Cara Mengubah IP Address di Router

Selain User Name dan Password, Anda dapat menambahkan lapisan keamanan lain ke jaringan Anda dengan mengubah IP Address. Anda akan menemukan langkah-langkah cara mengubah IP Address Router di Windows 10 di bawah ini.

Untuk memudahkan pengguna untuk masuk ke Router, Produsen menggunakan Alamat IP dasar yakni 192.168.0.1 atau serupa dan memberikan informasi ini di situs web mereka.

Jika Anda khawatir tentang seseorang yang mendapatkan akses ke jaringan Anda, Anda dapat mengubah bagian dari IP Address Router untuk mempersulit siapa pun untuk membobol jaringan wifi Anda.

Ketika Anda mengubah IP Address Router, siapa pun yang mencoba mendapatkan akses ke jaringan Anda akan diminta untuk mengetahui IP Address Router, selain Password dan Username.
Langkah-langkah untuk Cara Mengubah IP Address Router

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengubah IP Address Router:

  1. Buka Chrome atau browser web lainnya di komputer Anda.
    Cara Mengubah IP Address di Router
  2. Masukkan alamat IP default Router Anda (192.168.0.1 atau serupa) di bilah address dan tekan tombol enter.

  3. Pada layar berikutnya, masukkan Username dan Password Anda untuk masuk ke Pengaturan Router. 
    Cara Mengubah IP Address di Router
  4. Buka layar berikutnya, klik Basic> LAN Setup> dan ubah hanya dua nomor terakhir dari alamat IP di bidang LAN IP Address.

    • Catatan: Di dua bidang terakhir ini, Anda dapat menggunakan angka antara 1 dan 254.
    • Catatan: Batasi perubahan IP Address hanya untuk bidang ketiga dan keempat (misalnya: 192.168.11.xxx). Membuat perubahan pada bidang pertama dan kedua dapat menyebabkan konflik jaringan saat terhubung dengan jaringan utama Anda.

  5. Klik Save dan catat Alamat IP Router Baru Anda.

  6. Nyalakan ulang Router-nya.

Setelah mengubah IP Address Router, Anda mungkin menemukan perangkat Anda tidak terhubung ke Internet. Ini dapat dengan mudah diperbaiki dengan me-restart perangkat dan memungkinkan itu untuk membangun kembali koneksi dengan router Anda.

Cara mengubah IP Address di Router ini akan mengubah akses untuk login ke kontrol router, ini seperti mengganti nama wifi, ganti password wifi, memblokir user yang menggunakan wifi, dan lain-lain. Jika jaringan wifi Anda adalah jaringan umum maka menggantinya secara berkala adalah hal yang wajib agar jaringan wifi Anda tetap aman terhadapat orang yang sengaja mau bobol wifi Anda.

Anda dapat mengkonfirmasi perubahan IP Address Router dengan mencoba Masuk ke Router Anda menggunakan Alamat IP Router Baru.

Atas

Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel