Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Inilah Jenis dan Sejarah Komputer

Kehidupan manusia zaman sekarang tidak lepas dari teknologi, khususnya computer. Bahkan banyak peralatan berbasis computer yang sekarang ini umum di gunakan masyarakat, misalnya personala data assistant(PDA), global positioning system (GPS), mobile computer (desknote, laptop), mobile phone(HP), tablet, translator dan lain-lain sebagainya.

Beberapa pakar dan peneliti mengartikan computer sebagai berikut:
  • Menurut Hamacher, “Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.”
Sejarah-Komputer
  • Menurut Blissmer, “Komputer adalah alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan intruksi yang diberikan, menyimpan perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.”
  • Fuori berpendapat bahwa “Komputer adalah pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan manusia.”

Jadi dapat disimpulkan bahwa computer adalah seperangkat alat elektronik yang terdiri atas peralatan input, alat yang mengolah input, dan peralatan output yang memberikan informasi, serta bekerja secara otomatis. simak juga: sejarah blog

Generasi computer dari tahun ke tahun:
Komputer generasi pertama (1946-1959)
Komputer generasi kedua (1959-1964)
Komputer generasi ketiga (1964-1970)
Komputer generasi keempat (1979-sekarang)
Komputer generasi kelima (sekarang)

Jenis Komputer:
Super Computer
Jenis computer yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yang membutuhkan perhitungan sangat komplek. Karena bentuk dan harganya relatif mahal, computer ini jarang kita temui. Biasanya digunakan di universitas, pemerintah dan perusahaan besar.

Mainframe Computer
Jenis computer yang digunakan pada lingkungan ketika pengguna memerlukan akses untuk menjalankan program, dan memakai data secara besama-sama. Biasanya computer jenis ini banyak digunakan sebagai server e-commerce yang melayani transaksi melalui internet.

Mini Computer
Komputer jenis ini lebih kecil dari computer mainframe tetapi lebih besar dari jenis microcomputer. Biasanya memiliki beberapa terminal. Komputer jenis ini digunakan sebagai server jaringan computer atau server internet.

Workstation Computer
Komputer single-user (digunakan satu orang) yang sangat poserful. Biasanya digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan perhitungan kompleks dan pekerjaan yang berat, misalnya pembuatan animasi computer.

Microcomputer/personal computer(PC)
Jenis computer pribadi yang digunakan oleh satu orang, yang kinerjanya tergantung pada kebutuhan. Jenis computer ini mencakup desktop computer, laptop, dan PDA.

Komputer sekarang sudah menjadi barang yang wajib untuk di miliki seseorang karena komputer sangat banyak sekali kegunaanya, apalagi jika anda seseorang pekerja IT. Menurut saya komputer bisa untuk segala macam seperti main game, kerja/cari uang, membantu suatu kerjaan dengan mencari informasi di internet dan masih banyak lagi yang lainnya. Tetapi dengan munculnya smartphone dan tablet peminat komputer menjadi berkurang padahal untuk kinerjanya lebih bagus komputer.

Nah itulah jenis-jenis komputer dan sejarah komputer, jika anda suka dengan artikel ini share ke facebook, twitter dan lainya.

1 komentar: Leave Your Comments

  1. udh sampai ke genaerasi 5 , kalau generasi ke 6 udh ad bkum ya ?
    Kak dolop

    BalasHapus