Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Pengertian Wifi dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Wi-Fi semakin menjadi mode pilihan koneksi internet di seluruh dunia. Untuk mengakses jenis koneksi, seseorang harus memiliki Wireless Adapter pada komputer mereka. Wi-Fi menyediakan konektivitas nirkabel dengan memancarkan frekuensi antara 2.4GHz dan untuk 5GHz berdasarkan jumlah data pada jaringan. Area yang diaktifkan dengan konektivitas Wi-Fi dikenal sebagai Hot Spots. Dapat menggunakan software canggih seperti WirelessMon untuk mendeteksi dan meminta koneksi ke hotspot. Untuk memulai koneksi nirkabel, penting bahwa router nirkabel dicolokkan ke koneksi internet dan bahwa semua pengaturan yang diperlukan terpasang dengan benar.

Pengertian Wifi

Teknologi nirkabel telah tersebar luas akhir-akhir ini dan Anda dapat terhubung hampir di mana saja; di rumah, di tempat kerja, di perpustakaan, sekolah, bandara, hotel dan bahkan di beberapa restoran.
Jaringan nirkabel dikenal sebagai Wi-Fi (Wireless Fidelity) atau
jaringan 802.11 karena mencakup teknologi IEEE 802.11. Keuntungan utama dari Wi-Fi adalah kompatibel dengan hampir setiap sistem operasi, perangkat game dan printer canggih.

Bagaimana Jaringan Wifi Bekerja?

Seperti ponsel, jaringan Wi-Fi yang menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan informasi melalui jaringan. Komputer harus mencakup adaptor nirkabel yang akan menerjemahkan data yang dikirim menjadi sinyal radio. Sinyal yang sama ini akan dikirim, melalui antena, untuk decoder dikenal sebagai router. Setelah diterjemahkan, data akan dikirim ke Internet melalui koneksi kabel Ethernet. Sebagai jaringan nirkabel akan bekerja sebagai lalu lintas dua arah, data yang diterima dari Internet juga akan melewati router yang akan dikodekan menjadi sinyal radio yang akan diterima oleh Wireless Adapter pada komputer. Simak Juga Cara Mudah Membuat Wifi di Laptop dan PC.

Frekuensi
Sebuah jaringan nirkabel akan mengirim tingkat frekuensi 2,4 GHz atau 5GHz untuk beradaptasi dengan jumlah data yang sedang dikirim oleh pengguna.
Standar jaringan 802.11 agak bervariasi tergantung sebagian besar pada kebutuhan pengguna, seperti yang dijelaskan di bawah ini: 
  1. 802.11a akan mengirim data pada tingkat frekuensi 5GHz. The Orthogonal Frequency-Division Multiplexing (OFDM) digunakan untuk meningkatkan penerimaan dengan membagi sinyal radio menjadi sinyal yang lebih kecil sebelum mencapai router. Anda dapat mengirimkan maksimal 54 megabits data per detik. 
  2. 802.11b akan mengirimkan data pada tingkat frekuensi 2.4GHz, yang merupakan kecepatan yang relatif lambat. Anda dapat mengirimkan maksimal 11 megabits data per detik. 
  3. 802.11g akan mengirim data pada 2.4GHz, tetapi dapat mengirim maksimal 54 megabits data per detik karena juga menggunakan pengkodean OFDM. 
  4. 802.11n yang lebih maju dapat mengirimkan maksimal 140 megabit data per detik dan menggunakan tingkat frekuensi 5GHz. 

Apa itu Hotspot?
Hotspot adalah istilah untuk mendefinisikan suatu daerah di mana akses WiFi tersedia. Itu baik melalui jaringan nirkabel tertutup di rumah atau di tempat umum seperti restoran atau bandara.


Seperti yang dinyatakan sebelumnya, untuk dapat mengakses hotspot pada komputer Anda harus mempunyai Wireless Adapter. Apabila Anda menggunakan model laptop canggih seperti sekarang ini sudah terpasang Wireless. Jika tidak, Anda dapat membeli Wireless Adapter yang di pasang ke slot PCI atau port USB. Setelah terinstal, sistem secara otomatis akan mendeteksi jaringan hotspot dan permintaan meng-koneksi Wi-Fi. Jika tidak, Anda harus menggunakan software untuk menangani tugas ini untuk Anda, jika anda beli Wireless Adapter biasanya sudah termasuk software-nya dan harganya pun bervariasi, semakin kinerjanya baik harganyapun semakin tinggi juga.

Sekian Penjelasan Tentang Wifi/Hotspot

Nah begitulah kira-kira pengertian WiFi. Apabila artikel ini bermanfaat bagi anda silahkan like dan share ke fb, twitter, google+ dengan tombol yang disediakan dibawah artikel ini. Dan satu lagi, jika ada yang ditanyakan bisa anda tanyakan di kolom komentar serta kritik dan sarannya. Terimakasih sudah berkunjung.

0 komentar:

Poskan Komentar