Welcome to serbaCARA.com, here you can read the article tips and tricks about Computers, Android, iOS, Games, Internet, Health Info and some others information. Happy reading!

Cara Daftar CPNS Via Online Tanpa Harus Menunggu Antri





Menjadi seorang PNS memang merupakan suatu kebanggaan tersendiri dan selalu didamba-dambakan oleh banyak orang. Pada umumnya seseorang yang telah menjadi PNS memiliki kesejahteraan hidup yang terjamin. Ditambah lagi dana pensiun yang membuat masa tua menjadi lebih mudah. Saat ini pemerintah sedang banyak membuka lowongan CPNS yang memberi peluang cukup besar. Untuk itu ada baiknya Anda simak cara daftar CPNS berikut ini.

Lowongan CPNS
Saat ini pemerintah sedang membuka lowongan CPNS Batch II sebanyak 17.928 formasi untuk 60 Kementerian/Lembaga (K/L) dan untuk pembentukan provinsi Kalimantan Utara. Sebelumnya pemerintah juga sudah buka lowongan di Kementerian Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM), Kementerian Hukum dan Mahkamah Agung (MA). Bagi Anda yang telah mendaftar pada lembaga tersebut (batch I) namun tidak lolos, Anda bisa mendaftar pada batch II. Pelamar tidak perlu membuat akun baru untuk melamar di batch II tersebut, tinggal login melalui akun yang sama seperti pada batch I.

Jadwal pendaftaran online untuk batch II telah dapat diakses sejak hari Selasa, 5 September 2017. Dibutuhkan sebanyak 1.850 pendaftar untuk putra/putri lulusan terbaik (Cum Laude atau dengan pujian). Lowongan juga dibuka untuk penyandang disabilitas sebanyak 166 kursi, dan putra/putri Papua dan Papua Barat sebanyak 196 formasi. Tahun ini CPNS juga dilakukan dengan prinsip kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik KKN, dan tidak dipungut biaya.-serbaCara.com

Meskipun begitu lowongan yang sangat besar ini bukan berarti bebas dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Kemungkinan besar masih ada calo-calo yang akan menawarkan jabatan khusus atau jalan pintas dengan membayar sejumlah uang. Sebaiknya hal tersebutlah yang dihindari oleh para pendaftar maupun dari pihak orang tua/wali.

Ada beberapa situs resmi yang dapat Anda akses untuk mendapatkan informasi mengenai pendaftaran CPNS ini. Yaitu situs kementerian PANRB di www.menpan.go.id, selanjutnya situs BKN sscn.bkn.go.id, serta situs dari kementrian/lembaga yang bersangkutan.

Langkah-Langkah Cara Men-daftar CPNS:

Apabila Anda baru melamar untuk batch II, ada beberapa langkah yang harus dilalui agar bisa mendaftar. Langkah petama adalah masuklah ke situs web https://sscn.bkn.go.id . Di laman tersebut terdapat beberapa menu, yaitu pengumuman, jadwal dan persyaratan, alur pendaftaran, dan pendaftaran. Pilih menu pendaftaran.

Kemudian isilah NIK, nomor KK atau NIK kepala keluarga. Masukkan juga alamat e-mail aktif dan password akun portal SSCN serta pertanyaan keamanan. Selanjutnya cetak kartu informasi akun SSCN 2017.
Cara Daftar CPNS

Setelah selesai, login ke portal SSCN dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan tadi. Selanjutnya ada beberapa tahap yang harus dilalui. Yaitu pertama melengkapi data diri selengkap-lengkapnya. Lalu pilihlah instansi yang ingin Anda tuju. Jika kebetulan instansi yang dituju menggunakan aplikasi mandiri atau non-SCCN, Anda akan diarahkan ke alamat instansi tersebut.

Kemudian pelamar diminta memilih jenis formasi sesuai instansi dan mengunggah dokumen-dokumen persyaratan. Setelah semua langkah-langkah tersebut selesai dilakukan, pelamar akan mendapatkan kartu pendaftaran SCCN 2017.

Meskipun telah mengantongi kartu pendaftaran, masih ada beberapa hal lagi yang harus diselesaikan. Anda akan diminta melampirkan salinan kartu pendaftaran SCCN untuk proses verifikasi. Setelah itu tim verifikator instansi akan memverifikasi berkas atau dokumen syarat-syarat pendaftaran yang telah dikirim atau diunggah oleh pendaftar.

Jika pelamar telah dinyatakan lulus seleksi administrasi, pelamar akan mendapat kartu peserta ujian CPNS 2017. Kartu tersebut digunakan untuk melanjutkanke tahap seleksi dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Sekedar informasi, setiap pelamar hanya diperkenankan untuk mendaftar pada satu instansi yang sesuai dengan kualifikasi pendidikannya pada satu periode. Jadi jika Anda sudah lulus seleksi administrasi pada batch I yang lalu, ada baiknya Anda tidak mendaftar lagi untuk gelombang kedua ini.

Demikianlah cara daftar CPNS untuk batch II pada tahun 2017. Kesempatan memang tidak datang dua kali, teruslah melangkah selagi jalan masih terbuka lebar. Rezeki memang sudah diatur namun kita tetap harus berjuang untuk mendapatkannya. Dan jangan lupa untuk teliti dalam mengisi berbagai kolom yang diminta serta melampirkan syarat-syarat yang dibutuhkan. Semoga berhasil.

0 komentar:

Posting Komentar