa, bisa C, E, G, F, D, dan lainnya.

      Hapus
    2. sorry gan, tapi tetep ga dianggep command sama cmd nya, piye ?

      Hapus
    3. CMD nya harus dibuka secara Admin.

      Hapus
  5. kalo dari hp langsung tanpa card reader bisa ga yaa,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bisa gan, kalaupun bisa mungkin akan sangat lemot. Pake card reader kalau bisa.

      Hapus
  6. kalau make modem bisa gak gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika lancar digunakan bisa-bisa saja. Kalau dengan modem buat buka photo terasa lemot mending jangan gan, dari pada gagal di tengah jalan.

      Hapus
  7. Langkah 9 bisa dijelasin lg g bang?thanks b4

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langkah 9 merupakan proses instal Windows seperti biasa, yakni mengubah boot komputer ke Memori Micro SD yang sudah siap digunakan untuk menginstal Windows. Untuk mengubah setingan ini harus menuju bios, googling aja dengan kata kunci "cara masuk bios pada komputer".

      Hapus
  8. Gan, saya sudah mengikuti tutorial diatas. Dan sudah berhasil. Tapi saat mau dipakai untuk instal ulang, Memory card tidak terdeteksi di BIOS. Bgmna solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pake card reader gan, kalau sekarang sudah pake card reader coba pake card reader yang lain. Emang spesifikasi komputernya seperti apa?

      Hapus
  9. makasih gan ilmu nya . tpi itu kalo untuk window xp bisa ga gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk Windows XP gak bisa gan. Saran Windows 7 atau 8.

      Hapus
  10. Cara kembaliin seperti semula gimana ya? Gabisa di format

    BalasHapus
    Balasan
    1. Formatnya melalui CMD, lihat cara langkah nomor 5 diatas.

      Hapus
  11. Back up data ponsel pake safe mode bisa gak gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bisa jika USB bisa mendeteksi.

      Hapus