Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Cara Membuat Email di Gmail dan Yahoo Mail secara Mudah dan Gratis

Bagi para pengguna internet yang masih pemula, mungkin email merupakan sesuatu yang kurang akrab di telinga anda, padahal electronic mail (surat elektronik) atau yang lebih dikenal dengan istilah email ini memiliki fungsi yang beraneka ragam, mulai dari alat komunikasi yang cepat dan praktis karena selain pesan berupa teks, email juga dapat digunakan untuk mengirim gambar dan berkas penting lainnya, hingga dapat pula dijadikan sebagai alat bisnis dan promosi gratis. Oleh sebab itu, sebaiknya anda mulai dari sekarang perlu untuk memiliki alamat email, sebab di era yang serba modern seperti saat ini, email sangat sering digunakan.

Ada beberapa penyedia layanan email gratis yang dapat anda gunakan, namun kebanyakan orang lebih suka menggunakan layanan email dari Google yang dikenal dengan nama Gmail dan dari Yahoo yang diberi nama Yahoo Mail (Ymail). Oleh sebab itu, kali ini kami akan menjelaskan mengenai cara membuat email di Gmail dan juga Yahoo Mail.

Cara Membuat Email di Google

1. Gmail
Layanan email yang dibuat oleh Google ini merupakan salah satu layanan email yang paling banyak penggunanya, khususnya bagi mereka yang memiliki perangkat atau gadget berbasis Android, sebab untuk masuk atau log in ke Google PlayStore harus memiliki akun Gmail. Selain itu, bila anda memiliki akun Gmail maka menggunakan layanan Google lainnya dengan lebih mudah, misalnya seperti membuka akun Youtube, membuka akun sosial media Google+, menggunakan layanan Google Drive, mengikuti program periklanan Google Adsense dan lain sebagainya.
Cara Membuat Email yahoo dan google

Nah, untuk membuat akun Gmail, maka berikut ini ada beberapa langkah yang harus anda ikuti secara berurutan :
  1. Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah, membuka situs gmail.com.
  2. Setelah terbuka, pada bagian bawah anda akan melihat tulisan “Buat Akun”.
  3. Selanjutnya, anda akan melihat sebuah halaman yang tampak seperti sebuah form dengan berbagai kolom yang wajib anda isi. Form tersebut merupakan syarat pendaftaran untuk membuat akun Gmail.
  4. Masukkan semua data yang diminta, jangan lupa untuk mengisi kolom password dengan kata kunci (password) yang unik namun mudah untuk anda ingat agar akun gmail anda tidak mudah dibuka oleh sembarang orang.
  5. Setelah semua data yang diminta sudah anda isi, maka selanjutnya anda perlu mengisi kode captcha yang berfungsi untuk memastikan bahwa yang ingin membuat akun gmail tersebut bukan robot
  6. Kemudian, pada kolom Lokasi, pilih negara dimana anda sekarang tinggal.
  7. Setelah itu, beri tanda centang pada kotak di sebelah tulisan “I agree to the google terms of service and privacy policy.” Lalu, klik Next Step.
  8. Selanjutnya anda akan masuk ke halaman verifikasi akun, bila anda sudah yakin semua data yang anda masukkan tadi sudah benar, pilih Continue.
  9. Lalu, masukkan kode verifikasi yang dikirim Google ke ponsel anda, setelah pilih Continue.
  10. Bila kode verifikasi yang anda masukkan benar, dan tampilan layar kembali ke halaman utama, maka itu artinya anda sudah resmi memiliki akun Gmail. Untuk menuju ke halaman utama Gmail anda, klik Continue to Gmail.

Cara Membuat Email Pada Yahoo

2. Yahoo Mail
Selain Gmail, ada satu lagi layanan penyedia email yang namanya cukup populer, yaitu layanan buatan Yahoo yang disebut Yahoo Mail (Ymail). Sebenarnya, Yahoo Mail, merupakan layanan email yang lebih dahulu muncul bila dibanding dengan Gmail, namun seiring dengan bertambahnya pengguna Android, maka layanan email yang satu ini lama-kelamaan posisinya tergeser oleh Gmail. Namun, meskipun demikian tak ada salahnya bila anda juga tahu mengenai cara membuat email di Yahoo Mail seperti berikut ini:
  1. Bila ketika membuka akun email Gmail, anda perlu mengunjungi gmail.com, maka untuk membuat akun Yahoo Mail, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengunjungi situs resminya, yaitu yahoo.com (biasanya bila di Indonesia, maka anda akan langsung diarahkan ke layanan berita Indonesia, yang memiliki domain .id).
  2. Setelah anda masuk ke layanan berita Yahoo Indonesia, maka anda akan melihat deretan menu di sebelah kiri, salah satunya adalah tulisan Mail, atau anda juga dapat langsung mengklik tulisan Sign In yang ada di sudut kanan atas.
  3. Kemudian setelah mengklik Sign In, anda akan diarahkan ke halaman berikutnya, dan untuk membuat akun Yahoo Mail baru, maka anda perlu mengklik Create Account.
  4. Setelah itu, isi semua data yang diminta oleh kolom-kolom yang ada di daftar syarat pendaftaran, jangan lupa untuk membuat password yang unik namun mudah untuk anda ingat.
  5. Setelah semua data terisi, klik tombol yang bertuliskan Buat Account.
  6. Lalu, setelah itu akan muncul halaman verifikasi, dan tugas anda selanjutnya adalah memasukkan kode captcha secara benar.
  7. Setelah kode captcha anda kirim, dan kode tersebut berhasil diverifikasi kebenarannya, maka akan muncul pesan yang mengatakan bahwa “Selamat, Account Anda Berhasil Dibuat”.

0 komentar:

Poskan Komentar