Cara Mengatasi Komputer yang Sering Restart Sendiri

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi atau memperbaiki komputer yang sering restart sendiri. Menjadi suatu kendala tersendiri apabila komputer kita mengalami masalah ataupun kerusakan, salah satunya suatu komputer yang terjadi restart sendiri secara terus menerus. Apalagi disaat kita sedang serius bekerja, menjelajah Internet, atau sedang asyik-asyiknya bermain game di komputer, lalu komputer secara tiba-tiba restart secara sendirinya, tentu menjadi hal yang sangat menjengkelkan bukan? Untuk itu kita sebagai pengguna komputer tentu tidak bisa tinggal diam dan harus melakukan perbaikan terhadap komputer kita yang bermasalah.

Komputer Sering Restart Sendiri

Berikut Cara Mengatasi Komputer yang Sering Restart Sendiri:

1. Mengatasi Komputer yang Sering Restart Akibat Kerusakan Hardware
Salah satu penyebab sebuah komputer sering mengalami restart sendiri adalah disebabkan oleh adanya kerusakan pada sistem hardware atau perangkat keras komputer Anda. Diantara kerusakan-kerusakan hardware itu adalah sebagau berikut:

~ Hard Disk yang mengalami kerusakan atau di dalamnya terdapat bad sector yang menyebabkan layar komputer menjadi biru atau biasa disebut dengan Blue Screen of Death, sering terjadi hang, dan terjadinya restart secara terus menerus pada komputer. Sebagai langkah pencegahan adalah dengan mematikan komputer dengan cara yang benar, yakni melalui proses shutdown seperti yang sudah banyak Anda ketahui. Anda juga dapat menggunakan software disk defragmenter untuk men-defrag hard disk secara rutin.

~ Kerusakan pada VGA Card juga dapat menyebabkan komputer sering restart sendiri. Hal ini disebabkan oleh vga card yang cepat panas pada bagian pendinginnya. Pemasangan VGA Card yang kurang baik juga dapat menyebabkan komputer sering hang atau me-restart secara tiba-tiba. Dalam mengatasi hal tersebut, perlulah Anda untuk mengecek vga card pada komputer Anda, atau apabila memang vga cardnya sudah tidak dapat bekerja secara normal, maka pilihan lain adalah dengan menggantinya dengan vga card yang baru.

~ Power Supply yang kekurangan daya untuk memberikan supply ke CPU juga dapat menyebabkan komputer sering restart sendiri. Untuk mengatasi ini, Anda harus memastikan kinerja Power Supply apakah sudah berfungsi dengan baik atau tidak, apabila dipastikan kondisinya tidak baik maka gantilah power supply tersebut dengan yang sudah terbukti berfungsi dengan baik.

~ Penyebab lainnya adalah pada bagian Processor yang kepanasan (overheat) yang biasanya disebabkan oleh pemasangan kipas processor yang kurang baik atau kurang optimal sehingga suhu pada processor meningkat secara berlebihan. Solusinya adalah dengan rutin membersihkan debu pada pendingin processor. Selain itu Anda juga disarankan untuk menempatkan komputer pada ruangan yang tidak terlalu panas atau mungkin bisa Anda tempatkan pada ruangan berAC. Jika tidak memungkinkan, maka Anda dapat melengkapi casing CPU dengan kipas tambahan.

2. Mengatasi Komputer yang Sering Restart Akibat Virus
Selain kerusakan pada sistem hardware, virus juga dapat menyebabkan komputer Anda sering me-restart sendiri. Virus yang masuk biasanya berasal dari file-file dalam komputer yang terjangkit virus atau bisa juga dari media-media penyimpanan seperti flashdisk, kartu memori, ataupun hard disk eksternal. Maka solusi yang paling tepat adalah dengan memakai program-program antivirus untuk mengusir berbagai virus atau malware yang menyerang komputer Anda.

Nah Begitulah cara mengatasi atau memperbaiki komputer yang sering restart sendiri, semoga cara di atas dapat bermanfaat untuk Anda semua. Mungkin anda bisa menambahkan? berbagilah di kolom komentar.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Komputer yang Sering Restart Sendiri"

Posting Komentar

Atas

Tengah 2

Bawah