Wireless Charger: Bagaiaman Cara Kerja Charger Ponsel Tanpa Kabel?

Wireless Charger melakukan pembelian yang cukup bermanfaat bagi pengguna gadget yang tidak perlu repot-repot mencolokkan perangkat mereka dan duduk di dekat stopkontak. Memberikan perangkat Anda dilengkapi dengan teknologi pengisian daya nirkabel tertanam, Anda sekarang dapat mengisi daya perangkat Anda tanpa terhubung secara fisik ke sumber energi.

Teknologi baru ini berkat Wireless Power Consortium yang telah mengembangkan standar 'Qi'. Beberapa smartphone modern masa kini hadir dengan dukungan pengisian daya nirkabel, termasuk Google Nexus 4, HTC Droid dan Nokia Lumia 920. Apple iPhone juga dapat diisi daya secara nirkabel jika Anda membeli kasing Powermat khusus.
Wireless Charger: Bagaiaman Cara Kerja Charger Ponsel Tanpa Kabel?

Tetapi Bagaimana Tepatnya Pengisian Daya Nirkabel ini Bekerja?

Pengisian Induktif
Biasanya, perangkat pengisian nirkabel bekerja melalui proses yang disebut pengisian induktif. Ada dua kumparan kawat, satu tertanam di pengisi daya, yang lain di perangkat. Arus bolak-balik melewati pengisi daya dan menciptakan medan magnet khusus, yang membungkus koil penerima di perangkat. Medan magnet ini kemudian menghasilkan arus dalam koil penerima perangkat. Setelah arus bolak-balik mengalir dalam kumparan penerima, itu diubah menjadi arus searah oleh sirkuit, yang membuat pengisian daya smartphone.

Induksi Resonansi
Di masa depan, suatu teknik yang disebut Resonance Induction Coupling mungkin memungkinkan daya untuk dikirim ke beberapa perangkat di ruangan yang berbeda, tanpa perlu smartphone atau pelacak untuk berada di dekatnya. Sistem bekerja dengan mencocokkan frekuensi antara penerima dan pemancar. Namun, ini tidak membuat transfer daya sebanyak metode induktif, membatasi efektivitasnya.

Pengisian nirkabel terus berkembang, dan sudah ada beberapa opsi hebat di pasaran, lebih dari 140 smartphone, tablet, dan perangkat lainnya.

Apa pendapat Anda tentang masa depan pengisian daya? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah!

Atas

Tengah 2

Bawah