Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Ini Dia Cara Membuat Email di Yahoo, Gmail, dan Hotmail

Bismillahirohmanirohim! Dalam kesempatan ini Serba Cara akan berbagi tutorial cara membuat email di Yahoo, Gmail, dan Hotmail dimana ketiga penyedia email ini yang paling bagus dan gratis dan sudah banyak sekali orang yang mendaftar email di penyedia email tersebut. Di dalam dunia modern seperti sekarang ini pastinya tidak akan pernah jauh dari yang namanya email karena email memudahkan kita untuk mengirim surat dengan cepat karena surat yang dikirim melalui internet, maka dalam beberapa menit saja surat melalui email akan sampai ke tujuan, tidak seperti surat biasa yang melalui Pos yang nyampainya bisa berhari-hari bahkan berbulan-bulan jika antar benua. Tapi jika tidak ada koneksi internet email tidak akan bisa digunakan. Dengan email kita juga bisa mengirim surat beserta gambar, video, dan foto.

Email sebenarnya singkatan dari Electronic Mail, dan jika dalam bahasa Indonesia disebut Surat Elektronik. Pada jaman dahulu Email di gunakan pada tahun 1960 dan sampai sekarang. Gunanya email tidaklah untuk kirim surat, gambar, foto atau video saja tetapi email bisa untuk mendaftar facebook, twitter, google+, BBM atau yang lainnya. Jika anda ingin mengirim surat dengan email ke seseorang anda harus memiliki akun email dan orang yang anda kirimi email juga harus mempunyai akun email dengan cara mendaftar email di penyedia email seperti Yahoo, Gmail, Hotmail, AIM Mail, GMX Mail, Inbox.com dan lain-lain, tapi disini kami akan memberikan tutorial cara membuat email terbaru di Gmail, Yahoo, dan Hotmail dengan gratis tanpa bayar sepeserpun.

Tutorial cara membuat email ini saya buat karena saat saya menunggu bus di pinggir jalan ada dua orang muda cowok yang sedang menunggu bus juga dan mereka berdua sedang bercakap-cakap, salah satu dari orang tersebut menanyakan ke temannya "bagaimana cara membuat email agar email bisa di gunakan untuk mendaftar twitter sehingga twitter bisa di konfirmasi?" Setelah saya mendengar pertanyaan tersebut ternyata masih ada yang belum bisa cara membuat email, padahal jaman sekarang sudah jaman modern. Nah maka dari situ saya ingin membuat tutorial cara membuat email baru agar yang belum paham dalam membuat email menjadi lebih paham dan ngerti. Ow iya pastikan anda membuat akun e-mail menggunakan komputer atau laptop karena tutorial ini diperuntukkan bagi yang menggunakan PC, tapi kalau anda tidak mempunyai komputer atau laptop dan ingin membuat email untuk di gunakan di Hp, anda bisa ke warnet untuk daftar email lalu anda bisa login email anda di ponsel.

Cara Mudah Membuat Email Baru

Baiklah! Langsung saja tanpa basa-basi lagi, simak cara membuat email dibawah ini:

1. Cara Membuat Email di Yahoo
  • Pertama-tama menuju ke yahoo.com.
  • Lalu di sebelah kanan atas klik Sign In.
  • Pilih Buat Account, setelah itu isi setiap kolom dengan data diri anda, seperti nama depan, nama belakang, password, nomer hp dan lainnya.
Cara Membuat Email di Yahoo
  • Untuk bagian kolom Nama Pengguna Yahoo kadang namanya sudah ada yang menggunakan. Contoh: serbacara@yahoo.com jika sudah tidak tersedia bisa tambahkan angka 1 serbacara1@yahoo.com, jika masih tidak tersedia bisa ganti angka 2,3,4 dan seterusnya sampai nama yang anda inginkan masih tersedia. Atau pada bagian Nama Pengguna anda bisa ganti @yahoo.com menjadi @yahoo.co.id.
  • Jika kolom sudah terisi semua dengan benar lalu klik Buat Account di bawah. Lalu klik Persiapan Awal. Sampai disini anda sudah selesai membuat email yahoo.
  • Anda bisa langsung menuju ke inbox untuk mengirim dan menerima email, klik Mail di bagian atas kanan untuk menuju ke inbox email yahoo anda.


2. Cara Membuat Email Di Gmail
  • Gmail adalah email buatan google maka untuk membuat email di Gmail anda perlu menuju ke mail.google.com
  • Klik Buat Akun, isi data diri anda. 
Cara Membuat Email di Gamil
  1. Isi kolom nama depan dan belakang sesuai dengan nama anda
  2. Pilih Nama Pengguna, Contoh: nama.anda@gmail.com, nama.anda bisa di ganti dengan nama anda sendiri, terkadang nama sudah tidak tersedia karena sudah ada yang memakai. Jika nama sudah tidak tersedia anda bisa tambahkan angka 1, 2 dan seterusnya sampai nama pengguna bisa di pakai. Contoh: nama.anda1@gmail.com jika tidak tersedia angka 1 ganti angka 2,3 dan seterusnya sampai nama pengguna bisa di gunakan.
  3. Tanggal lahir isi dengan tanggal lahir anda bulan dan tahun dengan benar
  4. Gender: Isi dengan jenis kelamin anda.
  5. Nomer Hp ini wajib diisi karena nanti anda akan dikirim kode oleh google untuk verifikasi akun email anda.
  6. Untuk kolom Alamat Email Anda Saat ini tidak perlu di isi.
  7. Buktikan jika anda bukan robot dengan mengetik kode yang ada di gambar, ketik di bawahnya.
  8. Pilih negara Indonesia tergantung anda saat ini tinggal di negara bagian mana.
  9. Centang pada kotak Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi Google.
  10. Cek kembali apakah kolom-kolom yang anda isi sudah benar semua.
  • Jika sudah klik Langkah Berikutnya, anda akan dibawa ke halaman baru. Cek kembail apakah nomer hp anda masukan tadi sudah benar, jika sudah benar klik Lanjutkan.
  • Masukan kode verifikasi dari google yang dikirim melalui sms, lalu klik lanjutkan.
  • Setelah itu anda bisa upload foto anda untuk membuat foto profil, lalu klik Buat Profil Anda>Lanjutkan ke Gmail maka anda akan di arahkan ke inbox gmail anda.
  • Sampai disini anda sudah berhasil membuat akun email di gmail.


3. Cara Membuat Email di Hotmail
  • Hotmail adalah penyedia email buatan Microsoft dan anda perlu menuju ke www.live.com.
  • Jika sudah masuk klik Sign up now di sebelah kanan bawah.
  • Isi setiap kolom dengan data diri anda.
  • Caranya seperti biasa dengan cara pembuatan email di Gmail dan Yahoo. Di bagian User Name anda bisa memilih @hotmail atau @outlook.com.
  • Jika sudah terisi semuanya dengan benar klik Create Account di bagian bawah.
  • Sekarang anda sudah berhasil membuat email di hotmail.


Begitulah cara membuat email di Yahoo, Gmail, dan Hotmail. Cara membuat email memang sangat mudah jika sudah di kuasai tapi jika baru belajar kadang memang sulit harus mengisi setiap kolom. Jika anda kesulitan bisa tanyakan di komentar. Selamat mencoba..!!


11 komentar: Leave Your Comments

  1. Wah makasih banyak gan sangat bermanfaat sekali utk org awam :D

    BalasHapus
  2. mantaaaf gan........ makasih infonya bermanfaat....

    BalasHapus
  3. Nice gan, bermanfaat untuk orang yang baru berkecimpung di dunia internet :D

    BalasHapus
  4. bisa di coba nih, soalnya belum punya akun hot mail -_-

    BalasHapus
  5. Artikel yg bermanfaat gan (y)

    BalasHapus
  6. Bang Cara Bikin Email yang belakangnya terserah kita dshare dong bang....

    http://panca-hero.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok,, Segera di buat cara buat email dengan nama domain sendiri.

      Hapus
  7. artikel nya mantab (y)
    kunbal bang-gas.blogspot.com

    BalasHapus
  8. mantap om tutorialnya :D
    Jangan lupa mampir juga ya www.kupaskomputer.com

    BalasHapus