Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Sejarah Blog dan Asal Usul Kata Blog

Asal-usul blogging lebih dulu daripada Internet yaitu pada buku harian pribadi, kronik dan bentuk-bentuk tertulis renungan pribadi. Tapi sekarang blog dianggap sebagai halaman Web yang berfungsi sebagai jurnal pribadi yang dapat diakses publik bagi seorang individu atau perusahaan. Blog dari biasanya ditulis dalam urutan kronologis dan ditampilkan dalam urutan kronologis terbalik kepada pembaca. Media online, seperti forum diskusi dan email juga dianggap sebagai pendahulu ke blog. Sejarah Blog

Arti kata Blog
Kata blog itu sendiri adalah permainan kata Weblog, karena sebagian besar blog yang akan ditampilkan dalam format catatan jurnal atau log, dimana kebanyakan diperbarui setiap hari atau lebih sering daripada sebagian besar situs Web. Suatu Blog sering mencerminkan kepribadian penulis atau karyawan perusahaan yang mereka wakili. Untuk tujuan ini paling akurat dan pas evolusi hari ini blog berasal dari buku harian online tempat harian akan menyimpan jurnal online sendiri. 

Sejarah Blog

Inilah Sejarah Blog

Bentuk populer lainnya dari blogging dalam bisnis telah menyertakan update diterbitkan dengan menggunakan jaringan protokol. Ini adalah metode pengiriman yang sangat populer untuk jurnal online di pertengahan 1990-an - dipopulerkan oleh pengembang game 3D, seperti id Software dan 3DRealms, yang menggunakan jaringan protokol untuk memberikan berita dan rincian menarik tentang pengembangan game untuk fans mereka.

Asal Usul Kata Blog
Blog The Herald mengutip asal-usul istilah weblog untuk G. Raikundalia & M. Rees, dua dosen dari Bond University di Gold Coast. Istilah ini pertama kali digunakan dalam makalah berjudul "Exploiting the World-Wide Web for Electronic Meeting Document Analysis and Management." Penggunaan populer dari istilah Weblog seperti yang kita kenal sekarang adalah dari Jorn Barger dari Weblog Robot Wisdom (robotwisdom.com) pada bulan Desember 1997. Barger menciptakan istilah weblog yang berarti penebangan Web. Dalam programmer 1999 Peter Merholz disingkat istilah weblog untuk blog.
 
Baca juga: Penjelasan SSH atau Secure Shell

Seperti kebanyakan teknologi baru, (dunia blogging) blogosphere penuh kata-kata baru, istilah, dan bahasa gaul yang digunakan untuk menggambarkan blog dan tindakan blogging, berikut adalah beberapa dari banyak istilah yang berhubungan dengan blog:
 

Blog: Pendek untuk log Web, sebuah blog adalah sebuah halaman web yang berfungsi sebagai jurnal pribadi yang dapat diakses publik bagi seorang individu. Biasanya diperbarui setiap hari, blog seringkali mencerminkan kepribadian penulis.
 

Blogger: Seorang blog atau si penulis di blog di bilang seorang blogger.
 

Blogging: Tindakan menulis di blog atau memperbarui blog. 

Blogosphere: Berarti semua blog, itu adalah ekspresi yang digunakan untuk menggambarkan 'dunia blog'. 

Blogpost: M-riview blog berupa artikel di blog orang lain.

Blogwalking: Kata gaul yang digunakan untuk saling berkomentar di blog mereka supaya blog tidak sepi komentar. Biasanya hanya disingkat dengan (BW).

Blogroll: Jika anda menemukan ini di blog adalah daftar link ke blog lain dan situs Web yang referensi penulis blog yang biasa atau berafiliasi. Blogroll membantu blog penulis untuk membangun dan membangun sebuah komunitas blogger mereka.

Blogsnob: (1) Sebuah istilah kata gaul yang digunakan untuk menggambarkan seorang blogger yang tidak merespon blog komentar yang ditinggalkan oleh orang-orang di luar lingkaran sendiri teman-teman blogger. (2) Ditulis sebagai Blogsnob, iklan pertukaran bebas untuk blog dan situs pribadi.


B-blog: Untuk blog bisnis, blog yang digunakan oleh sebuah bisnis untuk mempromosikan dirinya atau bisnisnya.
 


Klog: Kata untuk blog pengetahuan, klog adalah jenis blog biasanya digunakan sebagai blog Intranet/internal yang tidak dapat diakses oleh masyarakat umum dan yang berfungsi sebagai sistem manajemen pengetahuan. Klog Istilah ini juga digunakan untuk menggambarkan sebuah blog yang berorientasi konten teknis.

Moblog: Akronim digunakan untuk menggabungkan istilah "mobile" dan "Web log". Dimana Web log (juga disebut blog) adalah sebuah halaman web yang berfungsi sebagai jurnal pribadi yang dapat diakses publik bagi seorang individu, moblog adalah sebuah blog yang telah diposting ke internet dari perangkat mobile seperti ponsel atau PDA.
www.serbacara.com


Tagging: Umumnya digunakan dalam blog, penulis situs melampirkan deskripsi kata kunci (disebut tag) untuk mengidentifikasi gambar atau teks dalam situs mereka sebagai kategori atau topik. Halaman web dan blog dengan tag identik kemudian dapat dihubungkan bersama memungkinkan pengguna untuk mencari konten yang sama atau terkait. Jika tag yang dibuat publik, halaman online yang bertindak sebagai penunjuk layanan berbasis Web mampu indeks mereka. tag dapat dibuat dengan menggunakan kata-kata, akronim atau angka. Tag juga disebut tagging, blog tagging, folksonomi (short untuk orang-orang dan taksonomi), atau social bookmarking.

Blog dan Ping: Sebuah istilah pemasaran online diterapkan pada sistem yang memanfaatkan blog dan ping (singkatan pingback) untuk menyampaikan konten dan/atau situs untuk mengindeks di mesin pencari dengan tujuan akhir dari keuntungan. Juga disebut blog ping.

Vlog: Singkatan video blog, itu adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah blog yang mencakup atau terdiri dari klip video. Biasanya diperbarui setiap hari (atau dengan frekuensi yang teratur) vlog sering mencerminkan kepribadian atau penyebab penulis. Juga disebut vog.
 


The Dooce: Istilah "Untuk kehilangan pekerjaan yang (dipecat) karena sesuatu yang telah anda tulis dalam sebuah blog." Dooce diciptakan ion 2002 oleh Heather Armstrong, seorang desainer web Los Angeles yang kehilangan pekerjaannya setelah menulis tentang rekan kerja di blog pribadinya, dooce.com.

Anda Sedang Membaca Artikel Sejarah Blog

Platform Blog
Sebelum layanan blogging tersedia secara bebas, blogger diperlukan setidaknya beberapa pengetahuan tentang HTML dan menguasai Weblog mereka. Pada akhir 1990-an blogging menjadi sangat populer, dan sebagai hasilnya beberapa software blogging gratis dan layanan telah tersedia. Layanan gratis menawarkan blogger yang mudah digunakan antarmuka browser untuk mempertahankan dan mengedit blog. Pengguna dapat dengan bebas bergabung dengan layanan host blog berikut:
 
Blogger - www.blogger.com
LiveJournal - www.livejournal.com
WordPress - www.wordpress.com
Xanga (Xanga.com, Inc) - www.xanga.com
Tumblr - www.tumblr.com
Squarespace - squarespace.com
Typepad - www.typepad.com

Itulah penjelasan tentang sejarah blog, semoga bermanfaat dan jangan lupa like dan share ke facebook, twitter, google plus dan lainya.

3 komentar: Leave Your Comments

  1. terimakasih gan atas info nya http://atani3in1.blogspot.co.id/2012/03/memahami-makna-kuliah-di-perguruan.html?showComment=1461809834540

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. saya mohon ijin minta post ini ya.. saya terakan sumber nya ..
    http://maspurr30.blogspot.co.id/ mampir ya !

    BalasHapus