Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

6 (Game Engine) Aplikasi Untuk Membuat Game Android

Aplikasi Terbaik Untuk Membuat Game Android - Di Negara Indonesia tercinta ini merupakan salah satu Negara yang memiliki pengguna Android paling banyak di dunia. Itu terlihat dari ada nya pengguna aplikasi Opera Mini yang dimana memiliki pengguna lebih dari 30 juta penduduk Indonesia. Bisa anda bayangkan saja dengan mereka pengguna Android yang tidak menggunakan Opera Mini pastinya akan lebih banyak lagi. Dan hasil dari 30 juta tersebut 43% pengguna download game untuk Android mereka. Jadi hampir setengahnya pengguna Android banyak yang suka bermain game perangkat yang mereka miliki. Sehingga game Android menjadi pasar yang sangat besar bagi anda yang ingin membuat game Android.

Apabila anda adalah salah satu dari orang yang ingin membuat game maka anda dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengenalkan game Android buatan anda ke publik. Tapi jika anda masih bingung bagaiamana cara membuat game android maka bisa menggunaka aplikasi/software yang akan kita bahas. Ini merupakan game engine yang mana dapat digunakan untuk membuat sebuah game, jadi anda bisa bereksperimen dengan gaya game anda. Berikut lima aplikasi untuk membuat game Android:

Aplikasi Terbaik Untuk Membuat Game Android

GameMaker
Membuat Game

Aplikasi yang menggunakan sistem drag-and-drop ini semakin terkenal karena salah satu game yang dibuat dari aplikasi ini adalah Hotline Miami. Aplikasi ini menyediakan versi professional dan standar. Versi standar bisa anda gunakan secara gratis namun hanya terdapat beberapa fitur saja. Jika anda ingin banyak fitur maka harus membeli Game Maker Professional seharga $99.

GameSalad
Cara Membuat Game

Sudah lebih dari 750.000 orang menggunakan aplikasi ini dan terdapat 200.000 game yang sudah dirilis. Tentu itu jumlah yang tidak sedikit karena dapat digunakan oleh orang yang tidak memiliki pengalaman coding. Aplikasi GameSalad menggunakan system drag-and-drop dan terdapat fitur Monetization yang dimana pengembang dapat melakukan pemasangan iklan atau menjual aplikasi game buatan anda dari GameSalad.

Game yang anda buat menggunakan aplikasi GameSalad dapat anda rilis ke Android, Windows 8, Web (HTML5), Mac, iOS, dan Tizen. Untuk pembelajaran anda dapat menggunakan versi gratis dulu dan jika sudah mahir dalam mengembangkan game Android bisa berlangganan $299/tahun.

Construct 2
Construct 2

Selanjutnya adalah game engine yang bisa di bilang cukup popular, yakni Construct 2. Karena adanya editor berbasis HTML-5 dan sistem drag-and-drop maka anda tidak perlu memiliki ketrampilan pemrograman sehingga memudahkan anda dalam menciptakan game Android. Aplikasi ini sangat cocok bagi yang baru masuk ke dunia game development.

Construct 2 terdapat tiga jenis lisensi, yakni Free Edition, Personal License, dan juga Business Licence. Jika anda baru pertama kali maka bisa menggunakan Free Edition saja karena sudah memiliki beberapa fitur yang bisa dibilang cukup lengkap. Jika ingin lebih serius lagi maka bisa membeli Personal License dengan harga Rp 1.559.900. Selain itu anda dapat merilis game buatan anda di berbagai perangkat yakni: Android, Wii U, Windows 8, Windows Phone 8, Windows Desktop, Web (HTML5), Blackberry 10, Tizen, Facebook, Firefox Marketplace, Amazon Appstore, Mac Desktop, iOS, dan Linux Desktop.

Baca Juga: 5 Game Sepak Bola Terbaik Untuk Hp Android

Unity3D
Terdampar
Salah satu game PC buatan Indonesia (Terdampar)

Terkenal di kalangan pengembang game seperti PC dan berbagai konsol seperti, PS4, XBOX One, PS3, dan Wii U. Selain itu juga terkenal di kalangan pembuat game Android. Sudah banyak sekali game dibuat menggunakan Unity. Anda dapat memiliki Unity secara gratis dan full version dari situs resminya unity3d.com. Game yang anda ciptakan nantinya bisa dimainkan di berbagai perangkat seperti  Blackberry, Android, Windows 8, Windows Phone 8, iOS, Windows Store Apps, Linux, Web, Mac, PSVITA, PlayStation Mobile, PS3, PS4, Oculus Rift, Wii U, XBOX 360 dan XBOX One.

Cocos2d-x
Cocos2d-x

Anda harus memiliki ketrampilan bahasa pemrograman, seperti bahasa pemrograman C++, JavaScript, dan Lua. Dengan Cocos2d-x tidak sembarangan membuat game jadi harus benar-benar game yang berkualitas. Contoh game yang sudah dibuat menggunakan Cocos2d-x adalah Zenonia 5: Wheel of Destiny dan Contra: Evolution.

Tanpa di pungut biasa sepeserpun anda dapat menggunakan semua fitur yang ada di Cocos2d-x. Game yang sudah siap anda luncurkan dapat di rilis ke Blackberry, Android, Web, HTML5, Windows, Windows Phone, dan iOS.

Dengan menggunakan beberapa software diatas maka anda bisa membuat game dengan mudah dan tentu saja anda dapat menunjukan bakat anda. Jadi mulai sekarang jangan hanya memainkan game saja, namun menjadilah seorang pengembang game. Jangan malas belajar supaya nanti anda bisa membanggakan Tanah Air dengan game yang anda buat.

Demikian lah artikel tentang Aplikasi (Game Engine) Untuk Membuat Game Android. Semoga artikel ini bermanfaat untuk siapa saja dan selamat mencobanya.

0 komentar:

Poskan Komentar