Cara Registrasi Kartu Axis Baru Beli, Singkat dan Mudah!

Kesulitan saat ingin melakukan registrasi kartu prabayar Axis? Tenang, registrasi kartu lebih mudah dengan mengitu cara registrasi kartu Axis berikut!

Axis merupakan salah satu operator seluler di Indonesia yang menyediakan layanan internet dan seluler dengan tarif terjangkau. Tak ayal jika banyak pengguna yang kemudian tertarik dengan layanan selulernya. Namun untuk menikmati layanan yang tersedia, pengguna harus terlebih dahulu mendaftarkan kartu selulernya dengan cara registrasi kartu Axis sesuai dengan ketentuan operator yang berlaku.

Registrasi bagi pelanggan jasa telekomunikasi ini sebenarnya sudah ada sejak dulu. Dimana setiap pelanggan baru wajib mengisi data; seperti nama, tempat dan tanggal lahir serta nomor KTP, SIM atau kartu pelajar. Akan tetapi berdasarkan peraturan Kementrian Komunikasi dan Informatika pada Oktober 2017 lalu, semua pelanggan kartu seluler diharuskan melakukan registrasi berdasarkan dokumen pribadi.

Dokumen pribadi yang perlu Anda siapkan untuk registrasi kartu seluler yaitu NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan nomor KK (Kartu Keluarga). Jika belum memiliki e-KTP, pengguna bisa memakai NIK KK yang ada di samping nama Anda. Registrasi kartu seluler ini berlaku untuk semua pengguna, baik pengguna lama atau pun pengguna baru.

Pada awalnya perubahan peraturan registrasi kartu seluler ini menuai banyak pro dan kontra. Sebagian dari masyarakat menilai registrasi kartu seluler yang baru  cukup menyulitkan. Terlebih lagi pengguna hanya bisa melakukan registrasi menggunakan NIK dan nomor KK maksimal untuk 3 nomor saja.

Dan apabila pengguna ingin mengaktivasi kartu keempat atau menganti nomor seluler harus melalui gerai operator yang bersangkutan. Atau bisa juga dengan membatalkan registrasi kartu yang lama melalui SMS. Meski begitu, ternyata registrasi kartu seluler juga memberikan manfaat kepada penggunanya loh!

Cara Registrasi Kartu Axis Baru Beli, Singkat dan Mudah!

Manfaat Melakukan Registrasi Kartu
Menurut Noor Iza selaku Plt Kepala Biro Humas Kementrian Kominfo, dengan melakukan registrasi kartu seluler dimaksudkan agar semua nomor diketahui identitas penggunanya. Dengan begitu bisa mencegah dan meminimalisir adanya penyalahgunaan  nomor tersebut. Lebih lanjut I Ketut Prihadi Kresna selaku Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia menambahkan, pada sistem lama tingkat validasi pemilik kartu masih sangat minim.

Baca Juga: Cara Cek Nomor Axis untuk Pemula dan Pertama Kali

Ia menjelaskan bahwa dengan sistem baru tersebut semua data pengguna yang didaftarkan akan diverifikasi dan divalidasi sesuai dengan data di Dukcapil (Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil).  Sehingga dapat mempersempit ruang gerak pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Secara lebih rinci berikut ini manfaat dan tujuan melakukan registrasi kartu seluler:

  1. Memberikan kenyamanan dan perlindungan bagi masyarakat khususnya pengguna jasa layanan telekomunikasi terhadap aksi kejahatan dan penyalahgunaan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Misalnya, penipuan, spamming atau hoax, cyber crime, penipuan, aksi terorisme dan lain-lain.
  2. Memudahkan pengguna layanan telekomunikasi untuk melakukan transaksi online dan non tunai.
  3. Data pengguna dapat digunakan untuk kepentingan keuangan inklusif atau penyaluran bantuan dan sejenisnya.

Layanan Internet dan Seluler Kartu Axis
Sebagai kartu prabayar yang banyak diminati, axis menawarkan berbagai layanan internet dan seluler yang cukup lengkap. Beberapa diantaranya seperti:

1. Jaringan 4G
Axis yang juga merupakan anak perusahan dari XL Axiata ini sudah didukung dengan jaringan 4G.  Akses internet pun menjadi lebih cepat dan mudah untuk kebutuhan browsing, chatting, dan download. Apabila kartu prabayar Anda belum didukung jaringan 4G, Anda juga bisa me-upgrade-nya menjadi 4G di outlet terdekat tanpa dipungut biaya.

2. Paket
Selain didukung dengan jaringan 4G, axis juga memanjakan penggunanya dengan menawarkan paket internet dan seluler, seperti:

Paket Nelpon & SMS
Paket nelpon dan SMS menawarkan dua layanan yang memudahkan Anda, yaitu :
  • Paket Kangen
  • Paket ini bisa digunakan untuk menelepon nomor lain operator, namun hanya berlaku untuk dalam negeri dan khusus pelanggan prabayar. Selain itu, paket ini hanya bisa dipakai untuk menelepon nomor secara individual, tidak bisa untuk conference call. 
    Cara Registrasi Kartu Axis Baru Beli, Singkat dan Mudah!


  • Paket Curhat
  • Dengan paket ini Anda bisa menelepon dan SMS sesama Axis sepuasnya. Pastikan untuk mengecek sisa kuota telpon atau SMS yang Anda beli. Sebab, ketika paket telah habis, maka otomatis Anda akan dikenakan tarif reguler. 
    Cara Registrasi Kartu Axis Baru Beli, Singkat dan Mudah!


Paket Internet
Paket internet Axis menawarkan akses internet mudah dengan tarif terjangkau, yaitu:

  • Bronet
  • Paket ini cocok buat yang punya aktifitas lebih dalam mengakses internet. Paket Bronet sendiri tersedia dalam dua pilihan, yaitu 1 timeband alias 24 jam, dan dual timeband yang memberlakukan pembagian jam kuota. Yaitu mulai 00.00 sampai pukul 06.00, dan 00.00-23.59.
    Cara Registrasi Kartu Axis Baru Beli, Singkat dan Mudah!
     

  • Obor
  • Untuk yang suka begadang, cocok memakai paket obor ini. Sebab berlakunya kuota adalah dari pukul 00 – 06.00. 
    Cara Registrasi Kartu Axis Baru Beli, Singkat dan Mudah!


  • KZL
  • Kalau paket sebelumnya hanya bisa dinikmati pelanggan Axis prabayar, maka paket KZL ini bisa diakses juga oleh pengguna pasca bayar. 
    Cara Registrasi Kartu Axis Baru Beli, Singkat dan Mudah!

3. Layanan Internasional
Bagi Anda yang ingin tetap terhubung dengan sanak saudara maupun teman yang sedang berada di luar negeri. Tidak perlu risau karena axis menawarkan kemudahan melalui layanan internasionalnya. Untuk menikmati telepon murah ke luar negeri Anda bisa menekan 01000 + [kode negara] + [nomor tujuan]. Sementara untuk menikmati SMS murah Anda bisa menekan tambah (+) [kode negara] dan ketik [nomor yang dituju].


Cara Registrasi Kartu Axis untuk WNA dan WNI

Setelah mengetahui manfaat melakukan registrasi kartu dan layanan kartu prabayar Axis. Kini Anda bisa segera meregistrasi kartu axis Anda. Namun sebelum itu, Anda harus tahu jika terdapat sedikit perbedaan mengenai cara registrasi kartu Axis untuk Warga Negara Asing (WNA) dan Warga Negara Indonesia (WNI). Simak penjelasannya berikut:

1. Registrasi Kartu Axis untuk WNA
Peraturan registrasi kartu prabayar ini tidak hanya diperuntukan bagi Warga Negara Indonesia saja tetapi juga untuk Warga Negara Asing (WNA). Lalu bagaimanakah caranya?

  • Siapkan Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) atau Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) serta identitas paspor.
  • Datangi gerai operator seluler Axis/XL resmi terdekat dengan membawa identitas yang telah disebutkan diatas.
  • Tunggu beberapa saat sampai petugas selesai mendaftarkan paspor atau nomor KITAP/KITAS Anda.

2. Registrasi Kartu Axis untuk WNI
Untuk Warga Negara Indonesia sendiri, terdapat dua cara registrasi kartu Axis yaitu untuk pengguna baru dan pengguna lama.
Cara Registrasi Kartu Axis Baru Beli, Singkat dan Mudah!
  • Pertama, bagi pengguna baru atau lama harus menyiapkan identitas diri berupa NIK (Nomor Induk Kependudukan ) dan nomor Kartu Keluarga (KK).
  • Kedua, bagi pengguna lama bisa melakukan registrasi ulang kartu dengan datang ke gerai resmi Axis/XL. Atau bisa juga melalui SMS dengan ketik : ULANG#NIK#Nomor KK, kirim ke 4444. Misal, ULANG#1234567789651427#3422575955748.
  • Ketiga, bagi pengguna baru juga bisa melakukan registrasi melalui gerai resmi Axis/XL. Atau melalui SMS dengan cara ketik: DAFTAR #NIK#Nomor KK# kirim ke 4444. Misal, DAFTAR#1234567789651427#3422575955748.
  • Tunggu beberapa saat sampai Anda mendapatkan notifikasi registrasi kartu telah berhasil.

Setelah mengetahui cara registrasi kartu Axis, jangan lupa untuk segera meregistrasi kartu prabayar Anda. Semoga bermanfaat!

Atas

Tengah 1

Tengah 2

Bawah