Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Cara Mengaktifkan Jaringan 4G LTE di Hp/Tab Android

Dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih maka kita juga harus memanfaatkan teknologi tersebut sehingga teknologi yang telah dibuat dengan susah payah bisa benar-benar berguna bagi penggunanya. Pada artikel ini serbaCARA.com akan berbagi cara mengaktifkan 4G di smartphone Android. Jaringan 4G LTE merupakan jaringan yang lebih cepat dari pendahulunya 3G, pada tahun 2015 kemarin di Indonesia mulai gencar-gencarnya membangun teknologi ini. Dan hingga sekarang beberapa operator bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam menyediakan jaringan 4G LTE.

Namun sayangnya jaringan 4G LTE masih belum merata ke pelosok desa sehingga hanya ada di beberapa titik saja yang sudah tercover jaringan 4G. Tapi jika kamu berada di tempat atau wilayah yang sudah tercover jaringan 4G LTE maka harus memanfaatkannya sebagai aktifitas kamu di dunia internet. Tidak sedikit yang masih belum paham akan tentang cara mengaktifkan 4G LTE di Hp mereka sehingga hari ini saya datang dengan langkah-langkah cara mengaktikan 4G atau mengubah jaringan 3G menjadi 4G. Langsung saja perhatikan langkah caranya di berikut ini:

Sebelumnya kamu harus tahu syarat-syarat yang harus dupenuhi untuk dapat menikmati jaringan 4G di smartphone Android kesayangan kamu, berikut beberapa syarat yang ada:

1. Smartphone yang kamu miliki harus mendukung atau support 4G LTE dan sesuai Frekuensi Operator.

2. Kemudian daerah kamu harus sudah tercover jaringan 4G, untuk melihat wilayah kamu sudah tercover 4G atau belum dapat mengunjungi link berikut sesuai operator yang kamu gunakan:

Indosat
Telkomsel
Three
XL
Smartfren

3. Dan syarat yang terakhir adalah Kartu SIM yang kamu gunakan juga harus sudah support 4G, sudah banyak sekarang yang jualan Kartu SIM yang sudah mendukung 4G, bahkan tempat yang belum tercover jaringan 4G saja sudah banyak yang jual apalagi yang sudah tercover.

Cara Mengaktifkan 4G LTE di Android:

Setelah semua syarat diatas sudah kamu ikuti dan dipenuhi maka sekarang lanjut pada cara mengaktifkan jaringan 4G LTE di smartphone Android kesayanganmu di berikut ini:

1. Menuju ke Pengaturan/Setelan, Data Selular atau Lainya. Kemudian akan ada daftar pilihan Jenis jaringan, yakni GSM/WCDMA/LTE, GSM/WCDMA otomatis, hanya WCDMA, dan hanya GSM. Mungkin setiap merk smartphone akan berbeda-beda, namun intinya sama saja.

Cara Mengaktifkan 4G LTE

2. Untuk mengaktifkan sinyal 4G maka bisa pilih jaringan GSM/WCDMA/LTE. Dengan memilih jaringan ini maka nanti bisa otomatis pindah ke jaringan 3G dan Edge apabila kamu kehilangan sinyal 4G. Untuk mengatasi  hal seperti itu kamu harus Melock atau mengunci jaringan 4G LTE di ponsel kamu. Lalu bagaimana caranya?

3. Nah, untuk mengunci jaringan 4G di Android maka bisa langsung buka dial pad dan ketik *#*#4636#*#* lalu panggil. Akan muncul info telepon dengan lengkap, kemudian pilih info telepon dan aktifkan LTE Only untuk Melock jaringan 4G. Selanjutunya tinggal tekan tombol Back maka jaringan 4G LTE sudah terkunci.

LTE Only

4. Namun cara mengunci jaringan 4G tersebut hanya bersifat sementara dan jika Hp Android kamu matikan atau Reboot maka akan kembali seperti semula.

5. Jika kamu ingin mengunci jaringan 4G dan tidak ingin susah payah maka bisa menggunakan aplikasi 4G Switch, cari di Play Store yang support untuk ponsel Android kamu atau bisa langsung menuju ke link ini. Aplikasi ini sangat cocok bagi newbie atau pemula seperti saya karena tinggal sentuh layar dan beres.

Nah mungkin itu sudah cukup tentang langkah-langkah cara mengaktifkan 4G di Android yang mana bisa dilakukan di beberapa ponsel Android. Biasanya wilayah sudah tecover namun di smartphone Android tidak menunjukan sinyal 4G maka bisa langsung menggunakan cara diatas. Semoga artikel ini dapat membantu meskipun tidak banyak.

0 komentar:

Poskan Komentar