Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

6 Cara Merakit Komputer Dengan Gambarnya

Di artikel ini SerbaCara.com akan memberi tutorial cara merakit komputer lengkap dengan gambarnya yang akan mempermudah anda belajar merakit komputer.

Merakit komputer dari awal sampai berhasil memberi anda pengetahuan juga tentang komponen-komponen komputer, tetapi jika tidak ada panduan merakit komputer dan apalagi baru pertama kali melakukannya bisa membuat anda pusing dan bingung. Maka dari itu di artikel ini serbacara.com akan memberi panduan lengkap tentang cara merakit komputer sendiri dengan benar, mulai dari komponen-komponen yang harus di siapkan dan memasang semua komponen sampai komputer bisa di nyalakan dengan baik. Beberapa dari anda mungkin hanya ingin sekedar mengetahui bagaimana cara merakit komputer atau meng-upgrade bagian komponen PC anda sendiri. Bagi yang hanya ingin meng-upgrade atau mengganti salah satu komponen komputer anda bisa ikuti langkah pemasangan komponen yang anda upgrade, misalnya anda ingin mengganti memori ram anda bisa langsung ikuti langkah memasang ram.

Jika anda sangat pemula dan belum tahu seluk-beluk komponen komputer jangan lakukan merakit komputer sendiri tapi lakukan dengan yang sudah ahli untuk memandu anda dalam merakit komputer. Jika anda ingin merakit komputer sendiri anda bisa cari tahu informasi tentang komponen di dalam komputer dan spesifikasi komputer terlebih dahulu. Merakit komputer komponen juga harus sepadan seperti besar gedenya Ghz pada prossesor, WAT di Power Supply dan spesifikasi VGA card. Jika spesifikasi komponen-komponen yang mau di rakit atau pasang tidak sepadan maka akan terjadi bottleneck dan tidak stabil. Misalnya anda menggunakan Power Supply berkapasitas 300 WAT dan prosessor core i5 maka komputer anda nantinya akan mati sendiri karena PSU kurang dalam memberi tegangan listrik ke prosessor. 

Langkah-langkah Cara Merakit Komputer

Bila anda sudah siap ikuti langkah cara merakit komputer dibawah ini. Sebelum anda memulai merakit anda harus dan wajib mempersiapkan peralatan dan komponen-komponen yang ada di dalam komputer seperti:

Motherboard
Procesor
Memori Ram
Heatsink dan Kipas
Kartu Grafis atau VGA Card (PCI/AGP) (jika di perlukan)
Harddisk (SATA/ATA)
Power Supply (PSU)
CDROM/DVDROM
Casing
Monitor
Keyboard
Speaker
Mouse
Obeng Plus
CD Sistem Operasi seperti windows 7, windows 8 atau lainnya
CD Driver setiap hardware seperti VGA Card 


1. Cara Memasang Procesor dan Kipas Heatsink Ke Motherboard
Cara Merakit Prosesor

Prosesor adalah sebuah chip yang ada pada komputer dan termasuk otak komputer. Anda harus memilih procesor yang sejenis dengan motherboard, misal Motherboard tipe LGA 1150 Prosesor juga harus jenis 1150.
  • -Pertama buka atau tarik ke atas pengunci socket prosesor pada motherboard
  • -Letakkan procesor pada socket, sesuaikan tanda titik pada sudut prosesor, jika sudah terpasang dengan baik kunci kembali soket procesor tersebut dengan benar.
  • -Lapisi atau Oleskan pasta di bagias atas prosesor yang akan di pasang heatsink
  • -Selanjutnya pasang Heatsink di atas prosesor, kunci yang ada di Heatsink sehingga tidak goyang atau tampak seperti mau lepas.
  • -Terakhir colokokan konektor power kipas Heatsink ke motherboard. Dan pastikan kembali bahwa Heatsink dan Procesor sudah terpasang dengan baik.


2. Cara Memasang Memori RAM Ke Motherboard

Cara Merakit Memory RAM Komputer

Sebelum memasang memori ram anda juga harus memilih memori RAM yang cocok dengan Motherboard. Memori RAM yang digunakan saat ini ada tiga jenis yaitu DDR2, DDR3, dan DDR4. 
  • -Bila Memory RAM sudah sesuai dengan Motherboard anda tinggal memasang pada Motherboard dengan slot yang sudah di sediakan. 
  • -Kemudian kunci Memory RAM dengan klip yang berada di ke dua sisi slot. Hati-hati saat mengunci dan lakukan dengan pelan-pelan. 
  • -Pastikan Memory RAM sudah terpasang dengan benar dan baik.


3. Cara Memasang Power Supply Unit(PSU) Pada Casing
Pastikan nilai WAT pada PSU sudah mampu mengaliri listrik ke komponen-komponen komputer. Jangan sampai nilai WAT nya lebih rendah dengan yang di butuhkan komponen-komponen komputer.
  • Pasangkan PSU di atas pojok pada casing, biasanya ada yang di taruh dibawah juga.
  • Kunci dengan baut yang ada menggunakan obeng (+).
  • Pastikan PSU sudah terpasang dengan benar dan tidak goyang.


4. Cara Memasang Motherboard ke Casing
Merakit Komputer atau PC

  • Masukkan Motherboard ke dalam casing secara pelan-pelan, jangan sampai salah dalam memasang Motherboard ke casing. 



5. Cara Memasang Harddisk Dan CD Atau DVR-RW
Tahap selanjutnya memasang Harddisk dan pastikan tipe Harddisk bisa di hubungkan dengan Motherboard. Saat ini Harddisk ada dua jenis yaitu Harddisk SATA dan ATA. Perbedaan SATA dan ATA ada pada kabelnya, ATA harus menggunakan kabel IDE yang bentuknya lebar dan SATA menggunakan kabel kecil. Selain menggunakan Harddisk anda juga bisa menggunakan SSD, tapi disini saya tidak menjelaskan tentang SSD, yang pastinya kinerja komputer jauh lebih cepat jika menggunakan SSD dan harga pun juga lebih mahal daripada Harddisk. Biasanya orang menggunakan SSD untuk komputer gaming.

Cara Merakit Komputer

  • Letakkan casing dalam keadaan berdiri, pasang Harddisk pada casing dan kunci dengan baut menggunakan obeng plus. 
  • Pasang juga CD atau DVR-RW di bagian atas pada casing dan kunci dengan baut agar tidak gerak.
  • Selanjutnya pasang masing-masing kabel pada Harddisk dan CD/DVD RW seperti gambar di atas.


6. Memasang Kabel Komputer

Cara Merakit Kabel Komputer

Di bagian ini anda harus benar-benar teliti karena jika anda salah dalam memasang kabel akan berakibat fatal. Setelah komponen-komponen semua terpasang sekarang kita memasang beberapa kabel pada komputer antara lain kabel Power 24 pin dan kabel Front Panel.Lihat gambar di atas jika bingung.


Ikuti Belajar Cara Merakit Komputer Sendiri

Jika semua sudah terpasang coba nyalakan komputer, jika komputer nyala dengan normal anda tinggal install Sistem Operasi dengan menyeting di BIOS terlebih dahulu. Bios untuk mengonfigurasi dan memastikan apakah komponen-komponen sudah terpasang dengan benar, jika sudah terpasang dengan benar maka BIOS dapat mengenali setipa komponen komputer dan menampilkan pada menu BIOS. Untuk masuk ke setup BIOS pencet tombol "Delete" pada keyboard saat komputer booting. 


Begitu lah cara merakit komputer dengan baik dan benar. Dalam belajar semua membutuhkan proses dan waktu untuk mendapatkan hasil yang bagus. Jika informasi di atas kurang lengkap di mohon maaf dan anda bisa mencari informasi lebih lanjut lagi agar mempermudah anda dalam merakit komputer. Jika ada yang di pertanyakan anda bisa tanyakan di kolom komentar.

27 komentar: Leave Your Comments

  1. saya sudah sering ngerakit komputer sist
    hehehe asik aja kayaknya

    BalasHapus
  2. mantap,.!! kunjung balek ya

    mantap nich gan,.!! mengapa blog kita tidak terindex oleh google.!! dijamin
    http://www.atodaynews.ml/2015/02/alasan-mengapa-blog-tidak-terindex-oleh.html

    BalasHapus
  3. nice info nih, mantabh lah.

    yuk mampir www.adikaliptuz.com

    BalasHapus
  4. Thanks bro. Meskipun kadang suka terbalik pasang kabel front panel. :D

    BalasHapus
  5. Wah makasih bro, ini sepertinya harus teliti dalam memasang yaa...terutama untuk memasang motherboardnya...

    BalasHapus
  6. Nice infonya mba, klo saya keseringan bongkarnya aja dan yg ngerakitnya lg saudara saya :D

    BalasHapus
  7. Infonya sangat bermanfaat top markotob hahahah

    BalasHapus
  8. Lucky Computer Solution

    Kami adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa service dan maintenance komputer dengan tim professional dan terpercaya.

    Lucky Computer Solution dengan tim teknisi komputer berpengalaman dan professional siap membantu anda mengatasi masalah yang terjadi pada perangkat komputer anda dengan layanan service komputer panggilan. Layanan service komputer panggilan yaitu dengan sistem pengerjaan langsung hingga selesai di rumah, kantor dan warnet anda berada.

    Pastikan anda selalu menggunakan jasa Lucky Computer Solution.

    Masalah apa saja yang bisa di tangani tim teknisi kami ?

    1. Komputer mati total
    2. Komputer sering Hang
    3. Komputer lambat
    4. Terkena virus
    5. Install program
    6. Install ulang Operasi sistem Windows
    7. Pemasangan jaringan
    8. dll
    Bagaimana dengan biayanya ?

    Jangan khawatir dengan biaya, karna Lucky Computer Solution memberikan harga yang begitu murah, dan terjangkau
    1. Service ( Pembersihan seluruh komponen komputer, Penggantian Pasta Procesor ) Rp 75.000
    2. Instalasi ulang ( Windows, MC Office, Corel, PhotoShop, Mozilla, DLL ) Rp 75.000
    3. Paket Service dan Instal Ulang Cuma Rp 100.000
    Bagaimana cara booking service komputer panggilan teknisi Lucky Computer Solution ?
    Ketika terjadi trouble atau kerusakan pada perangkat komputer anda, anda bisa langsung hubungi call service kami di : 081-220-769-974 atau Pin BB 25CB7BAF dan buatlah perjanjian penanganan komputer anda untuk kunjungan ke rumah atau kantor anda dan kami pastikan tim teknisi kami akan segera datang ke rumah, kantor atau warnet anda . ( LCS hanya melayani Area Bandung, Cimahi, Sumedang. Diluar kota Bandung dikenakan biaya bensin )

    BalasHapus
  9. kunjugan balik gan ke teknikd.ga

    BalasHapus
  10. Tutorial di atas sangat lengkap gan. Ingin sekali mempraktekkannya, tapi saya tidak ada bahan2 dan perlengkapannya karena minim biaya :D. Nice informasinya deh gan.

    BalasHapus
  11. Makasih gan atas infonya. Kebetulan ane baru mau belajar ngerakit komputer sendiri...

    BalasHapus
  12. makasih gan infonya,mudah dipahami

    BalasHapus
  13. wah rumit juga ya gan ternyata. btw nice info

    BalasHapus
  14. Terimakasih atas informasinya gan, sangat bagus dan sangat bermanfaat.
    kami berbisnis electric home, bila berkenan silahkan kunjungi kami di :

    http://www.rajalistrik.com/

    BalasHapus
  15. makasih gan saya pemula alhamdulilah berkat artikel ini saya lebih tau soalnya besok saya prakerin haha

    BalasHapus

  16. Pingin Kerja!! Tapi Ga punya Keterampilan... :'(??
    Silahkan untuk mengikuti pelatihan kursus komputer
    Ditempat kami. cara nya daftar di http://www.setkom.sch.id/
    Atau Bisa Hubungi 089-505-818-296

    BalasHapus
  17. ijin copas gan mantaf infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan gan,, cantumkan sumbernya juga ya!!

      Hapus
  18. ,.infonya brmnfaat bgt :) nice (y)

    BalasHapus
  19. Terima Kasih telah membagikan ilmu anda, Informasi yang
    sangat berguna dan bermutu. mari kita saling kenal jauh
    melalui jaringan blogspot ini dengan saling follow

    Follow balik ya & ditunggu kunjungannya di blog saya :

    http://softkini.blogspot.co.id

    semoga kita bisa saling berbagi ilmu yang tiada hentinya
    mengalir dalam dunia ini. TRIMS

    BalasHapus
  20. terimakasih banget, bagus artikelnya..
    www.rajalistrik.com

    BalasHapus
  21. https://www.facebook.com/NoNameComp
    ..
    Kalau anda butuh jasa perakitan komputer ,
    Bisa call kita,
    Jual game Pc dan terima service/maintenance juga .
    ..
    Bantu Like juga ya kawan :D
    Thanks..

    BalasHapus
  22. komputer suka mati sendiri kenapa yah apa pengaruh dr listrik yg suka ngedrop

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga karena hal itu, dan bisa juga Power Supply sudah mulai bermasalah.

      Hapus