Cara Membuat Bakso Sendiri Dirumah

Ketika mendambakan bakso, Memikirkan bakso yang sangat spesifik: Bakso itu benar-benar empuk sampai habis tanpa sedikit pun ketangguhan. Mereka cukup besar untuk membutuhkan garpu, tetapi cukup sederhana untuk membenarkan beberapa di atas piring. Mungkin dicampur dengan bawang dan rempah segar. Tidak ada yang mewah. Inilah makanan special diwaktu sekolah dulu

Ya, ini adalah resep untuk cara membuat bakso. Lebih dari sekadar resep ini akan memandu Anda melalui setiap langkah, dari mencampur daging Hingga membentuk bakso hingga memasaknya dengan sempurna. Ini tidak akan membuat sesuatu yang terlalu rumit di sini. Bakso adalah makanan yang menenangkan dan karena itu harus dibuat sederhana tetapi resep ini hanya menjelaskan beberapa cara dasar saja.


Daging Giling
Anda bisa menggunakan daging giling atau campuran daging giling yang Anda suka. Favorit pribadi adalah campuran daging sapi. Juga telah melakukan hanya daging sapi giling. Daging domba, kalkun, ayam, sapi muda, atau kerbau juga merupakan daging yang baik.

Ingatlah bahwa semakin gemuk daging yang Anda gunakan, semakin empuk bakso Anda, dan sebaliknya jika Anda menggunakan daging yang lebih ramping. Jika Anda ingin membuat bakso dengan kalkun, ayam, atau daging tanpa lemak , perhatikan memasak sedikit lebih hati-hati; karena mereka kekurangan lemak, mereka bisa matang dan menjadi lebih tangguh lebih cepat.

Satu trik untuk memastikan bakso benar-benar empuk setelah dimasak adalah dengan menggunakan binder. Di sini, kita merendam remah roti dalam sedikit susu sampai roti menjadi lembek, lalu mencampurnya ke dalam daging. Pengikat ini (alias panade ) membantu menambah kelembapan pada bakso dan juga mencegah protein daging menyusut dan menjadi keras. (Telur juga berkontribusi pada kelembutan, jadi jangan lewati!)

Jika Anda tidak memiliki remah roti, Anda dapat menggunakan panko, sepotong roti yang sudah robek, atau bahkan biskuit asin yang remuk. Yoghurt kecil atau buttermilk yang diencerkan dengan air juga menjadi pengganti susu.

Cara Membuat Bakso Sendiri Dirumah

Hindari Berlebihan Daging
Trik lain untuk melunakkan bakso adalah tidak membuat daging terlalu keras, campur daging dengan bahan pengikat dan bahan-bahan lainnya sampai semuanya digabungkan. Juga merekomendasikan menggunakan tangan Anda untuk langkah ini; karena Anda dapat benar-benar merasakan ketika berbagai hal dicampur, Anda cenderung makan terlalu banyak daging.

Ini mengatakan, Mengerti mengapa ide untuk menekan daging dengan jari-jari Anda mungkin sedikit membingungkan. Jika suka, Anda bisa menggunakan spatula atau sendok kaku sebagai gantinya.

Terakhir, kita harus berbicara tentang cara memasak bakso! Anda memiliki dua pilihan: memanggangnya atau membakarnya dalam saus.


Memanggang:
Memanggang adalah pilihan terbaik jika Anda berencana menyajikan bakso dalam sesuatu selain saus atau jika Anda berencana untuk membekukan bakso untuk nanti. Memanggang juga memberi rasa bakso sedikit lebih banyak karena bagian luarnya terbakar dalam panasnya oven.

Anda bisa memanggang bakso di bawah ayam pedaging untuk mendapatkan efek kecoklatan dan renyah yang maksimal, atau Anda bisa memasaknya lebih lembut dengan memanggang dalam oven panas. Kedua opsi dijelaskan di bawah ini.


Mendidih:
Jika Anda berencana menyajikan bakso dengan saus, Anda juga bisa memasak bakso tepat bersama saus. Tidak hanya mendidih lembut ini membuat beberapa bakso paling empuk dan beraroma yang pernah Anda miliki, tetapi sausnya juga menjadi lebih kaya dan lebih gurih dalam prosesnya.


Cara Membuat Bakso:
Untuk membuat bakso dasar, Anda membutuhkan 1/2 cangkir susu, 1/2 cangkir remah roti halus, 1 telur besar, 1 sendok teh garam, lada hitam yang baru ditumbuk, 1/2 cangkir keju Parmesan parut, 1/4 cangkir Italia cincang halus peterseli, 1 pon daging giling (seperti daging sapi, babi, kalkun, ayam, atau daging sapi muda, atau campuran), 1/2 cangkir bawang cincang halus (atau parut pada parutan kasar) dari 1 bawang kuning kecil, dan 1 bawang putih, cengkeh (cincang halus).

Bahan
  • 1/2 gelas remah roti kering yang halus
  • 1/2 gelassusu
  • 1 telur besar
  • 1/2 gelas keju parut Parmesan
  • 1/4 gelasdaun peterseli segar cincang halus
  • 2 sendok tehgaram halal
  • Lada hitam yang baru ditumbuk
  • 1 pondaging giling, seperti daging sapi, babi, kalkun, ayam, atau daging sapi muda, atau campuran
  • 1/2 gelas bawang cincang halus (atau parut di parutan kasar)
  • 1 cengkeh Bawang putih, cincang

Peralatan
  • Mangkuk
  • Pisau
  • Talenan
  • Parutan
  • Loyang yang dilingkari

Instruksi Cara Membuat Bakso
Campurkan susu dan remah roti. Masukkan remah roti ke dalam mangkuk kecil, tuang ke dalam susu, dan aduk rata. Sisihkan sambil menyiapkan sisa campuran bakso. Remah roti akan menyerap susu dan menjadi lembek.

Kocok telur, garam, merica, parmesan, dan peterseli. Kocok telur dalam mangkuk besar sampai pecah. Tambahkan Parmesan, peterseli, garam, dan lada hitam dalam jumlah banyak, dan aduk hingga rata. Tambahkan daging giling. Tambahkan daging ke dalam campuran telur.

Gunakan tangan Anda untuk mencampur campuran telur ke dalam daging giling. Tambahkan bawang dan remah roti yang direndam. Tambahkan bawang, bawang putih, dan remah roti yang sudah direndam. Campur sampai merata ke daging dengan jari-jari Anda. Cobalah untuk tidak terlalu banyak makan daging; jepit daging di antara jari-jari Anda alih-alih diremas.

Bentuk daging menjadi bakso. Siapkan loyang berbingkai siap. Rapatkan sepotong daging dan gulingkan dengan lembut di antara kedua tangan Anda untuk membentuk 1 1/2-inchi bakso (masing-masing sekitar 2 sendok makan). Lanjutkan membentuk sampai semua daging digunakan, letakkan bakso di atas loyang sehingga tidak menyentuh.

Opsi 1:
Panggang atau bakar bakso dalam oven. Panggang bakso 20 hingga 25 menit, atau panggang pada suhu 400 ° F selama 25 hingga 30 menit. (Perhatikan baik-baik jika membuat bakso yang dibuat dari daging tanpa lemak.) Bakso itu matang saat matang, bagian luarnya kecoklatan, dan mereka mendaftarkan 165 ° F di tengahnya menggunakan termometer yang dapat dibaca instan. Sajikan segera.

Opsi 2:
Masak bakso langsung dengan saus. Bawa marinara atau saus pasta lainnya ke dalam api kecil dan tambahkan bakso sebanyak yang pas di wajan. Tutup dan didihkan selama 30 hingga 35 menit. Bakso sudah matang saat sudah matang dan mendaftarkan 165 ° F di tengahnya menggunakan termometer instan-baca. Sajikan segera.


Catatan Resep Membuat Bakso
  • Menggandakan resep ini: Resep ini dapat digandakan untuk orang banyak yang lebih besar.
  • Menyimpan bakso sisa: Simpan bakso sisa, baik sendiri atau dalam saus, dalam wadah tertutup di lemari es hingga 5 hari. Panaskan kembali dengan api kecil di dalam panci atau dalam microwave.
  • Bakso siap saji : Bakso dapat dibentuk dan disimpan dalam lemari es hingga satu hari ke depan. Aturlah mereka di piring casserole atau di atas loyang, tetapi jangan remas bersama. Tutup dan dinginkan hingga 1 hari.
  • Membekukan bakso mentah: Siapkan bakso melalui Langkah 5. Atur dalam satu lapisan di atas loyang dan bekukan sampai padat. Pindahkan bakso ke wadah freezer atau tas freezer, dan bekukan hingga 1 bulan. (Bakso bisa dibekukan lebih lama, tetapi cenderung berkembang menjadi freezer terbakar.) Cairan bakso di lemari es semalam sebelum dimasak.
  • Bekukan bakso yang dimasak: Biarkan bakso yang dimasak dingin sepenuhnya, kemudian atur dalam satu lapisan di atas loyang dan bekukan sampai padat. Transfer ke wadah atau tas freezer dan bekukan hingga 2 bulan. Bakso beku dapat dicairkan semalaman di lemari es atau dipanaskan kembali langsung dari freezer. Panaskan kembali bakso dalam saus mendidih selama 10 hingga 15 menit atau dalam oven hangat selama 10 hingga 15 menit.

Atas

Tengah 1

Tengah 2

Bawah