Resolusi Gambar Smart TV yang Perlu Diketahui

Smart TV adalah televisi masa kini dengan tambahan fitur Internet terintegrasi dan fitur interaktif "Web 2.0" yang memungkinkan pengguna untuk streaming musik, video, browsing internet, dan melihat foto.

Smart TV memiliki banyak resolusi layar yang meliputi 720p, 1080p, dan 4K. Pada artikel ini, kita akan membahas resolusi gambar Smart TV secara terperinci.

Apa itu Resolusi Gambar?
Resolusi gambar adalah detail yang dipegang gambar. Resolusi lebih tinggi berarti lebih banyak detail gambar. Resolusi gambar dapat diukur dengan berbagai cara. Resolusi mengkuantifikasi seberapa dekat garis dapat satu sama lain dan masih terlihat terselesaikan.

Resolusi dalam hal perangkat keras TV, mengacu pada jumlah piksel yang menyusun gambar di TV. Ada banyak resolusi yang ditemukan di smart TV. Smart TV yang lebih lama banyak model 32 inci memiliki sejuta piksel (720p). TV yang lebih baru dan sedikit lebih besar (49 inci dan lebih kecil) memiliki sedikit lebih dari 2 juta piksel (1080p). Bahkan TV yang lebih baru dan lebih besar (50 inci ke atas) memiliki 8 juta (untuk 4K Ultra HD). Dan TV terbaru dan terbesar memiliki lebih dari 33 juta piksel (8K).

Hanya karena TV memiliki resolusi lebih tinggi daripada yang lain, bukan berarti TV itu lebih baik. Mungkin saja bisa , tetapi tidak selalu dan untuk alasan yang tidak ada hubungannya dengan resolusi. TV dengan kinerja HDR (high dynamic range) yang lebih baik, rasio kontras keseluruhan yang lebih baik, atau warna yang lebih baik akan menghasilkan gambar yang lebih baik daripada TV yang hanya memiliki lebih banyak piksel.

Resolusi Gambar Smart TV yang Perlu Diketahui

TV Ready HD (720p)
Televisi HD Ready dirancang untuk menampilkan konten yang menawarkan resolusi gambar 720p. 720p mengacu pada jumlah garis horizontal yang dapat ditunjukkan oleh TV, yang berarti resolusi layar penuh 1280 piksel lebar 720 tinggi (1280 x 720).

TV HD Ready tidak dapat menampilkan kualitas gambar yang disempurnakan dari konten Full HD 1080p atau Ultra HD 4K karena resolusi maksimumnya terlalu rendah.


TV Full HD (1080p)
TV Full HD 1080p memiliki potensi untuk menawarkan kejelasan gambar yang lebih besar, karena mereka dapat menampilkan cuplikan yang telah dikembangkan dalam resolusi Full HD. Resolusi mereka adalah 1920 piksel lebar dan 1080 tinggi (1920 x 1080).

Itu sangat ideal untuk menampilkan DVD Blu-ray, Freeview HD, dan video game, yang seringkali diproduksi dalam resolusi yang lebih tinggi. Mereka tidak dapat menampilkan konten 4K karena resolusinya terlalu rendah.


TV 2K
Ini cukup banyak pada resolusi bioskop, yang kadang-kadang disebut sebagai "master format." Sebagian besar proyektor bioskop digital yang digunakan di bioskop adalah resolusi 2K (ada yang kurang). Lebar 2.048 piksel dan tidak ada resolusi vertikal ditentukan oleh DCI (Digital Cinema Initiatives)


TV 4K Ultra High Definition
4K Ultra HD memungkinkan gambar terlihat lebih jernih, TV 4K membuat gambar menggunakan 8,3 juta piksel, empat kali lipat dari layar Full HD 1080p! Resolusi yang ada adalah 3840 piksel lebar dan 2160 tinggi (3840 x 2160).

Dengan semua piksel tambahan yang membentuk gambar di layar TV Anda, kecerahan warna, ketajaman gambar dan kejernihan gambar secara keseluruhan sangat ditingkatkan.

Model TV 4K diperlengkapi untuk menampilkan rekaman yang dibuat dalam resolusi Ultra HD dan karenanya memungkinkan gambar terlihat lebih jernih. TV 4K bekerja paling baik untuk layar yang lebih besar, di mana gambar dapat dilihat lebih detail.


TV UHD 8K
Resolusi 8K mengacu pada layar atau tampilan dengan lebar sekitar 8000 piksel. 8K UHD, secara resmi juga dikenal UHD-2 adalah resolusi televisi definisi ultra tinggi saat ini di televisi digital, sinematografi digital, dan signage digital.

Di atas adalah kualitas resolusi gambar smart TV yang tersedia saat ini. Namun, hanya untuk mengingatkan Anda, bahwa lebih banyak piksel tidak selalu berarti gambar yang lebih baik. Ada aspek lain dari kualitas gambar, seperti kontras dan warna yang lebih penting daripada resolusi.

Atas

Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel