Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

4 Cara Mengaktifkan Bluetooth di PC dan Laptop

4 cara mengaktifkan bluetooth di laptop segala merk - Bluetooth (BT) adalah komponen yang juga begitu utama untuk pemakai laptop, lantaran karenanya ada bluetooth kita bisa kirim atau terima data serta memindahkan data tanpa ada mesti memakai kabel data. Walaupun proses perpindahan file lewat kabel data termasuk sangatlah cepat tetapi tak setiap waktu kita tetap siap ada kabel data belum lagi usb fitur handphone yg tidak didukung oleh laptop, perihal ini pula yang bikin pemakaian bluetooth jadi lebih cepat diterapkan untuk sistem pengiriman data antar fitur seperti pengiriman file, dokumen, musik, film serta ada banyak lagi.

Tak semuanya tipe laptop dilengkapi dengan feature bluetooth ini hingga kalian butuh menambahkan nya sendiri BT-USB external yang ukurannya sekarang ini juga sangatlah kecil hingga tak mengganggu kesibukan kerja anda. Berikut cara mengaktifkan bluetooth di laptop dengan begitu gampang serta cepat dan juga bisa diterapkan pada segala type laptop baik itu laptop, acer, asus, lenovo, ponsel, axioo, toshiba satellite serta laptop tipe lain pada windows 7 serta windows 8.

Berikut Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

1. Lewat tombol
Laptop yang telah di lengkapi feature bluetooth umumnya di lengkapi juga tombol on/off dengan icon BT atau mungkin dengan menekan tombol FN serta cermati tombol F1-F12 yang ada icon BT berperan untuk mengaktifkan nya cuma dengan sekali tekan saja jadi bluetooth pada laptop anda dapat aktif yang di tandai dengan munculnya icon bluetooth berwarna biru pada taksbar kanan bawah pada windows 7, dengan hal tersebut anda telah bisa memakai manfaat bluetooth di laptop anda. Untuk laptop acer ada tombol tidak serupa dengan yang lain, Tombol bluetooth terdapat pada tombol F3 dengan icon sinyal yang mana tombol itu berperan untuk aktifkan BT serta wifi yang di tekan dengan cara bersamaan dengan tombol FN, tekan sekali bakal menghidupkan wifi, tekan ke 2x untuk menghidupkan bluetooth serta tekan ke 3x untuk mematikan fitur wifi dan bluetooth.

2. Install driver Bluetooth
Cara mengaktifkan bluetooth di laptop yang ke-2 adalah dengan menginstal driver Bluetooth. Driver bluetooth umumnya dapat terinstall dengan cara otomatis bila laptop anda terhubung ke internet serta anda aktifkan lewat tombol yang ada icon BT nya, tetapi anda dapat juga menginstallnya dengan cara manual driver bluetooth pada laptop anda memakai DVD driver bawaan laptop ketika anda membelinya atau anda bisa download sama sesuai tipe laptop yang anda punya.

3. Memakai bluetooth USB
Pasang Bluetooth di Komputer
Bluetooth usb adalah fitur alternatif bila pada laptop anda tak dilengkapi dengan fitur bluetooth, hingga anda bisa memberi tambahan sendiri dengan membelinya yang harga nya tak lebih dari 50rb rupiahan yang dapat juga di pakai untuk komputer PC. Untuk tahu apakah laptop anda ada atau tdk fitur bluetooth yang bisa anda jalankan yaitu lihat spesifikasi atau umumnya ada stiker dengan logo BT yang melekat pada laptop anda.

Baca Juga: Cara Alternatif Mengatasi Android Tidak Terbaca Oleh Komputer Untuk Transfer File

4. Pada windows 7
Anda bisa lihat sisi task bar kanan bawah pada windows anda serta yang umumnya ada icon bluetooth serta anda bisa mengaktifkannya dengan click kanan pada icon bluetooth itu yang di tandai apabila bluetooth dalam kondisi OFF jadi icon itu berwarna merah, tetapi bluetooth telah on maka icon itu bakal berwarna biru/hijau.
Icon Bluetooth

Bila fitur Bluetooth pada laptop anda telah aktif jadi anda bisa terima maupun kirim data lewat komunikasi bluetooth, untuk langkah kirim anda cukup hanya dengan click kanan serta send to bluetooth perangkat seperti gambar di bawah ini. Gambar dibawah ini adalah menunjukkan cara penggunaaan fitur bluetooth yang ada pada perangkat laptop. Secara jelas semua aktifitas di laptop akan lebih praktis jika fitur bluetooth di aktifkan karena mempermudah dalam menstranfer berbagai data dari perangkat lain.

Cara Kirim Lewat Bluetooth

Anda bisa terima atau kirim data sekaligus melalui langkah search dari start menu fitur bluetooth laptop anda seperti di bawah ini.
Send Bluetooth

Cara Mengaktifkan Bluetooth di PC

Nah untuk kalian yang menggunakan pc kalian bisa gunakan langkah berikut ini. Dalam hal ini yang saya bicarakan yaitu tentang bluetooth eksternal seperti yang saya punya. Dua prasyarat itu yaitu:
  1. Bluetooth mesti telah terpasang di USB komputer
  2. Driver Bluetooth mesti telah terinstal
Jika dua syarat itu sudah tercukupi maka kita dapat dengan gampang aktifkan bluetooth di komputer. Langkahnya yakni dengan mengatur sebagian setting bluetooth di komputer itu. Di bawah ini yaitu langkah setting bluetooth di computer, saya menggunakan Windows Xp sebagai operating system-nya. Berikut ini yaitu 2 langkah paling utama mengenai langkah aktifkan bluetooth di komputer atau laptop supaya bluetooth komputer dapat digunakan.

1. Aktifkan bluetooth driver di komputer
Langkahnya yaitu lewat Control panel yang ada di komputer yakni: Click Start-> Control panel Sistem Advanced Hardware Device manager Pilih bluetooth anda Click enable. Lakukan seperti gambar nomor 1.0 berikut ini yang saya berikan tanda anak panah warna merah.

Bluetooth PC

Sesudah Click enable maka status icon bluetooth jadi aktif yang ditandai berubahnya warna merah menjadi putih. Icon ini ada pada device manager seperti pada gambar nomor 1.0 diatas ataupun di Taskbar komputer sisi bawah seperti tampak pada gambar nomor 2.0 diatas, Yang aktif saya berikan sinyal anak panah warna hijau.

2. Aktifkan Aksesabilitas bluetooth di komputer
Langkah tersebut berperan untuk mengatur bluetooth komputer supaya dapat di akses atau ditemukan dengan kata lain terdeteksi oleh perangkat lain. Dalam hal yang saya ulas ini yaitu bluetooth handphone sebagai pengirim file photo atau gambar yang bakal dicetak.
Ada cara-cara supaya bluetooth komputer dapat dideteksi atau dibuka oleh perangkat HP diantaranya: pilih salah satu saja!
  • Pergi ke Control panel My Bluetooth place View or modify configuration. Lewat icon bluetooth di taskbar seperti gambar 2.0 yang saya berikan anak panah hijau pada gambar diatas yakni dengan click kanan icon Advanced Configuration. Jadi bakal nampak satu kotak dialog atau disebut juga window dengan judul menu Bluetooth configuration. Jadi lakukan langkah ke dua-duanya berikut ini: tentukan tab Accessibility selanjutnya centang Let other bluetooth devices discover this computer. Maksudnya yaitu agar komputer dapat ditemukan oleh perangkat lain termasuk juga HP. Saksikan gambar dengan lingkaran warna ungu.  
    Cara Konfigurasi Bluetooth di PC
  • Pilih All devices pada pilihan alat yang dapat mendeteksi bluetooth komputer kita. Lihat anak panah warna biru. Ini untuk mengatur agar semua tipe perangkat bluetooth diluar laptop atau komputer dapat menemukan komputer kita.
Cara mengaktifkan bluetooth di laptop sudah saya jabarkan di atas mudah-mudahan bermanfaat, andai kata ada kekurangan anda bisa mengingatkan saya lewat komentar.

2 komentar: Leave Your Comments

  1. popup iklan GA nya sangat mengganggu

    BalasHapus
  2. thank you so much. stelah baca artikel ini bt di pc saya bisa aktif lagi :)

    BalasHapus