Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Penjelasan dan Jenis-jenis Tentang Jerawat Adalah?


Jerawat merupakan pori-pori kulit yang tersumbat sehingga menimbulkan nanah yang meradang. Jerawat adalah penyakit pada kulit yang cukup banyak penderitanya. Seorang peneliti masalah jerawat bernama “Kligmann” mengatakan “Tiada satupun orang yang melewati masa-masa hidupnya tanpa mengalami jerawat pada kulit”. Penyebab dari jerawat mungkin bisa dari perubahan hormon yang merangsang ke kelenjar minyak pada kulit. Untuk perubahan lainnya bisa dari mentruasi, pemakaian pil KB, kehamilan, dan stress. Jerawat sendiri tidak akan selalu muncul karena kotor, tetapi di sebabkan faktor dari dalam tubuh. Jerawat merupakan kondisi abnormal kulit, gangguan kebanyakan kenjar minyak sehingga menyebabkan penyumbatan pada saluran folikel rambut dan pori-pori pada kulit. Untuk penyebab jerawat yang biasanya terjadi adalah kumpulan minyak atau sebum pada kulit berkaborasi dengan bakteri.

Jerawat Adalah

Dan umumnya lagi jerawat muncul karena kelebihan kelenjar minyak dikarenakan selalu memproduksi hormon androgen. Sehingga jerawat akan timbul karena kelenjar minyak yang berlebihan tersebut bercampur dengan sel kulit mati. Pada saat sel-sel kulit bercampur dengan kotoran atau debu, lama-kelamaan campuran tebal dan lengket tersebut akan membentuk penyumbat sehingga menjadi bintik putih atau hitam. Banyak sekali orang mengatakan, bahwa jerawat hanya akan muncul di wajah, tetapi kenyataanya jerawat bisa menyerang bagian tubuh lain, seperti pada bagian lengan atas, dada, dan punggung, bahkan di bokong.

Penyumbatan pada pori-pori kulit terjadi karena menggunakan kosmetik yagn mengandung minyak atau juga bisa karena penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation. Fundation adalah suatu kandungan yang ada di bedak yang menyebabkan bubuk bedak menyumbat di pori-pori kulit. Bakteri biasanya berada pada kulit yang bernama p.acne, yang dapat berkembang di dalam kelenjar sebaceous yang telah tersumbat. Yang akhirnya, menghasilkan suatu zat yang dapat menimbulkan iritasi di daerah sekitar kulit. Lama-kelamaan kelenjar akan terus membengkak dan akan pecah, lalu menyebarkan radang ke kulit sehingga meninggalkan pigmentasi berjangka panjang dan juga bekas luka.

Mengkonsumsi obat kortikosteroid atau oral maupun topical itu dapat mengakibatkan daya tahan tubuh semakin menurun dan menyebabkan jerawat muncul karena aktivitas bakteri pathogen meningkat. Lihat juga pada saat menggunakan telepon. Permukaan telepon bisa juga penyebab tumbuhnya bakteri, untuk itu bisa bersihkan permukaan telepon menggunakan alkohol, dan saat anda menggunakan telepon usahakan jangan sampai menempel pada pipi.

Jenis-Jenis Jerawat:

Jerawat Batu adalah jerawat yang ukurannya sedikit besar karena terjadi peradangan yang hebat. Penderita jerawat batu mempunyai keluarga yang dekat.
Apabila di lihat secara genetik:
  • Kelenjar minyak yang sudah over-aktif sehingga membanjiri pori-pori dengan kelenjar minyak.
  • Tumbuh sel kulit yang tak normal sehingga tidak bisa bergenerasi cepat seperti kulit yang normal.
  • Mempunyai respon berlebih terhadap peradangan pada akhirnya meninggalkan bekas pada kulit.

Jerawat jenis Komedo
adalah pori-pori yang telah tersumbat dan bisa tertutup dan terbuka.
Komedo tertutup mempunyai kulit yang pertumbuhannya berada di atas pori-pori yang telah tersumbat sehingga terlihat tonjolan berwarna putih kecil. Komedo terbuka akan terlihat seperti pori-pori membesar serta menghitam. Jerawat yang berjenis komedo disebabkan sel-sel kulit yang sudah mati dan kelenjar minyak berlebih di kulit.

Jerawat Biasa adalah jerawat yang mudah sekali di kenal karena berbentuk tonjolan kecil dan berwarna pink atau berwarna kemerahan. Jerawat jenis ini muncul karena pori-pori tersumbat dan terinfeksi oleh bakteri berjenis propionbacterium. Bakteri jenis ini hidup pada saluran kelenjar sebaceous yang telah tersumbat. Bakteri ini di beri nama propionibacterium dikarenakan mampu memproduksi asam propionic. Hebatnya lagi bakteri jenis ini merupakan bakteri berjenis anaerobik sehingga bisa berkembang biak tanpa memerlukan oksigen dan memiliki aerotolerant yang dapat menimbulkan iritasi pada sekitar jerawat.

Demikianlah artikel tentang Jerawat pada kategori Wiki. Apabila anda penderita jerawat anda bisa baca artikel tentang Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami. Semoga info ini bermanfaat untuk semua orang.

0 komentar:

Poskan Komentar