Cara Mematikan Ponsel Melacak Lokasi Anda

Mudah untuk mengaktifkan atau menonaktifkan pelacakan Lokasi di Ponsel atau Tablet Android Anda. Anda akan menemukan di bawah langkah-langkah cara mematikan Pelacakan Lokasi di Ponsel Android.

Pelacakan Lokasi di Ponsel dan Tablet Android
Pertama kali Anda menggunakan Ponsel Android, Anda akan diminta untuk menjawab apakah Anda ingin membagikan data lokasi Anda (“Apakah Anda ingin membagikan data lokasi Anda”).

Jika Anda mengatakan "Ya", Ponsel Android Anda akan mulai melacak lokasi Anda untuk menyediakan layanan berbasis lokasi kepada Anda seperti Temukan Perangkat Anda, laporan Cuaca, petunjuk arah mengemudi dan lainnya.

Jika Anda lebih suka Privasi daripada layanan berbasis lokasi yang nyaman, Anda dapat dengan mudah menonaktifkan Pelacakan Lokasi dan mencegah Ponsel Android melacak lokasi Anda.


Menonaktifkan Pelacakan Lokasi Di Ponsel Android
Untuk sepenuhnya menghentikan Ponsel Android Anda dari melacak lokasi Anda, Anda harus menonaktifkan Pelacakan lokasi di tingkat perangkat di Ponsel Android Anda.

  1. Buka Pengaturan> gulir ke bawah dan ketuk Lokasi, ini disetiap ponsel akan berbeda-beda tetapi intinya tetap sama yakni menuju setelan Lokasi.
    Cara Mematikan Ponsel Melacak Lokasi Anda

  2. Pada layar lokasi Anda akan melihat sakelar ON dan OFF di sudut kanan atas layar Anda. Putar sakelar untuk beralih ke Posisi OFF atau Mati.

Setelah ini, ponsel Android Anda tidak akan lagi melacak lokasi Anda dan informasi Lokasi akan dinonaktifkan untuk semua Aplikasi dan layanan di Ponsel Android Anda.


Nonaktifkan Layanan Lokasi Untuk Aplikasi Tertentu di Ponsel Android
Opsi lainnya adalah mengaktifkan layanan Lokasi hanya untuk Aplikasi penting seperti Google Maps, sementara menonaktifkan layanan Lokasi untuk semua Aplikasi lain yang tidak perlu.

  1. Buka Pengaturan> gulir ke bawah dan ketuk Aplikasi.

  2. Pada layar Aplikasi, pilih Aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan Pelacakan Lokasi, pada gambar dibawah ini saya memilih aplikasi Google Chrome.

  3. Pada layar Info Aplikasi, ketuk Izin atau Perizinan apl.
  4. Pada layar berikutnya, gerakkan sakelar di sebelah Lokasi ke posisi OFF.

Ini akan mencegah Aplikasi yang dipilih melacak Lokasi Anda. Demikian pula, Anda dapat menonaktifkan Layanan Lokasi untuk semua Aplikasi yang tidak perlu di Ponsel Android Anda.


Cara Menghapus Riwayat Lokasi Dari Akun Google
Jika ponsel Android Anda sudah sering melacak lokasi Anda selama beberapa waktu, Riwayat Lokasi Anda akan tersedia di Akun Google Anda.

Kapan saja Anda dapat melihat, mengedit, atau menghapus Riwayat Lokasi Anda dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka Pengaturan> gulir ke bawah dan ketuk Di Lokasi.

  2. Pada layar berikutnya, gulir ke bawah dan ketuk pada Histori Lokasi Google.

  3. Pada pop-up, pilih Akun Google yang ingin Anda hapus Riwayat Lokasi.
  4. Di layar berikutnya, ketuk opsi Kelola Aktivitas, yang terletak di bagian “Riwayat Lokasi”.

  5. Pada layar berikutnya, ketuk ikon pengaturan 3 titik yang terletak di sudut kanan atas layar Anda dan ketuk Pengaturan & Privasi di menu tarik-turun

  6. Pada layar berikutnya, gulir ke bawah dan ketuk pada opsi Hapus semua Riwayat Lokasi atau Anda dapat memilih opsi Hapus rentang Riwayat Lokasi.

  7. Selanjutnya, Anda akan melihat pop-up konfirmasi, ketuk Hapus untuk mengkonfirmasi penghapusan Riwayat Lokasi Anda.

Itulah beberapa cara mematikan ponsel melacak Lokasi Anda ketika Anda berada dimana saja. Setiap smartphone memang melacak lokasi penggunanya, oleh karena itu pengguna bisa mematikan fitur tersebut. Namun jika mematikan fitur Pelacakan Lokasi sercara sepenuhnya maka akan menghilangkan semua fitur di aplikasi seperti Google Maps, Grab, Pencari lokasi ponsel jika hilang dan lain sebagainya, oleh karena itu diatas sudah saya jabarkan juga cara mematikan Pelacakan Lokasi hanya pada aplikasi tertentu yang tidak perlu mengaktifkan pelacakan lokasi.

Atas

Tengah 1

Bawah