Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Cara Menghapus File Yang Tidak Bisa Dihapus


Di bagian artikel ini Serba Cara akan membahas tentang cara menghapus file yang tidak bisa dihapus, baca caranya di bawah ini.

Jika anda mencoba untuk menghapus file di komputer tetapi file tersebut tidak bisa dihapus, kemungkinan besar karena program lain mencoba untuk menggunakan file tersebut. Hal ini dapat terjadi dan bahkan anda tidak melihat program yang berjalan. Menghapus file-file ini biasanya soal memaksa program yang menggunakan file untuk menutup. Hati-hati saat melakukan hal ini, menghapus file yang salah dapat memiliki efek buruk pada sistem anda. 

Hapus File Yang Tidak Bisa Dihapus
File Tidak Bisa Dihapus

Bisa juga file tersebut terinfeksi virus sehingga tidak dapat di hapus, cara mengatasinya dengan scan menggunakan antivirus. jika file tersebut juga tidak bisa terhapus oleh antivirus anda bisa menggunakan cara hapus file yang tidak bisa dihapus di artikel yang saya tulis disini menggunakan software Unlocker. Artikel tentang cara menghapus file yang tidak bisa di hapus ini saya berikan caranya di sistem operasi Windows dan Mac OS X.


Cara Hapus File Yang Tidak Bisa Dihapus di Windows

1. Download Program Unlocker
Alasan paling umum bahwa anda tidak dapat menghapus file di Windows karena sedang digunakan oleh program. Program atau proses yang "mengunci" file dapat berjalan di latar belakang, sehingga sulit untuk mencari program yang membuat file tersebut tidak bisa dihapus. Unlocker adalah sebuah program freeware yang dapat memaksa program yang mengunci program untuk menutup, memungkinkan anda untuk menghapusnya. Anda dapat men download Unlocker dari filehippo.com/download_unlocker/


2. Jalankan installer Unlocker
Hati-hati ketika menginstal Unlocker, karena akan mencoba untuk menginstal toolbar browser. Anda dapat memilih dari toolbar selama instalasi, memungkinkan anda untuk menggunakan Unlocker tanpa adware tambahan.


Pilih "Advanced" pilihan instalasi dan hapus centang pada "Install Delta toolbar". Hal ini akan mencegah toolbar diinstal pada komputer Anda. 
Hapus tanda centang pada "Check for Unlocker updates". Unlocker belum diperbarui selama beberapa tahun, sehingga tidak perlu untuk ini (masih bekerja sebagaimana dimaksud, jadi update belum diperlukan). 


3. Klik kanan pada file yang ingin Anda hapus dan pilih "Unlocker"
Memungkinkan untuk berjalan jika diminta. Tergantung pada apa yang mencegah file tidak dihapus, Anda akan melihat salah satu dari dua pilihan yang berbeda: 

Jika file yang sedang dikunci oleh proses sistem, anda akan melihat tampilan proses yang mengunci file yang tidak bisa di hapus tersebut. Jika anda melihat jendela ini, lanjutkan ke langkah berikutnya. 

Jika file tidak terkunci oleh proses sistem (biasanya kalau program reguler adalah menggunakan file), Anda akan mendapatkan menu yang memungkinkan anda untuk memilih berbagai tindakan untuk melakukan pada file tersebut. Jika anda melihat jendela ini, lanjutkan ke Langkah no 4.

Klik Unlock All untuk memaksa proses yang sedang mengunci file untuk melepaskannya. 
 
Sekarang coba hapus file yang tidak bisa dihapus tersebut. Berhati-hatilah karena anda dapat dengan mudah memaksa proses penting untuk menutup atau membuka dan menghapus file sistem yang penting, pastikan file tersebut benar-benar tidak penting dan mengganggu sebelum menghapusnya.


4. Hapus Jika File Tidak Digunakan Oleh Program
Pilih "Delete" dari daftar pilihan jika pesan yang muncul seperti "No Locking handle found".
Klik OK dan Unlocker akan mencoba untuk paksa menghapus file. Jika file tidak dapat dihapus, Unlocker dapat mencoba untuk menghapusnya sebagai boot komputer anda pada saat anda me-restartnya.  Baca juga Cara Merawat Laptop



Cara Hapus File Yang Tidak Bisa di Hapus di Mac OS X

1. Tentukan Program yang mencegah file tidak bisa di hapus. Alasan yang paling umum anda tidak dapat menghapus file di OS X adalah karena program saat ini menggunakan file. Proses ini akan menentukan program mana yang menggunakan file tersebut.


2. Tutup program jika memungkinkan. Jika program tersebut terbuka dan terlihat, menutupnya dengan prosedur penutupan normal. Jika program tersebut menolak untuk menutup, Anda dapat mencoba dengan Force Quit di OS X.

Anda dapat membuka "Activity Monitor" di folder Utilities untuk daftar semua proses yang aktif. Anda dapat menggunakan kolom PID di Activity Monitor untuk mencocokkan PID dari proses. Pilih proses yang anda ingin menutup dan klik "Quit Process"


3. Ini mencoba untuk membuka file terkunci yang telah ditempatkan di Trash sebelum file dihapus. Gunakan ini jika anda menerima pesan tentang file terkunci ketika mencoba untuk mengosongkan Trash. 
Tahan tombol Option ketika anda klik kanan pada trash untuk melakukan perintah mengosongkan trash. Ini akan menghapus sebagian besar file yang terkunci. 

Peringatan: Selalu berhati-hati saat menghapus file yang terkunci, karena hal ini biasanya terjadi ketika anda mencoba untuk menghapus file sistem. Menghapus file yang salah dapat membuat sistem anda bisa dioperasi sampai anda harus menginstal ulang sistem operasi.  

Nah begitu aja cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di windows dan Mac OS X. Semoga bermanfaat.

Baca juga tips dan trik di devininblog.blogspot.com 

1 komentar: Leave Your Comments

  1. makasih gan infonya :)


    Gabung Sekarang Juga di www.serbabayar.com selain untung menjadi member dapatkan juga kuntungan setiap bulannya. Lebih Mudah Isi Voucher Ulang Secara Online di www.serbabayar.com , Harga Murah Layanan Berkualitas.

    BalasHapus