Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Cara Memulihkan Pesan Whatsapp Yang Sudah Dihapus

Beberapa waktu lalu saya mencoba menghapus pesan pada Whatsapp dan saya coba untuk mengembalikannya dan hasilnya akan saya tulis disini. Jika seseorang tidak memiliki pengetahuan teknis maka tidak dapat memulihkan pesan di Whatsapp yang sudah dihapus. Jadi hari ini saya  menemukan sebuah trik untuk memulihkan pesan Whatsapp yang sudah dihapus secara sengaja atau tidak sengaja di Android. 

Whatsapp mengambil cadangan dari pesan Anda sehingga pengguna dapat memulihkan pesan Whatsapp. Tetapi ketika pesan dihapus secara sengaja maka beberapa pengguna tidak tahu dalam situasi untuk memulihkan pesan-pesan di wahtsapp karena tidak memiliki pengetahuan teknis terlebih dahulu.

Sebenarnya sekarang di Whatsapp sudah ada fitur yang dimana setiap kali ada pesan atau chat yang masuk akan tersimpan secara otomatis di Google Drive sehingga jika terhapus kapan saja bisa dikembalikan dengan mudah, namun fitur tersebut harus di aktifkan terlebih dahulu sebelum kehilangan pesan penting anda. Apabila anda tidak mengaktifkan fitur tersebut dan sekarang sudah telanjur kehilangan pesan penting anda maka bisa mencoba cara yang saya jelaskan di bawah ini.

Cara Mengembalikan/Memulihkan Pesan Whatsapp Yang Dihapus

1. Pertama-tama anda harus menuju ke folder database Whatsapp Anda dengan menggunakan jalur External sdcard / Whatsapp / Database. Anda dapat menggunakan aplikasi file explorer/manager bawaan atau juga bisa menggunakan yang lain.  

Mengembalikan Pesan Whatsapp

2. Buka folder database disitu Anda akan melihat data file Whatsapp dengan nama seperti msgstore-2014-12-04.1.db.crypt12. Perhatikan file tersebut, file tersebut memiliki tanggal saat anda menghapus pesan Whatsapp. Dalam folder yang sama Anda akan menemukan file bernama msgstore.db.crypt12.
3. Pilih file yang bertanggal saat anda menghapus pesan tersebut, jadi anda harus ingat kapan menghapus pesan Whatsapp tersebut. Setelah file yang bertanggal seperti msgstore-2014-12-04.1.db.crypt12 sudah anda temukan maka sekarang file tersebut ubah namanya menjadi msgstore.db.crypt12 dan simpan, yang sebelumnya bisa anda hapus dulu biar gak duplikat.
4. Kemudian dilanjutkan dengan menghapus/uninstal aplikasi Whatsapp tersebut. Kemudian install kembali dan buka aplikasi Whatsappnya. Setelah itu isi semua data seperti nomor telepon, dan jika diperlukan akan disuruh untuk verifikasi kode melalui sms. Jadi cara ini bisa digunakan jika tetap menggunakan nomor telepon yang sama, dan nomor telepon tersebut masih aktif. Kemudian akan ada pilihan yang dimana anda harus memilih restore untuk mengembalikan pesan yang terhapus.

Baca Juga: Cara Instal Dua Aplikasi Whatsapp di Smartphone Android
5. Itu saja, pesan Whatsapp Anda yang sudah terhapus akan pulih kembali. Perlu di ketahui bahwa cara ini hanya bisa anda gunakan jika pesan terhapus tidak lebih dari 7 hari. Untuk menghindari pesan terhapus lagi, maka sekarang anda bisa mengaktifkan fitur backup yang ada di aplikasi Whatsapp.
Sangat sederhana dan mudah untuk dicoba tentang cara memulihkan pesan Whatsapp yang sudah dihapus. Itu selalu disarankan untuk mengambil cadangan dari pesan Whatsapp Anda sebelum melakukan semua jenis instalasi baru. Jika Anda bertanya kepada saya maka saya akan sarankan Anda untuk mengambil cadangan setiap kali Anda merasa bahwa pesan-pesan Whatsapp yang anda hapus ternyata pesan yang penting. 

2 komentar: Leave Your Comments

  1. macam nie nombor whatsapp saya kena ban jdi boleh guna balik x?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin tidak bisa digunakan lagi, akan lebih baik menggunakan nomor baru.

      Hapus