Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Cara Masuk Safe Mode di Windows 7

Pada kesempatan kali ini SerbaCara.com akan membagikan informasi tutotiral, tips dan trik komputer mengenai Cara Masuk Safe Mode Windows 7. Bagi pengguna komputer yang mungkin diantara kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Safe Mode ini. Pada sistem operasi windows menyediakan opsi pilihan berupa safe mode pada windows startup. Ketika Anda masuk ke safe mode maka windows akan berubah menjadi tampilan klasik, yang hanya menampilkan program-program dan data-data penting saja. Biasanya orang masuk ke dalam safe mode dengan tujuan untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada komputer atau laptop mereka, diantaranya mulai dari memperbaiki komputer dari virus, mengatasi kerusakan pada program-program tertentu maupun keruskaan pada driver.

Dengan masuk ke menu safe mode, maka Anda akan mendapatkan beberapa manfaat, antara lain menguninstall aplikasi yang menjadi penyebab komputer hang atau not respond, menonaktifkan aplikasi, menghapus virus yang tidak bisa dihapus di mode biasa, menjalankan system restore, dan lain sebagainya. Safe mode ini dapat diakses oleh semua sistem operasi Windows, mulai dari Windows XP, Windows Vista, Windows 7, 8 dan juga 10. Namun, yang akan saya bahas kali ini adalah mengenai tutorial bagaimana cara masuk ke dalam safe mode pada Windows 7 saja. Baik, bagi Anda yang ingin tahu bagaimana caranya, langsung saja simak tutorialnya di bawah ini.

Cara Masuk Safe Mode Windows 7

Langkah Cara Masuk Safe Mode Pada Windows 7:

Cara Pertama:
Cara yang pertama ini merupakan cara yang paling umum dan biasa dilakukan oleh kebanyakan pengguna komputer untuk masuk ke safe mode, yaitu dengan memanfaatkan tombol F8 pada keyboard.
Langkah-langkah:
1. Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah dengan menghidupkan komputer atau laptop Anda terlebih dahulu jika dalam keadaan mati, jika dalam keadaan nyala silahkan lakukan restart atau reboot.
2. Kemudian pada saat proses booting, langsung tekan tombol F8 berulang kali pada keyboard Anda hingga muncul menu Advanced Boot Options. Jika tidak muncul, maka ulangi lagi dengan me-restart komputer Anda hingga muncul menunya.
3. Setelah masuk ke menu "Advanced Boot Options", maka akan ditampilkan tiga pilihan safe mode, silahkan pilih sesuai kebutuhan Anda, lalu tekan Enter.
4. Selesai, dan sekarang Anda sudah berhasil masuk ke menu safe mode. Untuk kembali ke mode normal lagi, Anda hanya perlu merestart kembali komputer Anda dan nanti komputer

Cara Kedua:
Jika Anda pengguna windows 7 tidak bisa masuk ke safe mode dengan menggunakan tombol F8 pada keyboard, maka Anda bisa melakukan cara lain yang terbilang mudah untuk mengakses windows safe mode.
Langkah-langkah:
1. Pertama-tama klik tombol Start >> All Programs >> Accessoriess >> Jalankan Run (bisa juga dengan menekan windows + R).
2. Kemudian pada Run, ketikkan "msconfig" (tanpa tanda petik) lalu tekan Enter.
3. Pilih Tab Boot, lalu beri centang atau ceklis pada Safe boot dan klik Apply >> OK.
4. Selanjutnya omputer Anda akan melakukan proses booting dan masuk ke menu Safe mode setelah Anda merestart komputer Anda.
5. Untuk membatalkannya, maka Anda hanya perlu mengulangi langkah-langkah di atas lalu hilangkan centang atau ceklis pada Safe boot.

Demikianlah postingan tentang tutorial, tips dan trik komputer mengenai cara masuk safe mode windows 7, semoga dapat bermanfaat untuk Anda semua.

0 komentar:

Poskan Komentar