Kolom Pencarian...

Animasi CGI Adalah: Ini Dia Penjelasan dan Sejarahnya


Animasi CGI Adalah: Ini Dia Penjelasan dan Sejarahnya - Pernahkah Anda menonton film Pixar dan bertanya-tanya apa itu animasi CGI yang membuat beberapa film animasi terbaik? Sebenarnya, sebagian besar waktu, CGI tidak terlihat. Jika itu dilakukan dengan baik, Anda bahkan tidak akan menyadari bahwa itu CGI.

Jika umur Anda lebih tua, Anda mungkin ingat Scooby-Doo atau The Flintstones yang menempati Sabtu pagi Anda. Tetapi animasi tahun 1970-an dan 1980-an tidak seperti sekarang. Pada tahun 2000-an, kartun mulai tampak sedikit lebih nyata.

Apa sebenarnya animasi CGI? Dan ada apa dengan animasi CGI yang memberi karakter dan gambaran keseluruhan lebih realisme? Dan bagaimana teknologi berevolusi? Dalam artikel ini, serbaCARA.com akan menjawab apa yang ingin Anda ketahui.

CGI Animasi adalah Computer Generated Image. Merupakan penerapan bidang komputer grafis atau 3D pada komputer.


Sejarah Singkat Animasi
Beberapa dekade yang lalu, animator adalah seniman yang menggambar dengan tangan. Animasi tradisional terdiri dari seluruh tim animator yang menggambar dan mewarnai gambar pada “cel”—transparent lembar seluloid transparan di atas gambar latar belakang untuk membuat bingkai multi-layered.

Akibatnya, segmen gambar dapat berubah dari bingkai ke bingkai tanpa menggambar ulang seluruh gambar. Dengan memanipulasi gambar di setiap lapisan di antara bingkai, animator akan menciptakan apa yang banyak orang dewasa hari ini ingat sebagai kartun tradisional.


Dalam penggunaan animasi yang terkenal, trilogi Star Wars yang asli menerima perubahan digital setelah ketiga film prequel diluncurkan.

Banyak perubahan (yang cukup kontroversial) ke versi digital Star Wars dilakukan menggunakan pendekatan ini, tetapi dengan komputer. Mereka membuat beberapa bingkai gambar setiap detik untuk menghasilkan efek visual animasi.


Digital Precursor untuk CGI
Seiring dengan meningkatnya kekuatan pemrosesan komputasi dan kompleksitas perangkat lunak grafis, animasi menjadi lebih kompleks daripada yang dapat ditandingi oleh seniman tradisional. Salah satu eksposisi populer CGI yang pertama adalah pada akhir 1990-an, dengan pengenalan GIF.

GIF mengemas serangkaian gambar statis yang maju dari frame ke frame pada interval waktu yang ditetapkan.

CGI GIF

Dalam hal ini GIF mirip dengan tampilan slide, hanya satu yang sangat spesifik. Ukuran GIF biasanya kecil, tercermin dalam gambar mereka yang biasanya berkualitas rendah. Ini memungkinkan mereka untuk mendapatkan popularitas ketika kecepatan internet terbatas.

Sekarang, ini semua tingkat sekolah dasar dibandingkan dengan prestasi mengesankan teknologi animasi 3D CGI saat ini. Bagaimana kami dapat dari animasi komputer 1990-an ke jenis film animasi IMAX 3D yang suka Anda tonton? Jawaban sederhananya, yakni kekuatan pemrosesan. 


Teknologi CGI Masuk ke Era Modern
Sebagai hasil dari Hukum Moore, biaya komputasi telah menurun sementara jumlah daya pemrosesan yang tersedia telah meningkat. Hal ini memungkinkan animator untuk memanfaatkan komputer yang semakin bertenaga tinggi untuk membuat model mereka.

Menjadi mungkin bagi animator untuk menempatkan model 3D dalam ruang tiga dimensi dan membuat mereka berinteraksi satu sama lain. Lewatlah sudah lapisan dari pendekatan 2D, dan di tempat mereka datang semakin sedikit bagian dari objek. Tingkat detail ini memungkinkan keluaran realistis animasi CGI modern.

Salah satu penggunaan CGI yang paling terkenal pada 1990-an adalah di Terminator 2: Judgment Day. The Terminator T-1000 robot diberi bentuk logam cair yang memungkinkan mereka untuk berubah menjadi apa pun yang mereka sentuh.

Di samping ini, sebuah studio produksi film kecil sedang bersiap untuk mengubah cara orang membuat film animasi. Dipimpin oleh mantan animator Disney John Lasseter, Pixar menciptakan beberapa animasi CGI realistis pertama dengan Toy Story pada tahun 1995.

Keberhasilan film dan animasi Pixar membuka jalan bagi Steve Jobs, yang merupakan investor di perusahaan, untuk kembali ke Apple dan akhirnya membuat iPod.


CGI Menjadi Terjangkau
Biaya komputasi yang lebih terjangkau adalah salah satu bagian paling dalam dari revolusi teknologi. Biaya yang lebih rendah ini berarti bahwa sekarang mungkin bagi siapa saja yang memiliki komputer dan beberapa waktu untuk membuat musik, tulisan, dan animasi digital mereka sendiri.

Salah satu perangkat lunak CGI pertama yang masuk ke mainstream adalah Autodesk’s AutoCAD pada tahun 1982. Saat itu, tidak mungkin untuk menjalankan AutoCAD sendiri di rumah.

Namun, sekarang dengan perangkat lunak CGI Maya, Anda dapat menggunakan pengalaman 35 tahun perusahaan untuk membuat animasi digital Anda sendiri. Itu jauh dari satu-satunya pilihan: Blender gratis dan open-source menyediakan opsi lain.

Animasi CGI Adalah

Platform video seperti YouTube dan Vimeo telah memungkinkan para pembuat untuk dengan mudah mengunggah dan membagikan karya mereka. Anda dapat menemukan film-film CGI berbasis kelas profesional pendek yang seluruhnya dibuat dengan software gratis. Menggunakan kombinasi alat seperti Blender, GIMP, Inkscape, Source Film Maker, dan sejenisnya, mungkin untuk membuat karya seni dan video yang tidak terbayangkan di 30 tahun yang lalu.


CGI: Revolusi yang diwarnai oleh Nostalgia
Animasi CGI 3D telah berevolusi dari animasi kartun dasar menjadi dunia simulasi yang sangat realistis. Dengan menggabungkan fisika dengan seni, CGI mengiris dunia ke dalam segmen terkecil yang mungkin dan menciptakan model bagaimana bagian dunia nyata itu bergerak dalam dunia animasi yang sangat realistis.

Beberapa meratapi penurunan dalam animasi tradisional, tetapi keberhasilan sulit untuk diperdebatkan. Rilis CGI awal seperti Toy Story sangat sukses sehingga pengambilalihan itu pasti.

Animasi tradisional akan selalu ada tempatnya, dengan kartun klasik yang diadakan dengan rasa hormat. Netflix memiliki banyak kartun bergaya klasik yang ditujukan untuk orang dewasa jika Anda ingin mengabadikan kembali bentuk seni. 

0 Komentar:

Post a Comment