Cara Print Bolak Balik Menggunakan Fitur di Microsoft Word

Mencetak di bagian depan dan belakang dari kertas yang sama, juga dikenal sebagai pencetakan duplex. Duplex  adalah fungsi dari printer Anda, bukan Microsoft Word. Jika Anda memiliki printer duplex yang terpasang pada komputer Anda, opsi untuk printer itu akan muncul di kotak dialog Print Word untuk Anda gunakan. Jika Anda tidak memiliki printer duplex, Anda masih dapat mencetak di kedua sisi kertas menggunakan opsi Microsoft Word untuk pencetakan duplex manual dan membalikkan kertas itu sendiri.

Jadi langusng saja pada tutorialnya dibawah ini yang menjelaskan tentang cara print bolak balik menggunakan fitur Microsoft Word.

Cara Print Bolak Balik Menggunakan Fitur di Microsoft Word

Cara Print Bolak-Balik di Kertas

  1. Buka dokumen Microsoft Word yang ingin Anda cetak bolak balik.

  2. Klik tab "File" dan pilih perintah "Print".

  3. Secara default, "Print One Sided" ditampilkan sebagai opsi aktif untuk mencetak. Pengaturan ini adalah menu drop-down yang dapat Anda gunakan untuk opsi yang berbeda. Klik untuk mengubah ke "Print on Both Sides" jika Anda memiliki printer duplex, atau ke "Manually Print on Both Sides" jika Anda berencana untuk membalik kertas itu sendiri.

  4. Klik "Print" untuk mengirim dokumen ke printer. Jika Anda mencetak secara manual di kedua sisi, printer hanya akan mencetak sisi pertama dari semua halaman, lalu berhenti. Printer duplex akan menyelesaikan pencetakan dua sisi dalam satu langkah.

  5. Tunggu kotak dialog pada layar Word untuk memberi tahu Anda saat tiba waktunya untuk membalik halaman yang dicetak untuk mencetak sisi kedua saat mencetak secara manual depan dan belakang.

  6. Klik tombol "OK" setelah Anda membalikkan kertas untuk memberi tahu printer untuk menyelesaikan pencetakan.


Opsi "Print on Both Sides" menawarkan dua pilihan. "Flip on Long Edge" memberi tahu printer untuk mencetak halaman yang menghadap ke arah yang sama, seperti buku. "Flip on Short Edge" memberi tahu printer untuk mencetak bagian atas dan bawah sisi sebaliknya pada ujung kertas yang berlawanan.

Peringatan
Saat membalik halaman secara manual untuk pencetakan, perhatikan bagaimana printer Anda menerima kertas. Simbol pada baki kertas biasanya memberi tahu Anda jika sisi yang kosong harus menghadap ke atas atau menghadap ke bawah untuk dicetak.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan terhadap cara print bolak balik. Mudah-mudahan bisa membantu!

Atas

Tengah 1

Tengah 2

Bawah

Loading...