Cara Menghubungkan Hp ke TV Tanpa Kabel Apa Pun

Chromecast adalah perangkat yang terjangkau yang dapat digunakan untuk Menghubungkan atau Mirror Acara TV, Film, Olahraga dan Video Youtube yang diputar di Hp Anda ke layar besar TV Anda. Anda akan menemukan di bawah langkah-langkah cara menghubungkan Hp ke TV untuk menonton Video YouTube yang diputar di iPhone atau Ponsel Android Anda ke layar besar TV.

Menampilkan Layar Hp ke TV Menggunakan Chromecast
Seperti yang disebutkan di atas, Chromecast dapat Mencerminkan atau Menggandakan tampilan di Laptop, iPhone atau Ponsel Android Anda di layar besar Televisi Anda tanpa menggunakan kabel apa pun.

Apa yang membuat ini lebih nyaman adalah bahwa Anda dapat menggunakan perangkat ponsel Anda sebagai remote control untuk televisi Anda. Anda dapat menaikkan atau menurunkan volume dan Menjeda, Meneruskan atau Memutar Ulang Video yang diputar di Televisi menggunakan ponsel atau tablet Anda.

Chromecast adalah perangkat yang murah seharga seratus ribuan dan mudah untuk digunakan.

Cara Siapkan Dongle Chromecast di Ponsel Android dan iPhone

Cara Menghubungkan Hp ke Layar TV Tanpa Kabel

Menyiapkan Google Chromecast di Ponsel Android atau iPhone adalah proses yang mudah. Langsung ikuti cara menghubungkan Hp ke Layar TV dibawah ini:

  1. Pertama colokkan perangkat Google Chromecast ke port HDMI TV Anda

  2. Dengan menggunakan remote TV Anda, ubah input TV Anda ke port HDMI tergantung Anda menghubungkan port HDMI keberapa (HDMI 1, HDMI 2 ...) yang terhubung dengan Chromecast.

  3. Selanjutnya, unduh aplikasi Google Home di ponsel Anda dengan mengunjungi link ini: www.google.com/chromecast/setup/

    • Catatan: Pastikan Anda menginstal versi yang benar untuk ponsel Anda (Android atau iOS)

  4. Setelah aplikasi Google Home selesai mengunduh, buka aplikasi dan ketuk Terima untuk menyetujui syarat dan ketentuan aplikasi Beranda.

  5. Pada layar berikutnya, ketuk Perangkat dari sudut kanan atas layar yang ber-ikon tv dan tombol. 
    Cara Menghubungkan Hp ke TV Tanpa Kabel Apa Pun
  6. Setelah mengetuk Perangkat, Anda mungkin diminta untuk mengizinkan aplikasi Google Home untuk melihat lokasi perangkat Anda. Saat ditanya ketuk pada Allow.

  7. Pada layar berikutnya, Anda akan melihat Chromecast, ketuk tautan Set Up untuk mulai menyiapkan Chromecast.

    • Catatan: Jika Anda tidak dapat melihat Chromecast di layar, pastikan opsi Bluetooth dihidupkan di ponsel Anda. Pastikan juga ponsel Anda terhubung ke Hotspot WiFi Chromecast.

  8. Pada layar berikutnya, ketuk Continue

  9. Telepon Anda sekarang akan mencoba untuk terhubung ke Chromecast, ketuk Continue lagi, setelah ponsel Anda membuat koneksi dengan Chromecast

  10. Catatan: Jika ponsel tidak dapat membuat koneksi dengan Chromecast, bergerak lebih dekat ke Chromecast (TV Anda) dan ketuk Coba lagi

  11. Sekarang, Anda akan melihat kode di sudut kanan bawah TV Anda dan juga Kode di ponsel Anda. Pastikan kedua kode sama dan ketuk opsi I see the Code yang terletak di sudut kanan bawah layar Anda

  12. Pada layar berikutnya pilih Negara Anda dan ketuk Continue.

  13. Pada layar berikutnya, Anda dapat mengubah nama Chromecast Anda (Masukan Nama apa pun yang cocok untuk Anda) dan ketuk Continue.

  14. Pada layar berikutnya Anda akan ditanya apakah Anda ingin Mengirimkan Data Penggunaan dan Laporan Kecelakaan Chromecast ke Google dan jika Anda ingin bisa Mengaktifkan Guest Mode.

    • Kedua opsi ini dicentang secara default, namun jika Anda tidak ingin mengaktifkan opsi ini, ketuk tanda centang di sebelah opsi ini untuk menonaktifkannya.

  15. Pada layar berikutnya, pilih Jaringan WiFi Anda, masukkan Kata Sandi Jaringan WiFi Anda dan ketuk Lanjutkan. 
    Cara Menghubungkan Hp ke TV Tanpa Kabel Apa Pun
  16. Pada layar berikutnya, Anda dapat masuk ke Akun Google Anda untuk menautkan Chromecast dengan Akun Google Anda atau Anda dapat melewati langkah ini dengan mengetuk Skip dari sudut kiri bawah layar Anda.

  17. Pada layar berikutnya, Anda dapat mengetuk Learn to Cast, jika Anda ingin mempelajari tentang cara membuat video atau mengetuk Skip dari sudut kiri bawah layar Anda.

Dengan langkah-langkah diatas, sekarang Anda sudah siap untuk menampilkan Video dan Film ke layar TV Anda yang lebih besar menggunakan Chromecast.


Tidak dapat Setup Chromecast
Ikuti langkah-langkah di bawah, jika Anda tidak dapat mengatur Chromecast dan mengalami masalah saat Setup Chromecast

  1. Ketuk pada Pengaturan> WiFi> Pastikan ponsel dan Chromecast Anda terhubung ke Jaringan WiFi yang sama.
  2. Ketuk pada Pengaturan> Bluetooth> Pastikan bahwa opsi Bluetooth AKTIF.
  3. Ketuk pada Pengaturan> WiFi> Pada layar Berikutnya, sambungkan ke Jaringan WiFi terbuka Chromecast dengan mengetuknya

Setelah opsi Bluetooth diaktifkan di Telepon Anda dan Anda terhubung ke Jaringan WiFi Chromecast, Anda seharusnya sudah dapat menggunakan Chromecast di iPhone atau Ponsel Android Anda tanpa masalah.

Setiap cara menghubungkan Hp ke TV tanpa kabel memang bisa dilakukan di TV yang hanya memiliki port atau colokan HDMI karena perangkat Dongle Chromecast ini terhubung via HDMI. Jadi jika TV yang tidak ada port HDMI tidak akan bisa, mungkin memerlukan kabel convert yakni kabel HDMI ke RCA.

Atas

Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel