Cara Perbaiki Kamera Android yang Error

Smartphone saat ini bisa dibilang sangat canggih, hal tersebut tidak lepas dari teknologi kamera yang disematkan didalamnya. Sudah banyak developer smartphone yang tanamkan fitur kamera-kamera canggih dengan kualitas HD berkelas. Tentu hal tersebut tidak lepas dari kebutuhan para pengguna yang sekarang umumnya senang melakukan foto, terutama untuk foto selfi. Hasil yang didapatkan dari kamera selfi sangat menakjubkan untuk saat ini. Hal ini berkat adanya resolusi kamera berkualitas tinggi hingga mencapai puluhan megapiksel telah melengkapi fitur kamera smartphone sekarang. Dari kecanggihan fitur kamera depan ini, pengguna merasakan banyak kepuasan dari hasil bidikan yang mereka buat. Pasalnya fitur kamera selfi sangat berguna sekali bagi pengguna, akan tetapi fitur kamera belakang juga tidak kalah canggihnya.

Dibalik itu semua masih ada beberapa bug atau masalah yang sering terjadi pada fitur kamera Android. Tidak sedikit pengguna yang merasakan hal sama, dimana fitur kamera Android mereka mengalami eror atau masalah. Hal ini bisa dikatakan wajar bisa terjadi, dikarekanan dari beberapa kelalaian pengguna yang tidak paham tentang beberapa fungsi aplikasi pendukung lainnya di dalam smartphone mereka. Jika Anda pernah mengalami hal tersebut pastinya akan membuat Anda merasa kesal. Anda juga akan mencari cara perbaiki kamera Android yang eror seperti sekarang Anda lakukan. Untuk itu jika tujuan disini Anda mencari solusinya, serbaCARA.com telah merangkumnya dan bisa Anda baca secara lengkap dibawah ini.

Cara Perbaiki Kamera Android yang Error

Berikut langkah yang di ambil mengenai Cara perbaiki kamera Andorid yang eror


1. Matikan Perangkat Andorid Anda
Cara pertama yang bisa dicoba saat kamera Android Anda error adalah mematikan perangkat tersebut. Jika sudah Anda matikan, sekarang bisa melepaskan Memory Card (micro SD), SIM Card, dan Baterai (namun jika removable). Langkah berikutnya adalah Anda dapat menekan tombol On/Off kurang lebih sekitar 15 detik agar dapat hilangkan daya statis yang ada pada smartphone Anda. Sekarang Anda bisa menyusun kembali komponen yang telah dilepaskan dan hidupkan kembali smartphone Anda. Jika sudah menyala lagi, saat Anda melakukan pengecekan apakah kamera telah berfungsi dengan baik atau tidak.

2. Hapus Data Aplikasi dan Hentikan
Apabila pada cara pertama tidak berhasil Anda lakukan, maka bisa memakain cara kedua dengan melakukan penghapusan dan penghentian data aplikasi kamera. Hal tersebut cukup ampuh untuk memerikasa aplikasi kamera bermasalah, terlebih untuk fitur kamera bawaan dari smartphone. Saat Anda menggunakan clean data, maka dapat menghilangkan semua cache, basis data, history, dan setting yang ada di fitur kamera. Untuk opsi Force Stop berfungsi sebagai penghentian kamera dengan cara paksa.

3. Menggunakan Aplikasi Kamera Bukan dari Bawaan
Ketika Anda tidak dapat memakai aplikasi kamera bawaan, solusinya adalah Anda bisa menggunakan aplikasi kamera pihak ketiga yang bisa Anda install di dalam playstore. Karena bisa juga aplikasi kamera bawaan yang ada pada smartphone Android Anda telah rusak. Jadi ini bisa dikatakan sebagai alternatif untuk Anda yang ingin bisa menggunakan fitur kamera kembali. Saat ini di dalam playstore terdapat cukup banyak pilihan Aplikasi kamera berkualitas baik dan Anda bisa memilih secara bebas. Oleh karena itu bisa baca: 10 Aplikasi Kamera Berkualitas Tinggi untuk Android

4. Melakukan Update Sistem Android
Bisa jadi masalah dari kamera error yang ada di pernagkat Android Anda dikarenakan adanya bugs di dalam ROM yang sedang Anda pakai. Umumnya developer smartphone selalu menyediakan update system Android. Berkat adanya pembaruan sistem seperti ini, dapat mencegah bugs dan akan menjadikan antarmuka pada tampilan layar smartphone Anda terlihat lebih segar kebali. Jika Anda ingin perikasa apakah ada pembaruan system Android, maka Anda dapat masuk ke pengaturan. Selanjutnya masuk di menu tentang ponsel (umumny ada dibagian terbawah), klik pembaruan sistem. Jika itu tersedia, maka Anda bisa langsung unduh dan install pembaruan tesebut, tunggu beberapa saat sampai smartphone Anda restart otomatis.

5. Gunakan Pengaturan Pabrik
Dari keempat cara yang sudah kami berikan di atas tetapi tidak bisa memberikan solusi dan hasil yang baik, maka Anda bisa mencoba perbaiki kamera yang tidak berfungsi dengan cara kembalikan perangkat Android Anda ke pengaturan pabrik (hard reset). Cara yang dapat Anda lakukan untuk proses factory reset adalah masuk ke dalam pengaturan, disana Anda harus temukan menus setelan tambahan. Selanjutnya pilih menu buat cadangan dan reset. Dilanjutkan dengan memilih hapus semua konten dan pengaturan. Sekarang Anda tunggu proses yang sedang berjalan tersebut untuk melakukan hard reset dan jika telah selesai Anda dapat mematikan smartphone Android. Langkah berikutnya Anda sekarang masuk ke dalam recovery mode, caranya adalah tekan tombol kombinasi (sesuaikan dengan tipe smartphone yang Anda gunakan saat ini), selanjutnya memilih wipe data/ factory reset dan konfirmasi segera dengan memilih Yes/Ok. Perlu Anda catat, dengan melakukan reset pabrik ini maka akan mengembalikan smartphone Anda ke setelan awal pabrik. Jadi sebaiknya, saat Anda ingin melakukan reset ini sebaiknya sudah membackup data-data yang ada agar tidak hilang nantinya.

6. Mengganti Hardware Kamera
Jika Anda tetap tidak menumukan solusi terbaik dari masalah ini. Jalan satu-satunya yang bisa Anda lakukan sekarang adalah mengganti hardware kamera Anda. Bisa jadi ada kerusakan parah yang terjadi dalam hardware kamera smartphone Anda. Jika Anda bisa melakukan pembongkaran sendiri pada perangkat smartphone Android Anda, maka bisa langsung mengeceknya di bagian koneksi kabel kamera. Perhatikan dengan baik apakah memiliki kondisi yang masih baik atau tidak. Akan tetapi untuk Anda yang tidak punya pengalaman atau ahli dalam urusan bongkar membongkar perangkat Android. Solusi terbaiknya adalah bisa pergi ke service center terdekat dan temukan masalah yang ada para fitur kamera smartphone Anda dengan cara bertanya pada teknisi disana.

Nah itulah langkah yang bisa di ambil ketika mendapatkan error pada kamera smartphone Android Anda. Semoga dengan adanya enam cara perbaiki kamera Android yang Error ini bisa memberi Anda solusi. Sekian dan terima kasih sudah sempat singgah di artikel ini.

Atas

Tengah 1

Bawah