Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Cara Mengatasi Keyboard Android Error / Tidak Muncul dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini SerbaCara.com akan mengulas tutorial dan tips Android mengenai cara mengatasi keyboard Android Error / Tidak Muncul. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Android ini merupakan sistem operasi yang paling populer dan memiliki banyak pengguna di seluruh dunia. Tak heran jika banyak perusahaan gadget smartphone menggunakan sistem operasi berbasis Android. Berbicara mengenai Android pasti selalu memiliki keterkaitan dengan yang namanya aplikasi atau apps. Berbagai aplikasi memiliki fungsi dan peran masing-masing, terutama sebuah aplikasi keyboard yang tidak lain berfungsi untuk mengetik tulisan atau pesan, melakukan aktivitas navigasi menu, dan memanfaatkan fitur-fitur di dalamnya.

Keyboard Android Error / Tidak Muncul

Sebelum hadir smartphone dulu kita mengenal handphone yang memiliki sebuah keyboard masih berbentuk tombol fisik di luar layar handphone tersebut. Seiring berkembangnya teknologi, smartphone pun diciptakan untuk memudahkan kita dalam melakukan berbagai aktivitas mobile. Nah, fitur keyboard yang diberikan untuk tiap-tiap smartphone sama satu sama lain, yakni berupa tombol sentuh yang berada di dalam layar. Hal tersebut tentu akan memberikan dampak positif, salah satuyna kemudahan dalam menginput data atau teks itu sendiri.

Meskipun demikian namun ternyata juga memberi dampak negatif yang terkadang membuat kita jengkel atau kesal, yakni masalah yang sering dialami oleh kebanyakan pengguna Android, yaitu sebuah aplikasi keyboard di HP Android Error, tidak muncul atau tiba-tiba sering hilang sendiri (telah berhenti). Ada beberapa faktor penyebab mengapa sering terjadi error pada keyboard Android Anda, antara lain performa ponsel menurun dikarenakan kapasitas RAM yang kecil atau banyaknya cache yang menumpuk dan tidak dibersihkan sehingga membuat aplikasi keyboard Anda sering error atau tidak muncul. Untuk itu kali ini saya akan membagikan tutorial dan tips cara mengatasi / memperbaiki keyboard error atau tidak muncul di Android dengan Mudah.

Berikut Cara Mengatasi Keyboard Android Error / Tidak Muncul dengan Mudah

Cara Pertama:
1. Pertama-tama silahkan Anda buka Settings atau Pengaturan pada ponsel Android Anda.
2. Lalu pilih menu Apps atau Aplikasi.
3. Berikutnya Anda cari aplikasi keyboard apa yang Anda gunakan.
4. Kemudian klik tombol Clear Data sekaligus Clear Cache.
5. Selesai.

Bila cara di atas tidak berhasil, Anda bisa coba cara kedua dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Kedua:
1. Pertama-tama silahkan Anda matikan ponsel Android Anda lalu hidupkan kembali menggunakan tombol Power, atau bisa dengan tombol Restart.
2. Buka Settings atau Pengaturan
3. Lalu pilih menu Language & Input / Bahasa dan masukan.
4. Kemudian pilih keyboard mana yang akan Anda gunakan.

Cara Ketiga:
Nah, bila kedua cara di atas masih belum berhasil juga, maka cara yang ketiga yang merupakan solusi yang paling tepat adalah dengan mendownload atau mengunduh aplikasi keyboard yang banyak disediakan di Google Play Store. Pilihan aplikasi keyboard yang paling rekomendasi antara lain Google Keyboard, GO Keyboard, Multiling O Keyboard, dan lain sebagainya.

Nah, demikianlah informasi tentang tutorial, tips dan trik Android yang singkat ini mengenai cara mengatasi keyboard Android error, tidak muncul atau hilang sendiri. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda semua.

5 komentar: Leave Your Comments